Waspadai 8 Buah dan Sayuran Ini Mengandung Racun Sianida

Cinta Putih Zahraa - Berbicara masalah sianida, ingatan kita pasti tertuju pada misteri kematian Mirna Salihin, bukan? Tahukah Anda, jika ternyata racun sianida juga berada pada beberapa bagian buah dan sayuran yang sehari-hari kita konsumsi. Hem, Anda pasti cemas, bagaimana mungkin racun mematikan bisa berada bebas disekeliling kita? Tidak perlu cemas, karena dengan mengetahuinya, maka kita akan mudah menghindari bahayanya. Hem, agar tidak terjebak mengonsumsi bagian buah dan sayur yang mengandung racun sianida, ada baiknya jika kita ikuti kelanjutan artikel yang berjudul “Waspadai 8 Buah dan Sayuran Ini Mengandung Racun Sianida” berikut ini :

1.    Apel

Apel termasuk buah yang kaya akan nutrisi. Meski bgitu, ada bagian buah ini yang mengandung racun sianida, yakni bijinya. Meski begitu, jangan terlalu cemas, karena kadarnya cukup rendah. Meski begitu, ada baiknya menghindari memakan apel bersama bijinya.

2.    Rebung

Rebung atau tunas bamboo termasuk satu jenis sayuran yang kaya akan nutrisi, mulai dari protein dan 12 asam amino yang baik bagi tubuh. Meski begitu, rebung juga bisa membahayakan manusia, karena didalamnya mengandung racun sianida, yakni : getahnya. Ciri-ciri rebung yang mengandung sianida tinggi yakni yang rasanya pahit. Untuk menurunkan kadar sianida dalam rebung, Anda bisa mengukus, merebus atau merendamnya dalam air.

3.    Umbi Gadung

Umbi gadung juga termasuk bahan makanan yang mengandung racun sianida, terutama pada getahnya. Namun Anda tidak perlu cemas, karena dengan pengolahan yang tepat, umbi gadung bisa dijadikan cemilan nikmat, salah satunya : kerupuk gadung. Cara mengolahnya, yakni : kupas hingga bersih, lalu taburkan abu dapur dan diamkan selama 24 jam. Kemudian kupas lagi dan isis tipis, lalu rendam dalam air garam hingga tiga hari. Setelah itu,keringkan dan goreng kerupuk gadung.

4.    Persik

Buah persik juga memiliki bagian yang mengandung racun sianida, yakni pada bijinya. Oleh karena itu, pastikan menghindari bijinya ketika mengonsumsi buah persik.

5.    Kacang merah

Kacang merah juga mengandung racun phytohaemagglutinin yang berpotensi berubah jadi hidrogen sianida. Namun dengan proses memasak yang tepat, racun tersebut dapat dinetralisir. Masak kacang merah  pada suhu didih selama 10 menit, dijamin kacang merah akan aman dikonsumsi.

6.    Singkong

Beberapa penelitian di Amerika Serikat menyebutkan jika ada bagian tertentu dari singkong yang mengandung racun sianida, yakni : akar, kulit luar dan dalam. Namun tidak perlu cemas, karena kadarnya sangat sedikit.  Dengan proses pengupasan dan pengolahan yang benar, maka kandungan racun akan lenyap. Cara agar singkong bebas sianida, yakni : kupas, kerok dan rendam, baru dech dimasak.

7.    Kacang Almond

Almond termasuk satu makanan yang kaya akan nutrisi penting yang bagus untuk kesehatan. Sayangnya, ternyata ada bgian tertentu didalam almond yang mengandung sianida. Meski begitu, Anda tidak perlu cemas, karena racun tersebut bisa dihilangkan dengan proses memasak yang tepat.

8.    Cherry

Bagian tertentu pada buah cery ternyata mengandung sianida loh, karena itu tak heran jika kebanyakan ketika kita membeli chery dalam kemasan, pasti bijinya sudah dibuang. Akan tetapi kita tetap harus waspada, pastikan proses membuang bijinya harus benar, karena jika bijinya tergores sedikit saja, maka racun sianida akan mengontaminasi daging buahnya. Hal ini tentu sangat berbahaya.
Apakah kita harus menghindari buah dan sayuran tersebut?
Tidak perlu terlalu cemas, karena kandungan racun sianida dalam buah dan sayuran diatas tergolong rendah sehingga dapat ditoleransi oleh tubuh. Jadi, asal kita berhati-hati dalam mengolah dan menikmatinya, pasti hal buruk tidak akan terjadi. Semoga informasi yang berjudul Waspadai 8 Buah dan Sayuran Ini Mengandung Racun Sianida diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Artikel Keren Lainnya
Suka Minum Kopi Instan? Ini 5 Bahayanya Bagi Kesehatan
Jurus Ampuh Membuka Pintu Langit
Amalan-Amalan Ringan untuk Mempercepat Jodoh
Tujuh Makanan Berlemak yang Justru Menyehatkan
Awas! Bra Ketat Dapat Meningkatkan Risiko Kanker Payudara
6 Jenis Buah Surga yang Ada di Dunia dan Khasiatnya

Loading...
Previous
Next Post »
loading...