Loading...

Kenali 5 Penyebab Seseorang Meninggal saat Tidur

Cinta Putih Zahraa - Kematian bisa datang kapan saja, tak peduli saat sakit mupun sehat, tak peduli saat kita terjaga maupun tidur. Namun hati siapa yang tidak sedih ketika mendapati orang yang dicintai tengah tertidur pulas, kemudian keesokan harinya ditemukan dalam kondisi meninggal dunia? Mungkin tak banyak yang tahu, bagaimana orang yang dalam kondisi tidur bisa  mengalami kondisi sekarat dan meninggal? Kira-kira apa yang menjadi penyebabnya? Ternyata ada banyak factor yang menyebabkan seseorang meninggal tiba-tiba saat tidur.
meninggal saat tidur/Finspi.com
Ingin tahu lebih lengkapnya? Kenali 5 Penyebab Seseorang Meninggal saat Tidur berikut ini :

1.    Penggumpalan darah

Penggumpalan darah bisa menjadi satu penyebab seseorang meninggal dalam kondisi tidur. Pembekuan darah dapat berpotensi menyumbat sirkulasi darah menuju jantung atau otak. Oleh karena itu, pastikan lakukan tes CT atau MRI pada korban yang mengalami kec elakaan parah atau trauma.

2.    Sleep Apnea

Sleep apnea sendiri merupakan satu kondisi dimana seseorang berhenti bernafas selama 10-60 detik ketika tidur. Sleep apnea juga bisa menjadi penyebab  seseorang meninggal saat tidur. Hal ini bisa menimpa siapa saja dari mulai bayi, orang dewasa atau seseorang yang memang sudah menderita penyakit tertentu. Jika kondisi ini dibiarkan, maka dapat berisiko menyebabkan otak berhenti mengirimkan sinyal pada otot pernafasan sehingga menyebabkan kematian.

3.    Usia lanjut

Seiring bertambahnya usia, beberapa sel tubuh akan banyak yang mengalami kematian. Hal itu bisa dilihat dari beberapa tanda, diantaranya : berkurangnya indera perasa, turunnya berat badan secara drastic, sulit tidur atau banyak tidur, sulit menahan kencing atau BAB, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, pada orang usia lanjut juga rentan mengalami kematian mendadak saat tidur.

4.    Sudden Arrhythmia Death Syndrome (SADS)

Kematian mendadak saat tidur juga bisa disebabkan SADS, dimana kondisi ini umumnya disebabkan adanya kelainan genetic pada jantung. Hal ini bisa saja menimpa seseorang yang terlihat segar bugar, oleh karena itu pastikan periksa apakah Anda memiliki tanda kelainan jantung, yang diantaranya : nafas pendek saat olaahraga, gampang pingsan saat olahraga atau  dalam kondisi tertentu, sakit pada pundak yang tak biasa, dan  factor genetic.

5.    Sudden Infant Death Syndrome (SIDS)

SIDS merupakan salah satu penyebab bayi meninggal di usia 1 ulan hingga 1 tahun. Hal ini banyak menimpa bayi lakilaki dan terutama pada cuaca dingin. Secara teori, penyebab SIDS sendiri, antara lain : gagal tumbuh, cacat lahir, reaksi terhadap infeksi, sesak nafas, hipotermia, hipertermia,  dan lain sebagainya. Upaya pencegahan yang bisa dilakukan adalah : usahakan bayi tidur dalam posisi terlentang dan berikan pembatas disamping kiri dan kanan, jauhkan dari paparan asap r0k0k,  hindari selimut dan bantal tebal, dan lainnya.
Meski kematian tidak bisa dicegah, namun jika datangnya sangat mendadak tentulah membuat keluarga yang ditinggalkan merasa terpukul. Semoga informasi yang berjudul Kenali 5 Penyebab Seseorang Meninggal saat Tidur diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

sumber : dirangkum dari beberapa sumber

Baca Artikel Keren Lainnya

Atasi Angin Duduk Dengan 5 Cara Ini Sebelum Terlambat
Bayi Muntah? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya
Suka Minum Kopi Instan? Ini 5 Bahayanya Bagi Kesehatan
Awas! Bra Ketat Dapat Meningkatkan Risiko Kanker Payudara
Amalan-Amalan Ringan untuk Mempercepat Jodoh

Loading...
Previous
Next Post »
loading...