Ternyata, Manusia Memiliki Pendamping Malaikat dan Jin

Cinta Putih Zahraa - Pernahkah Anda mendengar tentang Setan Qorin? Qorin itu artinya pendamping. Jadi, semua manusia memiliki Qorin dari Malaikat dan juga dari Setan/Jin. Semua bisikan positif dalam hati maupun dari telinga seseorang hamba yang membisikkan untuk beribadah, maka itu dari malaikat. Sebaliknya, bisikan negatif atau bisikan yang menolak kebaikan itu berasal dari setan qorin, oleh karena itu kita harus tepiskan. Diantara contoh bisikan positif yang dating dari Malaikat, yakni : jika mendengar atau merasakan bisikan positif tersebut, maka kita harus segera menangkapnya. Sebagai contoh bisikan positif dari Malaikat Qorin, yakni : ketika terdengar adzan, maka ada bisikan untuk segera solat, ketika melihat orang miskin, maka ada bisikan untuk membantu, ketika sepertiga malam dikagetkan untuk shalat tahajud, dan lain sebagainya.
jin/islamidia.com
Apakah kita bisa dengan mudah menerima bisikan postif? Tentu saja tidak, karena setan qorin tidak akan tinggal diam. Dia akan berusaha mengacaukan pikiran manusia agar tidak mengikuti bisikan positif yang datang dari Qorin malaikat. Siapakah setan qorin itu? Qorin adalah setan atau jin yang mendampingi setiap manusia dengan tugas utamanya menggoda dan menyesatkannya. Keberadaan Qorin setan tidak bisa dirukyah atau diusir, karena Allah memang mengijinkan mereka menjadi pendamping manusia. Qorin setan tidak masuk ke dalam badan manusia, tapi hanya disamping kiri kita.

Ingin mengenal lebih jauh siapakah Setan Qorin?

Syaikh Ibnu Utsaimin ditanya, “Apa itu qorin?” Beliau menjawab, “Qorin adalah setan yang ditugasi untuk menyesatkan manusia dengan izin Allah. Dia bertugas memerintahkan kemungkaran dan mencegah yang ma’ruf. Sebagaimana yang Allah firmankan,
 “Setan menjanjikan kefakiran untuk kalian dan memerintahkan kemungkaran. Sementara Allah menjanjikan ampunan dan karunia dari-Nya. Allah Maha Luas lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 268). Akan tetapi, jika Allah memberikan karunia kepada hamba-Nya berupa hati yang baik, jujur, selalu tunduk kepada Allah, lebih menginginkan akhirat dan tidak mementingkan dunia maka Allah akan menolongnya agar tidak terpengaruh gangguan jin ini, sehingga dia tidak mampu menyesatkannya. (Majmu’ Fatawa, 17:427)

Bukti akan adanya Jin Qorin

Adanya Jin Qorin yang mendampingi manusia, dibuktikan dalam Al Quran maupun hadits Rasululah, diantaranya :
“Yang menyertai manusia berkata : “Ya Tuhan kami, aku tidak menyesatkannya tetapi dialah yang berada dalam kesesatan yang jauh.” (QS. Qaf: 27)
Sementara dalam hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, dari Ibnu Mas’ud radhiallahu’anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Setiap orang di antara kalian telah diutus untuknya seorang qorin (pendamping) dari golongan jin.” Para sahabat bertanya, “Termasuk Anda, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab,  “Termasuk saya, hanya saja Allah membantuku untuk menundukkannya, sehingga dia masuk Islam. Karen itu, dia tidak memerintahkan kepadaku kecuali yang baik.” (HR. Muslim)

Apakah Jin Qarin akan menyertai Seseorang hingga dia meninggal?

Mungkin tidak banyak yang tahu, apakah qorin setan menemani seseorang hingga meninggal dunia? Syaikh Ibnu Utsaimin menjelaskan, “Apakah qorin ini akan terus menyertai manusia, sampai menemaninya di kuburan? jawabnya, Tidak. Zahir hadis –Allahu a’lam– menunjukkan bahwa dengan berakhirnya usia manusia, maka jin ini akan meninggalkannya. Karena tugas yang dia emban telah berakhir. Ketika manusia mati maka akan terputus semua amalnya, kecuali tiga hal: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak shaleh yang mendoakannya. (HR. Muslim). (Majmu’ Fatawa, 17:427)

Cara Melindungi berlindung dari bisikan jahat Jin Qorin

Mengusir Jin qorin tidak bisa dilakukan, meski begitu kita bisa memohon perlindungan kepada Allah dengan banyak berdzikir. Apabila kita bersungguh-sungguh melakukannya, maka Allah akan memberikan perlindungan pada kita. Sebagaimana dalam firman Allah, berikut ini :
Apabila setan menggodamu maka mintalah perlindungan kepada Allah. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui” (QS. Al-A’raf: 200)
Semoga informasi yang berjudul Ternyata, Manusia Memiliki Pendamping Malaikat dan Jin diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Baca Artikel Keren Lainnya
Tips Mudah Agar ASI Lancar Dan Melimpah
Enam Waktu Saat Pintu-Pintu Langi Di Buka
Peluk dan Ciumlah Anakmu, Maka Rahmat Allah Akan Mendatangimu
Tips Membimbing Orang Yang Sedang Sakaratul Maut
Waspadai, 7 Ancaman Penyakit Akibat Berpakaian Ketat
Loading...
Previous
Next Post »