Loading...

Mudik Bareng Si Kecil? Perhatikan 10 Hal Penting Ini

Mudik menjadi salah satu budaya tahunan yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Ada banyak cara dilakukan untuk bisa mudik ke kampang halaman, dari mulai naik motor, mobil, kapal, kereta api dan berbagai transportasi umum lainnya. Apapun pilihan Anda yang jelas mudik haruslah aman, nyaman dan menyenangkan, apalagi jika Anda membawa serta buah hati yang masih berusia balita. Mudik bersama si kecil membutuhkan persiapan khusus, sehingga para orang tua wajib memperhatikannya. Jangan sampai acara mudik Anda jadi berantakan dan merepotkan hanya karena kurangnya persiapan.
Nah, sebelum memutuskan mudik bareng si kecil, baiknya simak 10 hal penting yang wajib diperhatikan saat mudik berikut ini :

1.    Pilih alat transportasi yang nyaman dan sesuai budget.

Sebelum mudik, pastikan tentukan dulu alat transportasi apa yang akan Anda pilih. Pastikan pilih yang nyaman dan sesui budget yaa… Jagan sampai karena murah, lantas Anda memilih alat transportasi yang membuat si kecil tidak nyaman.

2.    Pilih waktu mudik yang tepat

Agar perjalanan tidak terlalu macet, pastikan pilih waktu mudik yang tepat, misalnya sebelum terjadi puncak arus mudik karena lalu lintas belum terlalu ramai sehingga waktu mudik jadi lebih cepat.

3.    Berdoa sebelum berangkat mudik

Agar perjalanan mudik menjadi berkah dan selamat hingga tujuan, pastikan berdoa dulu sebelum berangkat.

4.    Siapkan cemilan favorit anak

Selama perjalanan, mungkin Anda tidak selalu bisa mendapatkan makanan atau cemilan yang disukai anak-anak. Untuk menyiasatinya, Anda bisa membawa bekal makanan/minuman atau cemilan favorit anak.

5.    Bawa mainan favorit anak

Perjalanan mudik pastilah melelahkan dan membosankan, terutama bagi anak-anak. Karena itu jangan lupa membawa mainan agar anak merasa tenang dan tidak bosan selama perjalanan. Anda juga bisa membawa buku cerita, CD lagu-lagu atau film kesayangan si kecil loh..

6.    Bawa baju ganti dan popok

Selama perjalanan mudik, pastilah ada saja yang mungkin dialami si kecil, misalnya : muntah, berkeringat atau pakaian kotor terkena makanan. Untuk itu, pastikan bawa baju ganti atau popok agar si kecil tetap merasa nyaman saat mudik.

7.    Gunakan pakaian yang nyaman untuk anak

Pastikan gunakan pakaian yang nyaman untuk anak selama perjalanan mudik. Jangan sampai anak rewel gara-gara kepanasan atau tidak nyaman. Pilih bahan pakaian yang bisa menyerap keringat.

8.    Bawa bantal dan selimut

Bantal dan selimut sangat penting disiapkan saat mudik, karena si kecil pasti membutuhkan tempat istirahat yang nyaman selama perjalanan.

9.    Tas Perlengkapan Anak

Sebelum berangkat mudik, pastikan Anda sudah menyiapkan semua perlengkapan si kecil. Gunakan tas khusus yang berisi semua perlengkapan anak, dari mulai : makanan, popok, tissue basah dan kering, pakaian, botol susu, termos, minyak kayu putih, obat-obatan, kantung kresek, dan lainnya. Letakkan di tempat yang mudah dijangkau yaa!

10.    Pastikan istirahat

Jika perjalanan mudik cukup panjang, pastikan jangan lupa istirahat untuk menghilangkan penat selama perjalanan. And absia menginap di hotel atau istirahat sebentar di posko mudik, masjid atau tempat lainnya.
Sepuluh hal yang wajib disiapkan saat mudik bareng si kecil diatas diharapkan dapat membantu Anda mempersiapkan acara mudik ke kampung halaman. Selamat mudik yaaa!

Loading...
Previous
Next Post »
loading...