Loading...

Delima, Buah Surga yang Menjaga Kesehatan dan Kecantikan

Cinta Putih Zahra - Dalam Al Quran dijelaskan tentang keberadaan beberapa buah surga yang ada di dunia, salah satunya delima. Diturunkannya buah delima ke dunia bukanlah tanpa sebab, karena ternyata didalamnya mengandung manfaat yang luar biasa. Buah delima (Punica granatum L) atau yang biasa disebut buah pome ini mengandung segudang manfaat yang luar biasa untuk kesehatan dan kecantikan. Buah delima ada yang berwarna putih dan adapula yang berwarna merah, namun keduanya sama-sama berkhasiat kok.

Jus Buah surga

Bukti bahwa Delima merupakan salah satu buah Surga

Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan Maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang kurma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman,” (QS. Al An’am: 99).
Dalam ayat lain juga disebutkan tentang delima, yakni :
Di dalam keduanya (surga) juga ada buah-buahan dan pohon kurma dan delima,” (QS. al Rahman ayat 68).

Kandungan nutrisi Buah delima

Buah delima termasuk Makanan Super, karena didalamnya mengandung banyak nutrisi yang berguna bagi kesehatan, diantaranya : Vitamin A, energi, karbohidrat, serat, lemak baik, protein, thiamin, riboflavin, niacin, asam pantotenat, Vitamin B6, Folat, Vitamin C, Vitamin E, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, zink, dan lainnya.

Manfaat luar biasa yang bisa kita dapatkan dari Buah Delima

Ada banyak penelitian yang berhasil mengungkap rahasia keajaiban dalam buah delima, diantaranya :

Kaya Antioksidan

Dibandingkan buah lainnya, ternyata buah delima mengandung antioksidan yang lebih besar. Antioksidan dalam buah delima berkhasiat menangkal radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel-sel tubuh. Kerusakan sel sendiri bisa berkaitan dnegan beberapa penyakit kronis, seperti : jantung, kanker, Alzheimer, dan lainnya.

Menjaga kesehatan jantung

Dalam delima terdapat kandungan nutrisi yang bermanfaat mencegah penumpukan plak dan mengatasi pengerasan pada arteri sehingga mencegah penyakit jantung dan stroke. Jadi, bagi penderita penyakit jantung, sangat disarankan minum jus delima setiap hari agar aliran darah menuju jantung bisa lancar.

Mencegah penyakit osteoarthritis

Dalam buah delima terdapat kandungan kalsium, kalium  dan fosfor yang bermanfaat mencegah kerusakan tulang rawan yang menyebabkan inflamasi. Bahkan dalam penelitian tersebut juga disebutkan jika ekstrak buah delima berkhasiat menghambat degradari kartilago pada penderita osteoarthritis.

Menurunkan kolesterol jahat

Kandungan antioksidan dalam buah delima bermanfaat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Menurunkan tekanan darah

Dalam buah delima mengandung kalium yang tinggi sehingga sangat ampuh membantu menurunkan tekanan darah.

Menjaga kesehatan ibu hamil dan janin

Kandungan vitamin dan asam folat dalam buah delima sangat dibutuhkan ibu hamil, diantaranya : melindungi otak dari kerusakan, mencegah cacat pada janin, menguatkan tulang dan beragam manfaat lainnya.

Menjaga kecantikan kulit

Kandungan vitamin dan antioksidan tinggi dalam buah delima sangat bermanfaat untuk menjaga kecantikan kulit, diantaranya : melindungi dari kanker, mencegah penuaan dini, memproduksi kolagen, membantu regenerasi sel kulit, mencegah jerawat dan lainnya.

Hem, ternyata dari buah yang sering diremehkan orang, justru didalamnya terdapat keistimewaan yang luar biasa karena dapat menjaga kesehatan dan kecantikan kita.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...