10 Cara Cerdas Menjaga Rumah Dari Incaran Maling

Cinta Putih Zahraa - Memiliki rumah bagus dan luas termasuk salah satu impian semua keluarga, apalagi jika sudah memiliki buah hati. Akan tetapi, rumah bagus dan luas saja tidaklah cukup, karena salah satu syarat rumah hunian yang nyaman haruslah aman dari incaran penjahat, seperti : pencuri, pembobol rumah, dan lainnya. Apalagi di jaman yang serba canggih seperti sekarang ini, dimana penjahat juga makin cerdas dan canggih dalam menaklukkan mangsanya. Bisa kita saksikan sendiri, betapa otak-otak criminal dengan mudahnya mencongkel pengaman sepeda motor yang sudah canggih sekalipun, membuka gembok dengan mudahnya menggunakan cairan setan, dan lainnya.

Menjaga Rumah Dari Incaran Maling
Banyaknya kejadian mengerikan seputar aksi canggih para maling tersebut membuat kita mesti waspada dan lebih hati-hati dalam menjaga keamanan rumah. Hem, kira-kira apa yang bisa dilakukan agar rumah kita terhindar dari kejahatan para maling yang canggih tersebut? Simak aja 10 Cara Cerdas Menjaga Rumah Dari Incaran Maling, berikut ini :

1.    Selalu cek pintu dan jendela saat keluar

Pintu dan jendela merupakan celah utama bagi para maling untuk menerobos masuk ke rumah Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda sudah mengunci pintu dan jendela saat keluar rumah atau saat hendak tidur. Jika perlu tambahkan teralis pada jendela Anda.

2.    Gunakan kunci ganda

Demi keamanan rumah Anda, pastikan membuat gembok ganda untuk rumah Anda. Jadi, tidak hanya satu kunci, tapi masih ada gembok atau kunci tambahan (missal, selot/grendel atas dan bawah) yang membuat rumah Anda semakin aman.

3.    Pastikan lampu depan menyala

Apabila rumah Anda sering kosong karena pulang larut malam, pastikan gunakan lampu depan otomatis. Posisi lampu yang menyala dapat membantu mengecoh maling, karena mereka pikir rumah tersebut berpenghuni. Rumah yang gelap menjadi celah yang memudahkan maling masuk.

4.    Pasang CCTV atau kamera

Jika ingin lebih mudah memantau kondisi keamanan rumah, Anda bisa memasang CCTV atau kamera pengintai diarea tertentu yang memudahkan Anda untuk memonitor rumah.

5.    Selalu waspada dengan tamu tak dikenal

Ada sebagian maling yang menyamar sebagai tamu untuk menggambar kondisi rumah Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu waspada terhadap tamu atau orang tak dikenal yang datang ke rumah Anda.

6.    Simpan barang berharga di tempat yang aman

Jika memiliki barang berharga, pastikan menyimpannya di tempat yang aman dan tersembunyi. Jika diperlukan, And abisa menggunakan jasa bank untuk menyimpan barang-barang berharga Anda.

7.    Catat nomor-nomor penting

Sebagai langkah antisipasi, pastikan Anda mencatat nomor-nomor telepon petugas keamanan terdekat, kantor polisi, tetangga terdekat, pak RT, dan lainnya. Jadi, ketika ada sesuatu yang mencurigakan, Anda bisa langsung menghubungi nomor tersebut.

8.    Biasakan bangun di sepertiga malam terakhir

Bangun di sepertiga malam terakhir termasuk salah satu cara untuk menjaga rumah dari incaran maling. Seperti yang kita tahu, sepertiga malam terakhir adalah waktu dimana kebanyakan manusia terlelap dalam mimpinya. Dengan begitu, maling leluasa menyatroni rumah Anda. Tapi jika Anda terjaga pada waktu itu, otomatis rumah Anda akan terhindar dari incaran maling.

9.    Cari harta halal dan jangan lupa sedekah

Upaya diatas tentu saja tidaklah cukup, karena hal yang terpenting adalah dari kita sendiri. Pastikan mencari harta dengan cara yang halal, karena dapat mengundang keberkahan untuk Anda sekeluarga. Selain itu, jangan pernah melupakan jika dalam harta kita terdapat hak orang-orang miskin. Jadi, jangan pernah lupa atau sengaja mengabaikannya, karena Allah akan tentu akan mengambilnya kembali apa yang bukan menjadi hak Anda.

10.    Bentengi rumah Anda dengan doa

Oiya, ada lagi, pastikan Anda membentengi rumah Anda dengan doa perlindungan kepada Allah ya, diantaranya dengan cara membaca doa, berikut ini :
  •  Al fatihah, al ikhlas, Al falaq, Annaas
  • Ayat kursi
  •  Shalawat Nabi
  • Tasbih, tahmid, dan takbir
  • Al-waqiah
  • Al-mulk
  • 5 ayat pertama surat al-baqarah & 3 ayat terakhir
  •  Dan lainnya
Semoga dengan upaya diatas, rumah Anda senantiasa aman dan terlindung dari incaran penjahat.
Loading...
Previous
Next Post »