Loading...

Cara Cerdas Menghadapi Tetangga Yang Suka Iri

Cinta Putih Zahraa - Selain sebagai makhluk individu, manusia juga disebut sebagai makhluk social, dimana manusia perlu berhubungan dan saling membutuhkan orang lain, salah satunya tetangga. Dalam kehidupan bertetangga, ada banyak etika dan aturan yang harus dipatuhi agar hubungan bisa berjalan lancar. Namun pada kenyataannya, menjaga hubungan baik dengan tetangga tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Yang namanya masalah pasti sangat sulit dihindari, mengingat banyak kepala pastilah isinya juga berlainan. Selain itu, ada beberapa sifat manusia yang berakibat pada retaknya hubungan dengan tetangga, misalnya : tukang gosip, egois, jahat, iri hati dan lain sebagainya.
Diantara semua sifat yang disebutkan diatas, iri hati menjadi sifat utama yang menjadi penghancur hubungan bertetangga. Orang yang memiliki sifat iri hati tidak akan rela melihat tetangganya melebihi dirinya dalam hal apapun. Bahkan orang yang memiliki sifat iri, pasti rela melakukan apa saja demi memuaskan nafsunya, misalnya : memfitnah, menjatuhkan, menyakiti, dan lain sebagainya. Oleh karena itu kita harus lebih cerdas menghadapi tetangga yang suka iri terhadap kita. Jangan sampai kesuksesan dan kebahagiaan kita menjadi boomerang buat diri kita sendiri hanya gara-gara perasaan iri tetangga terhadap kita. Hem, tidak perlu cemas ketika memiliki tetangga yang bersifat iri, karena disini kita akan membagikan Cara Cerdas Menghadapi Tetangga Yang Suka Iri, diantaranya ;

Selalu jaga sikap, perkataan dan juga perbuatan

Sebagai manusia biasa, pastilah kita tidak pernah luput dari kesalahan. Meski begitu, sudah selayaknya kita berusaha menjaga sikap, perkataan dan juga perbuatan. Karena bisa jadi dari sikap, perkataan dan perbuatan kita sendirilah yang ternyata memicu rasa iri di hati tetangga, misalnya : suka pamer, sombong, berlebihan dalam hal apapun, dan lainnya.

Hindari berprasangka buruk

Meski kita tahu sifat tetangga yang tukang iri, namun hindari berburuk sangka terhadap mereka. Tetaplah bersikap dan berprasangka baik pada semua orang, karena seperti yang kita tahu bahwa keburukan tidak akan lebih baik jika dilawan dengan keburukan.

Tetap sabar dan menahan emosi

Menghadapi sikap tetangga yang suka iri memang suka membuat emosi memuncak, meski begitu akan lebih bijak jika kita selalu bersabar dan berusaha menahan diri.

Bicarakan dengan baik-baik jika ada masalah

Kesabaran manusia pasti ada batasnya, begitupun ketika menghadapi perilaku buruk tetangga. Apabila Anda sudah tidak tahan dengan perilaku buruk tetangga, tidak ada salahnya jika Anda berusaha menemuinya untuk berbicara dari hati ke hati. Tanyakan kepadanya, apa yang memicu sifat buruknya terhadap Anda tersebut dan jangan lupa minta maaf jika perilaku atau perbuatan Anda sudah membuat mereka merasa tidak nyaman.

Banyak berdoa dan Minta perlindungan pada Allah

Selain tips diatas, ada baiknya jika Anda juga membentengi diri dengan banyak berdoa dan memohon perlindungan kepada Allah dari perilaku buruk tetangga. Dan jangan lupa mintalah pada Allah agar tetangga Anda dibukakan pintu hatinya dan menyadari kesalahannya pada Anda.
Menghadapi tetangga yang suka iri memang membuat kita serba salah, dilawan justru memperkeruh suasana, tapi jika dibiarkan justru semakin menjadi. Semoga informasi yang berjudul Cara Cerdas Menghadapi Tetangga Yang Suka Iri diatas, akan membuat Anda terbebas dari masalah tetangga yang buruk. Amiin.
Wanita, Ini Pesan Rasulullah Tentang Cara Bergaul
Waspadai 9 Ciri-Ciri Pengobatan Mengandung Sihir
Awas! 9 Hal Sepele Ini Dapat Menjauhkan Anda dari Jodoh
Bahaya Membuka Aib Saudara
Perbuatan suami istri yang mendatangkan pahala
10 Alasan Suami Jatuh Cinta Kepada Wanita Lain

Loading...
Previous
Next Post »
loading...