Perut Anda Buncit? Waspadai 7 Penyakit Ini

Cinta Putih Zahraa - Sebal dengan perut buncit? Perut buncit biasa dikenal dengan obesitas sentral (central obesity), yakni akumulasi lemak pada bagian perut yang menyebabkan ukuran perut semakin besar. Perut buncit tidak hanya menimpa ibu-ibu yang sudah beberapa kali melahirkan, tapi juga  pada bapak-bapak dan juga pra remaja. Pada usia remaja, gaya hidup yang buruk merupakan salah satu penyebab menumpuknya lemak di perut. Perut buncit tidak hanya kurang enak dipandang, tapi juga meningkatkan risiko terkena beberapa penyakit mematikan. Hem, jadi salah besar jika perut buncit merupakan salah satu tanda kemakmuran. Ingin tahu, apa saja ancaman penyakit  yang siap mengintai si perut buncit? Simak saja yuk, kelanjutan dari artikel yang berjudul Perut Anda Buncit? Waspadai 7 Penyakit Ini. 

Penyebab Perut Buncit

Mungkin sebagian dari Anda menganggap bahwa perut buncit merupakan akibat dari banyak makan. Ternyata bukan itu saja, karena penyebabnya snagat beragam, diantaranya :
•    Faktor genetic
•    Kurang olahraga
•    Suka mengonsumsi makanan  berlemak dan berkalori tinggi
•    Konsumsi Makanan yang mengandung lemak jenuh

Penyakit yang Mengintai Si Perut Buncit

Tahukah Anda jika timbunan lemak dalam tubuh nantinya akan dimetabolisme pada organ hati dan diubah menjadi kolesterol yang nantinya dapat membahayakan kesehatan Anda. Nah, agar lebih jelasnya, simak beberapa penyakit yang siap mengintai si perut buncit berikut ini :

Kolesterol

Kadar lemak yang tinggi dalam tubuh dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat sehingga seseorang akan berisiko mengalami  penyakit kolesterol  tinggi.

Hipertensi

Timbunan lemak dalam tubuh membuat jantung memompa darah ekstra keras.  Akibatnya tekanan darah akan ikut naik dan menyebabkan hipertensi.

Jantung

Penyakit jantung termasuk salah satu penyakit pembunuh nomor satu di dunia. Dan orang yang memiliki perut buncit sangat berisiko terkena penyakit jantung karena timbunan kolesterol dan trigliserida serta meningkatnya tekanan darah.

Asites

Perut Anda buncit dan teraba keras? Jangan sepelekan, karena bisa jadi merupakan tanda penyakit Asites yang merupakan akumulasi cairan yang berlebihan dalam rongga perut. Asites sering dijumpai pada penderita sirosis haati, gagal jantung, dan kanker (payudara, perut dan kolon)

Diabetes tipe 2

Seseorang yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit diabetes tipe 2.

Stroke

Stroke siap mengancam seseorang yang  memiliki kelebihan berat badan. Tekanan darah tinggi, kolesterol yang tinggi dan kurang olahraga menjadi salah satu factor pemicu penyempitan pembuluh darah yang mengawali beberapa kasus penyakit stroke.

Kanker

Obesitas juga erat kaitannya dengan meningkatnya risiko penyakit kankerm diantaranya : kanker empedu kanker payudara,, kanker usus besar, dan lainnya.
Mengingat betapa banyaknya ancaman penyakit  bagi si perut buncit, maka itu upaya pencegahan bisa dilakukan untuk menurunkan risikonya. Caranya : rutin olahraga, jaga pola makan, dan pastikan control berat badan Anda. Semoga informasi yang berjudul Perut Anda Buncit? Waspadai 7 Penyakit Ini diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Artikel Keren Lainnya

Tujuh Minuman Penghangat Tubuh yang Sehatkan Jantung
Kenali 5 Penyebab Seseorang Meninggal saat Tidur
Cara Mudah Terhindar dari Gangguan Jin dan Santet
Selamatkan Ginjal Dengan 9 Langkah Mudah Ini
Awas! Warna dan Aroma Urin Tunjukkan Penyakit yang Anda Derita


Loading...
Previous
Next Post »
loading...