Loading...

6 Tips Cerdas Agar Kaya Setelah Menikah

Cinta Putih Zahraa - Apa yang Anda pikirkan ketika ditanyakan “kapan akan menikah?” Malu, marah, mengelak, pura-pura tidak dengar atau malah kabur? Menikah termasuk sunnah Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam yang sudah selayaknya kita ikuti, karena didalamnya terdapat banyak keutamaan. Sayangnya, urusan menikah seringkali dianggap berat bagi kebanyakan orang, sehingga tak heran jika banyak orang yang seharusnya “siap menikah” tapi justru memilih sendiri, berlama-lama pacaran, atau justru menunda menikah. Padahal, menikah dapat mendatangkan manfaat yang sangat luar biasa di dunia dan akhirat, antara lain :

•    Terjaga garis keturunan dengan melahirkan generasi yang lebih baik
•    Dapat menundukkan pandangan dan memelihara kemaluan dari perbuatan zina yang diharamkan
•    Mendatangkan ketenangan dan ketentraman jiwa
•    Terjaga nasab dan ikatan kekerabatan antara satu dengan lainnya
•    Mengangkat derajat manusia
•    Menjadi ladang pahala
•    Mempercepat datangnya rejeki

Apakah Menikah Harus menunggu “Mapan”?

Meski tahu akan perintah menikah dan manfaatnya diatas, namun masih banyak yang menundanya hanya karena alasan : belum memiliki pekerjaan tetap, belum sukses,  belum punya mobil, dan lainnya.  Padahal untuk menikah tidak harus menunggu “mapan” dalam pandangan manusia terlebih dahulu, akan tetapi sudah memenuhi syarat, sebagai berikut ini :
•    Ukup umur
•    Sehat jasmani rohani
•    Mempunyai pendidikan dan pengetahuan yang cukup sebagai bekal mendidik anak dan istrinya
•    Sanggup bekerja keras dalam mencari nafkah untuk keluarga
•    Mempunyai kematangan mental yang baik

Trik Cerdas Agar Kaya Setelah Menikah

Banyak yang mengatakan jika memutuskan untuk menikah dan hidup berpasangan tidaklah seindah yang dibayangkan. Ujian akan datang silih berganti dari mulai awal pernikahan hingga akhir. Bagi yang berhasil menyikapi ujian dengan positif, maka ujian tersebut justru dapat mengokohkan ikatan tali pernikahan, sebaliknya bagi yang tidak bisa menyikapi ujian dengan positif, maka ujian bisa mengancam keutuhan pernikahan.
Mapan, sukses dan harta melimpah termasuk satu impian pasanagn suami istri setelah menikah. Akan tetapi hal itu tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, karena setelah menikah, seseorang akan memiliki tanggung jawab yang jauh lebih besar dibandingkan sebelum menikah. Nah, agar impian tersebut tidak terkubur percuma, sebaiknya simak Trik Cerdas Agar Kaya Setelah Menikah, berikut ini :

1.    Komunikasikan masalah keuangan dengan baik

Komunikasi adalah senjata utama untuk mengatasi segala persoalan, termasuk masalah keuangan. Meski merasa tidak nyaman, namun masalah keuangan tetap harus dikomunikasikan bersama pasangan, karena dapat berdampak besar bagi kelangsungan hidup berumah tangga. Bekerjasama dengan pasangan dalam mengurus masalah keuangan akan mendatangkan manfaat yang luar biasa dalam pernikahan.

2.    Menyatukan tujuan

Selain hati, ada satu hal yang wajib Anda satukan setelah menikah, yakni tujuan. Tetapkan bersama akan tujuan dan juga impian yang ingin Anda raih bersama, salah satunya : asset/harta. Diskusikan secara matang dan buatlah keputusan yang membuat kalian berdua sama-sama ridho agar lebih mudah dalam mewujudkannya.

3.    Mengontrol pengeluaran

Selain mengelola pemasukan, pasangan suami istri juga wajib mengontrol pengeluaran secara jujur.  Apalagi setelah pernikahan, seseorang akan memiliki pengeluaran yang jauh lebih besar dibandingkan saat hidup sendiri. Pastikan jangan besar pasang daripada tiang yaa!

4.    Usaha dan berdoa

Untuk mewujudkan impian menjadi kaya setelah menikah, dibutuhkan usaha yang keras dari suami dan juga doa yang tulus dari istri. Perpaduan yang pas diantara keduanya akan membuat padangan suami istri senantiasa berada dalam naungan Rahmat Allah SWT. Jika demikian, bukan tidak mungkin jika semua impian akan lebih cepat terwujud.

5.    Tabung 10% pendapatan

Dalam rumah tangga, pasti akan ada kebutuhan yang tak terduga. Oleh karena itu, biasakan menabung setidaknya 10% dari pendapatan agar masalah tersebut tidak sampai menimbulkan risiko yang besar. Selain itu, kebiasaan menabung akan membuat Anda lebih mudah mengumpulkan kekayaan lebih cepat.

6.    Jangan lupa sedekah dan tunaikan zakat

"Tidak akan pernah berkurang harta yang disedekahkan kecuali ia bertambah...bertambah...bertambah...” (HR. Al Tirmidzi)
Bukan rahasia lagi jika sedekah mampu melipatgandakan harta kita. Karena itu, salah satu rahasia agar kaya setelah menikah adalah dengan rajin bersedekah dan jangan lupa tunaikan zakat.

Jaminan Allah pada HambaNya yang menikah :

Dalam beberapa Al Quran dan hadits, disebutkan akan jaminan Allah SWT pada hambaNya yang menikah, diantaranya :
“Dan nikahkanlah orang-orang yang sendirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. An-Nur : 32)
Rasulullah juga  mempertegas janji Allah terhadap orang yang menikah, yakni :
 “Ada tiga orang yang berhak mendapatkan pertolongan Allah Azza wa Jalla, yaitu orang yang berjihad di jalan Allah, orang yang menikah karena menghendaki kesucian, dan budak mukatab yang bertekad melunasi kebebasannya” (HR. An Nasa’i)
Jika demikian kenyataannya, masihkah Anda akan berkata “saya akan menikah, jika sudah mapan, sukses, punya mobil dan lainnya? Semoga informasi yang berjudul Trik Cerdas Agar Kaya Setelah Menikah diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.
Baca Artikel Keren lainnya
Siapakah yang Boleh Memandikan Jenazah?
5 Alasan Sehat Makan Menggunakan Tiga Jari Ala Rasulullah
Cara Cerdas Menghadapi Tetangga Yang Suka Iri
Selamatkan Diri, Harta Benda dan Keluargamu dari Bahaya ‘Ain
Amalan-Amalan Ringan untuk Mempercepat Jodoh
Bolehkah Istri Menolak Tinggal Di Rumah Mertua?

Loading...
Previous
Next Post »
loading...