Loading...

Manfaat Dahsyat Wudhu Bagi Kesehatan

Cinta Putih Zahraa - Wudhu termasuk salah satu cara menyucikan diri yang wajib dilakukan sebelum menjalankan ibadah, baik itu: shalat wajib, salat sunnah, membaca Al Quran, dan lain sebagainya. Ternyata tidak sebatas itu saja, karena wudhu juga mengandung manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Oleh karenanya ada perintah agar kita senantiasa menjaga wudhu meskipun tidak sedang beribadah sekalipun, misalnya : tidur, marah, mengantar jenazah, dan lain sebagainya. Sayangnya, tak banyak yang memahami hal ini sehingga masih banyak orang yang berwudhu dengan asal-asalan atau tidak sesuai syariat. Padahal melaksanakan wudhu sesuai syaríat dapat mendatangkan pahala, sekaligus manfaat yang sangat dahsyat bagi kesehatan tubuh.
Hem, kira-kira apa sajakah manfaat dahsyat yang bisa kita dapatkan dari kebiasaan menjaga wudhu? Agar lebih jelasnya, simak Manfaat Dahsyat Wudhu Bagi Kesehatan, berikut ini :

Menstimulasi pusat syaraf dalam tubuh

Seluruh gerakan wudhu sangat bermanfaat menstimulasi pusat syaraf dalam tubuh. Seperti yang kita tahu jika dalam tubuh kita terdapat beberapa titik syaraf yang saling berhubungan satu sama lain. Sehingga dengan membasuhnya dapat mendatangkan dampak positif bagi tubuh. Selain itu, bagian tubuh yang dibasuh, seperti : mata, telinga, mulut, hidung, tangan dan kaki merupakan pintu masuk bagi ribuan kuman, bakteri dan juga virus. Sehingga membasuhnya dengan sempurna dapat mencegah infeksi kuman, virus, dan bakteri pada tubuh.

Mencegah penyakit kanker kulit

Membasuh anggota badan secara sempurna menggunakan air wudhu sangat ampuh mencegah penyakit kanker kulit akibat paparan kotoran, maupun bahan kimia yang menempel dan sudah diserap kulit. Oleh karena itu, pastikan menjaga wudhumu yaa!

Menjaga kesehatan mulut dan tenggorokan

Kumur-kumur saat wudhu mendatangkan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan mulut, gusi dan tenggorokan. Dengan rutin berkumur saat wudhu, maka kebersihan gigi akan terjaga, mencegah peradangan gusi, dan pastinya membantu menguatkan otot wajah.

Meremajakan kulit wajah

Membasuh wajah secara merata dalam wudhu tidak hanya bermanfaat membersihkannya dari debu dan kotoran, tapi juga ampuh membantu meremajakan sel-sel kulit sehingga tanda penuaan dini tidak muncul. Selain itu, membasuh wajah juga ampuh meremajakan selaput lendir yang membantu proses pertahanan tubuh dari serangan kuman yang mengganggu kesehatan.

Menangkal Penyakit pernafasan

Dalam wudhu, kita disunnahkan membersihkan hidung dan menghirup air melalui hidung atau Istinsyaq. Meski berat, namun tahukah Anda jika ritual ini sangat bermanfaat bagi kesehatan saluran pernafasan. Beberapa penelitian menyebutkan jika Istinsyaq ampuh membersihkan hidung dari paparan kuman-kuman serta membantu mengeluarkan kuman tersebut sehingga risiko infeksi hidung, TBC dan kanker nasofaring bisa berkurang.

Melancarkan peredaran darah

Membasuh beberapa bagian tubuh yang jauh dari pusat peredaran darah (jantung), seperti : tangan, lengan, telapak kaki, dan betis sangat bermanfaat membantu melancarkan peredaran darah. Dengan begitu, tubuh akan lebih segar bugar dan pastinya terhindar dari kram/nyeri.
Apapun yang diperintahkah Allah, pastilah mengandung manfaat. Oleh karena itu, meski tidak diwajibkan, namun kita harus berusaha menjaganya demi kesehatan tubuh. Semoga informasi yang berjudul Manfaat Dahsyat Wudhu Bagi Kesehatan diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Artikel Keren Lainnya

Rahasia Manfaat Madu untuk Mengobati Berbagai Penyakit
Tips Sukses Menyusui Pasca Operasi Caesar
Jurus Ampuh Membuka Pintu Langit
Bolehkah Istri Menolak Tinggal Di Rumah Mertua?
Awas! Ini 5 Penyakit Akibat Kipas Angin dan AC

Loading...
Previous
Next Post »
loading...