Cara Membedakan Tahilalat Biasa dan Tahilalat Calon Kanker

CintaPutihZahra - Anda memiliki banyak tahilalat di kulit? Tahilalat oleh sebagian orang dianggap sebagai pemanis penampilan. Meski begitu keberadaan tahilalat patut diwaspadai, karena bisa jadi merupakan cikal bakal penyakit kanker. Hem, serem sekali bukan? Tahilalat yang dikenal sebagai kanker melanoma  ini terjadi jika sel-sel normal dalam kulit tiba-tiba berubah menjadi sel abnormal dan tumbuh diluar kendali. Mungkin tak semua dari kita tahu bagaimana cara membedakan tahilalat biasa dengan tahilalat calon kanker. Agar lebih jelasnya, mending simak ciri-ciri tahilalat calon kanker yang wajib diwaspadai, berikut ini :


Tahilalat berwarna kecoklatan atau kehitaman

Waspadai tahilalat yang warnanya terlihat hidup atau tajam, misalnya kecokelatan atau kehitaman.

Tahilalat yang muncul dengan tiba-tiba

Tahilalat yang muncul sejak lahir atau tanda lahir bisa jadi tidak perlu dikhawatirkan. Sebaliknya tahilalat tersebut muncul tiba-tiba dan bukan tanda lahir, maka Anda patut waspadai karena bisa berkembang menjadi gejala kanker.

Jika tahilalat bengkak atau sakit

Ciri-ciri lainnya yang patut diwaspadai adalah ketika tahilalat mengalami pembengkakan atau terasa sakit jika disentuh. Hal ini bisa jadi alarm agar Anda segera memeriksakan ke dokter agar diketahui penyebab pastinya.

Tahilalat yang terus tumbuh

Tahilalat yang juga patut dicurigai adalah jika terus tumbuh membesar atau menjalar mengikuti jaringan kulit. Jangan abaikan, tapi segera lakukan upaya pengobatan agar tidak terlambat.

Bentuk tahilalat asimetris

Jika bentuk tahilalat  Anda terlihat kurang beraturan atau asimetris, maka waspadai karena merupkan ciri-ciri kanker melanoma. Selain itu, pada bagian pinggiran terlihat tidak rata atau kasar.

Upaya Pencegahan Kanker Melanoma

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Demikian juga untuk kanker melanoma ini. Karena itu, agar tahilalat Anda tidak berubah menjadi penyakit yang mematikan, Anda bisa melakukan upaya pencegahan, sebagai berikut :
  • Lindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung
  • Hindari penggunaan produk perawatan kecantikan yang mengandung zat pemicu kanker, misalnya : paraben.
  • Hindari makanan yang memicu penyakit kanker
  • Hindari memencet atau menggaruk tahilalat, karena bisa memicu infeksi yang berujung penyakit mematikan.
  • Segera lakukan pemeriksaan ke dokter jika mencurigai adanya yang tidak wajar pada tahilalat Anda.
Nah, setelah mengetahui informasi tentang tahilalat yang berpotensi menjadi kanker melanoma diatas, pastinya Anda akan lebih waspada lagi bukan? Semoga bermanfaat.




Loading...
Previous
Next Post »
loading...