Loading...

Tips Mudah Agar ASI Lancar Dan Melimpah

Cinta Putih Zahraa - Ibu mana sich yang tidak ingin menyusui buah hati yang dilahirkannya? Hampir semua ibu pasti ingin memberikan yang terbaik untuk sang buah hati, dan menyusui merupakan salah satu bukti cinta tertinggi para ibu pada buah hatinya.  Sayangnya, pasca melahirkan, para ibu seringkali dihadapkan pada beberapa kesulitan ketika memberikan ASI pada bayinya, diantaranya : 

1.    ASI tidak langsung keluar
2.    Bayi menolak menyusu pada ibunya
3.    ASI keluar hanya sedikit
4.    Bayi mengalami bingung putting
5.    Dan masih banyak yang lainnya

Beberapa kendala diatas umumnya akan membuat para ibu bingung dan cemas akan kondisi buah hatinya. Dan kepanikan ibu akan semakin bertambah manakala melihat si buah hati menangis kelaparan. Akhirnya ketidak sabaran ibu membuat mereka memilih susu formula sebagai solusi teraman. Ingat! Proses menyusui butuh kesabaran ekstra dan pastinya usaha tanpa kenal lelah dari sang ibu dan juga bayinya. Nah, agar proses menyusui bayi berjalan lancar tanpa kendala, ada baiknya jika Anda simak Tips Mudah Agar ASI Lancar Dan Melimpah, berikut ini :

•    Perawatan payudara pasca persalinan

Setelah menjalani proses persalinan, ibu bisa mendi dengan air hangat agar tubuh rileks. Jangan lupa bersihkan putting payudara dari kotoran yang menyumbat saluran ASI. Dengan begitu, lubang putting akan terbuka dan ASI bisa lancar.

•    Penuhi kebutuhan nutrisi

Kemabnyakan orang tua jaman dulu  berpendapat jika setelah melahirkan, sang ibu harus pilih-pilih makanan (istilah Jawanya, Tarak) agar luka persalinan bisa segera kering dan sembuh. Padahal kenyataannya, luka persalinan akan segera sembuh apabila asupan nutrisi ibu terjaga. Selain itu, kekurangan nutrisi juga dapat berisiko menghambat keluarnya ASI.

•    Penuhi kebutuhan cairan

Cairan termasuk yang harus diperhatikan oleh ibu menyusui agar ASInya lancar dan melimpah. Selain air putih, ibu menyusui bis aminum jus atau buah-buahan yang kaya air.

•    Berikan ASI pada bayi sesering mungkin

Dengan memberikan ASI sesering mungkin akan semakin meningkatkan produksi ASI.  Jangan lupa berikan ASI dari kedua payudara secara bergantian.

•    Lakukan pijat payudara

Memijat lembut payudara menggunakan baby oil dan mengompresnya dengan waslap hangat akan membantu meningkatkan produksi ASI.

•    Hindari pemberian susu formula melalui dot atau empeng

Apapun yang terjadi, usahakan untuk tidak memberikan dot atau empeng pada bayi. Karena hal itu dapat membuat bayi bingung putih sehingga akan menolak ASI.

•    Hindari stress dan frustasi

Sabar dan syukur harus selalu ada dalam hati para ibu menyusui, karena hanya cara itu yang dapat membuat ibu merasa rileks dan bahagia. Selain itu, cara tersebut juga dapat menangkal stress dan frustasi yang dapat menghambat keluarnya ASI.

•    Konsumsi makanan pelancar ASI

Selain upaya diatas, ibu menyusui juga bisa membooster ASI dengan beberapa makanan yang sudah terbukti ampuh melancarkan produksi ASI, diantaranya : habbatussauda, sari kurma, sayuran tertentu (katuk, pare, bayam, wortel, dan lain sebagainya), kacang-kacangan (kacang almond, kedelai, dan lainnya), buah-buahan, dan lain sebagainya.
Jika setelah melakukan usaha diatas, namun ASI tak kunjung lancar, Anda bisa melakukan konsultasi dengan petugas Laktasi. Semoga informasi yang berjudul Tips Mudah Agar ASI Lancar Dan Melimpah diatas dapat bermanfaat bagi kita semua, khususnya para ibu menyusui.

Baca Artikel Keren Lainnya



Loading...
Previous
Next Post »
loading...