Terlambat Menstruasi Tapi Tidak Hamil? Jangan-jangan Ini Penyebabnya!

Cinta Putih Zahraa - Pernah mengalami terlambat menstruasi, tapi ketika dicek, ternyata hasilnya negatif. Bagi yang tengah menanti kehamilan, hal ini tentu dapat membuat mereka galau dan bertanya-tanya, apakah gerangan yang terjadi? Sebagian besar orang memang menganggap jika terlambat mestruasi merupakan tanda awal kehamilan. Kenyataannya hal itu tidak selalu benar. Lalu, apakah terlambat mestruasi, tidak hamil tersebut bsia dianggap sebagai kondisi yang normal? Kondisi tersebut bisa jadi normal atau abnormal, karenanya untuk mendapatkan kejelasannya, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter. Jadi jika memang ada masalah, Anda bisa segera mendapatkan penanganan medis.
Terlambat menstruasi tidak hamil bisa jadi merupakan hal normal, tapi sebaliknya juga bisa merujuk pada kondisi yang serius. Daripada Anda semakin galau, mending simak  kelanjutan artikel yang berjudul “Terlambat Menstruasi tetapi Tidak Hamil? Jangan-jangan Ini Penyebabnya!

Gangguan tiroid

Salah satu fungsi kelenjar tiroid adalah mengendalikan metabolisme tubuh. Apabila kelenjr tiroid tidak bekerja dengan baik, maka secara otomatis jadwal menstruasi jadi terganggu. Gejala yang muncul pada gangguan tiroid, antara lain : rambut rontok, peningkatan berat badan, kedinginan, dan lemah. Untuk memastikan kondisi Anda, ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

Stres

Stress bisa mempengaruhi siklus mestruasi, sehingga menyebabkan terlambat datang bulan. Oleh karena itu, kelola stress agar siklus menstruasi menjadi normal kembali.

Kelebihan hormon prolaktin

Keberadaan hormon prolactin dalam tubuh wanita juga bisa menyebabkan seorang terlambat bulan. Hormon tersebut biasanya semakin meningkat pada saat ibu menyusui bayinya. Oleh karena itu, tak heran jika banyak ibu menyusui yang tidak menstruasi selama beberapa bulan lamanya. Jika ini terjadi, Anda tidak perlu cemas, apalagi sampai membeli obat-obatan tertentu.

Berat Badan

Berat badan menurun drastic akibat diet ketat atau penyakit tertentu dapat mempengaruhi siklus haid, salah satunya : terlambat menstruasi. Oleh karena pastikan jaga pola makan yang sehat dan berat badan yang seimbang.

Kontrasepsi Hormonal

Kontrasepsi hormonal,misalnya : Pil KB, KB suntik 3 bulan, dan susuk merupakan salah satu pemicu terlambat menstruasi, karena dapat mempengaruhi hormon pada tubuh.  Jadi, jika Anda membutuhkan alat kontrasepsi, pastikan bijak memilih alat kontrasepsi yang aman.

Polycystic Ovarian Syndrome

Sindrom ovarium polikistik pada wanita dapat mempengaruhi hormon yang bertugas  melepaskan sel telur yang telah matang. Dalam kondisi ini, sel telur tetap bertaham pada ovarium sehingga tidak akan terjadi pembuahan. Oleh karena itu, jangan remehkan telat menstruasi, segera komunikasikan ke dokter jika ada gejala yang mencurigakan.
Hem, ternyata ada banyak kondisi yang menyebabkan seorang wanita terlambat menstruasi, namun setelah dicek ternyata tidak hamil. Semoga informasi yang berjudul Terlambat Menstruasi Tapi Tidak Hamil? Jangan-jangan Ini Penyebabnya! Diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Artikel Keren Lainnya
Perut Anda Buncit? Waspadai 7 Penyakit Ini
Jurus Ampuh Membuka Pintu Langit
Amalan-Amalan Ringan untuk Mempercepat Jodoh
9 Jenis Pekerjaan Ini Buat Anda Dicap Sebagai Pengangguran
Waspadai, 7 Ancaman Penyakit Akibat Berpakaian Ketat

Loading...
Previous
Next Post »
loading...