Masya Allah, Ternyata Ini Alasan Allah Melarang Kita Meninggalkan Shalat 5 Waktu

Cinta Putih Zahraa - Pernahkah kita berpikir, kenapa Allah memerintahkan kita untuk beribadah, padahal Allah tidak butuh ibadah kita? Ternyata ketika Allah memerintahkan kita ibadah, maka itu adalah untuk kepentingan kita semata, bukan untuk kepentingan Allah. Sehingga sangat rugi ketika Allah memerintahkan kita beribadah, tapi kita tidak melakukan ibadah tersebut. Bisa kita ambil contoh : seorang pembuat motor, pasti dia berikir bagaimana dia memaintenance produknya agar lebih awet, misalnya : dengan mewajibkan servis secara berkala. Begitu juga dengan Allah SWT yang juga ingin me-maintenance barang ciptaannya (dalam hal ini, manusia) dengan ibadah, salah satunya solat.
Solat termasuk amalan yang tidak ada rukhsah (keringanan) didalamnya. Beda dengan puasa, ketika kita sakit, maka Allah berikan keringanan untuk tidak berpuasa, begitupun dengan ibadah lainnya seperti Haji yang apabila kita tidak mampu, maka tidak ada kewajiban untuk melaksanakannya. Akan tetapi sholat, Allah tidak memberikan keringanan untuk kita untuk absen mengerjakannya. Dalam kondisi apapun, kita wajib melaksanakan sholat, khususnya shalat lima waktu. Hem, kira-kira apa sich manfaat shalat bagi manusia sendiri? Agar Lebih Jelasnya, simak manfaat luar biasa Shalat bagi kesehatan seluruh tubuh, berikut ini :

1.    Takbiratul Ikhram

Pada posisi ini, tubuh dalam kondisi tegak, mengangkat kedua tangan sejajar dnegan telinga dan melipatnya di atas perut atau dada bawah. Manfaat sehat yang bisa kita dapatkan dari posisi tersebut, antara lain : melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, getah bening dan menguatkan otot tangan. Dan saat posisi mengangkat tangan dapat melancarkan aliran darah yang penuh oksigen. Saat bersedekap memberikan manfaat menghindarkan dari gangguan pada persendian.

2.    Rukuk

Posisi rukuk, sendiri adalah membungkukkan badan hingga tulang belakang lurus dengan kepala. Adapun manfaat dari gerakan ini, adalah : untuk menjaga tulang belakang agar berfungsi sempurna sebagai penyangga tubuh dan juga pusat syaraf. Selain itu, posisi jantung yang sejajar dengan otak membuat aliran darah semakin lancar. Sementara itu, tangan yang bertumpu pada lutut dapat memberi manfaat untuk merelaksasi otot-otot bahu hingga ke bagian organ bawah.

3.    I’tidal atau bangun dari ruku’

Bagun dari ruku’dan berdiri tegak sembari mengangkat tangan sampai telinga. Posisi ini memberi manfaat, diantaranya : menjaga fungsi pencernaan dan melancarkan, karena gerakan bangun dari ruku membuat organ pencernaan mengalami pemijatan dan pelonggaran.

4.    Sujud

Posisi menungging dengan kedua tangan, lutut, ujung kaki dan wajah pada lantai ini memberikan manfaat yang sangat luar biasa banyak, diantaranya : melancarkan aliran getah bening menuju leher dan ketiak, melancarkan oksigen secara maksimal menuju otak, mengindakan dari wasir. Bagi wanita, gerakan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan dan kesehatan organ kewanitaan. Oleh karena itu, jangan tergesa-gesa bangun dari sujud, agar mendapatkan manfaat yang maksimal.

5.    Duduk Tahiyyat

Duduk tahiyyat ada dua, yakni tahiyat awal (iftirosy) dan tahiyat akhir (tawarruk). Yang membedakan keduanya, hanya pada posisi telapak kaki. Adapun manfaat dari duduk iftirosy, adalah : menghindakan nyeri pada pangkal paha. Sementara duduk tawaruk bermanfaat untuk perkasaan pria, diantaranya : mencegah impotensi, merenggangkan otot tungkai, menjaga kelenturan organ gerak.

6.    Salam

Gerakan menengok ke kanan dan kiri memiliki manfaat untuk mengencangkan kulit wajah. Selain itu juga dapat membantu mengurangi sakit kepala dan migraine.
Subhanallah… dari sini bisa disimpulkan bahwa keseluruhan gerakan shalat memiliki manfaat untuk membantu meremajakan sel-sel tubuh. Apabila proses regenerasi berjalan lancar, secara otomatis tubuh akan senantiasa sehat dan bugar. Jika demikian alasannya, masihkah kita rela mengabaikan waktu shalat? Semoga informasi diatas membuat kita semakin ringan mengerjakan perintah Shalat. Amiin YRA.

Baca Artikel Keren Lainnya
5 Alasan Sehat Makan Menggunakan Tiga Jari Ala Rasulullah
Cara Cerdas Menghadapi Tetangga Yang Suka Iri
Hindari 10 Sifat Manusia yang Menjadi Pintu Masuknya Setan dan Iblis
Selamatkan Diri, Harta Benda dan Keluargamu dari Bahaya ‘Ain
Jurus Ampuh Membuka Pintu Langit

Loading...
Previous
Next Post »
loading...