Wanita, Ini Pesan Rasulullah Tentang Cara Bergaul

CintaPutihZahraa - Dalam masalah bergaul, Islam memberikan arahan yang jelas agar muslim dan muslimah tidak tersesat dalam menjalani kehidupannya. Rasullah memberikan pesan pada wanita bagaimana tata cara bergaul, agar tidak salah langkah dan mengakibatkan kerugian dan dosa. Dalam bergaul, tentu yang paling utama saata bergaul dengan lawan jenis.

Jangan sampai salah melangkah, karena para wanita adalah ‘emas’ dan harus dijaga kehormatannya. Dan wanita, ini pesan Rasulullah tentang cara bergaul:

1.    Memperhatikan cara berpakaian, berjalan dan cara berbicara.

Untuk wanita, tidak sembarangan ia dapat mengenakan pakaian, cara bertingkah laku bahkan berbicara dengan lawan jenis. Karena, pada dasarnya lekuk tubuh wanita, lenggak lenggok jalannya dan cara bicara wanita itu aurat, jika ia tidak bisa menempatkan diri dengan sebaik-baiknya.
Pakaian tidak boleh tipis, menutup aurat, tak boleh menyerupai orang kafir. Cara bertingkah laku dan bicara yang wajar, jangan dibuat-buat agar tidak nafsu lelaki tak tergoda karenanya, hingga menimbulkan perbuatan yang tidak diperbolehkan oleh Islam.
“Wanita itu adalah aurat. Jika dia keluar maka setan akan memperindahnya di mata laki-laki.” (HR. Tirmidzi, shahih)

2.    Dilarang untuk berdua-duaan dengan lawan jenis (berkhalwat).

Sangat sulit untuk memastikan tidak terjadi suatu apa-apa saat wanita dan pria yang bukan mahram terlibat berdua-duaan ditempat sepi. Karena nafsu syetan akan menjadi orang ketiganya untuk membujuk pada hal-hal yang diharamkan. Rasulullah bersabda:
“Janganlah salah seorang diantara kalian berduaan dengan seorang wanita (yang bukan mahramnya) karena setan adalah orang ketiganya, maka barangsiap yang bangga dengan kebaikannya dan sedih dengan keburukannya maka dia adalah seorang yang mukmin.” (HR. Ahmad, sanad hadits ini shahih).

3.    Tundukkan pandanganmu!

Perbedaan wanita muslimah dengan yang bukan adalah saat berbincang dengan lawan jenis, janganlah menatap apalagi dengan pandangan penuh menggoda. Seperlunya saja, tidak melampoi batas. Karena pada dasarnya tatapan lawan jenis bisa melancarkan panah-panah setan untuk ikut menancap pada pergaulan antara wanita-pria.
Dari Jarir bin Abdullah radhiyallahu ‘anhu, dia berkata : “Aku bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengenai pandangan yang tidak di sengaja. Maka beliau memerintahkanku supaya memalingkan pandanganku.” (HR. Muslim)

4.    Upayakan antara pria dan wanita ada pembatas saat ditempat yang sama

Campur antara wanita dan lelaki dalam satu majlis, entah itu pekerjaan, sekolah, tempat umum, undangan pernikahan dan lain sebagainya, akan menimbulkan efek yang negative. Karena tidak menutup kemungkinan mereka akan saling pandang, bicara atau curhat tanpa ada jarak, yang nantinya akan menimbulkan hal-hal yang bersifat dosa.
Wanita, Ini Pesan Rasulullah Tentang Cara Bergaul, sebaiknya dipatuhi agar terhindar dari siksa api neraka.

5.    Berupaya menjaga kemaluannya.

Wanita sebaiknya menjaga harta berharga miliknya, yakni kehormatan dirinya, dan sebisanya menghindari dari hal-hal yang bisa menimbulkan nafsu syahwat . Seperti menghindari melihat gambar atau film porno, atau cerita-cerita yang tidak senonoh yang akhirnya akan menjerumuskan pada hal-hal yang diharamkan oleh agama.
Wanita, Ini Pesan Rasulullah Tentang Cara Bergaul yang sebaiknya dipatuhi oleh para wanita agar mendapat kebahagiaan yang sebenarnya, dihormati karena sikap dan perilakunya yang baik, hingga menjadikannya sebagai wanita  utama, panutan sekitarnya dan terhindar dari segala fitnah.
Baca Artikel Keren Lainnya
8 Ciri-Ciri Wanita yang mendatangkan keberkahan
Waspadai 9 Ciri-Ciri Pengobatan Mengandung Sihir
Bolehkah Istri Menolak Tinggal Di Rumah Mertua?
Waspadai, 7 Ancaman Penyakit Akibat Berpakaian Ketat
Awas! Bra Ketat Dapat Meningkatkan Risiko Kanker Payudara

Loading...
Previous
Next Post »
loading...