Loading...

Jangan Cukur Jenggotmu, Ini Manfaatnya bagi Kesehatan

Jangan Cukur Jenggotmu - Mana yang lebih Anda pilih antara mencukur atau memanjangkan jenggot? Bagi yang tidak memahami, pastilah mencukur jenggot lebih dipilih, karena terlihat rapi dan keren. Namun tahukah Anda, jika memanjangkan jenggot bagi lelaki termasuk salah satu sunnah? Sunnah yang apabila dilakukan, akan bernilai pahala. Tidak hanya itu, karena bukan rahasia lagi jika apa yang disunnahkan, pastilah didalamnya terdapat manfaat yang luar biasa. Nah, khusus untuk sunnah memelihara jenggot, didalamnya juga mengandung manfaat yang luar biasa bagi kesehatan.

Jangan Cukur Jenggotmu

Hadits perintah memanjangkan jenggot

Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,“Potong pendeklah kumis dan biarkanlah (peliharalah) jenggot.” (HR. Muslim no. 623)
Terdapat pula dalam riwayat lain, yakni :
Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,“Berbedalah dengan orang-orang musyrik. Potong pendeklah kumis dan biarkanlah jenggot.” (HR. Muslim no. 625)

Manfaat memelihara jenggot bagi kesehatan

Mungkin tak semua dari Anda percaya, tapi kenyataannya sudah banyak penelitian yang membuktikan beragam manfaatnya. Ingin tahu, apa sajakah manfaat memelihara jenggot bagi kesehatan? Simak informasinya berikut ini :

Mengurangi risiko kanker kulit

Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas of Southern Queensland dan dipublikasikan dalam Journal of Radiation Protection Dosimetri menyebutkan jika jenggot bisa melindungi kulit dari paparan dinar matahari sebanyak 90-95 persen sehingga berpotensi mengurangi risiko terkena kanker kulit.

Memperlambat proses penuaan dini

Jenggot yang menutupi kulit dapat melindungi dari paparan sinar matahari langsung. Seperti yang kita tahu jika sinar matahari merupakan salah satu penyebab penuaan atau kerusakan kulit. Karena itu, agar Anda terlihat awet muda, jangan lupa pelihara jenggot Anda ya!

Mencegah munculnya jerawat

Ada banyak penyebab munculnya jerawat, salah satunya tersumbatnya folikel kecil pada permukaan kulit. Diperparah lagi dengan kebiasaan mencukur jenggot yang sering sebabkan iritasi atau luka di kulit.

Menjaga kelembapan alami kulit

Menjaga kelembapan alami kulit wajah sangatlah penting agar kulit tetap sehat dan awet muda. Memelihara jenggot dapat menjaga kelenjar minyak alami pada wajah sehingga kulit terjaga kelembapannya dan lebih sehat.

Mencegah infeksi kulit

Mencukur jenggot meningkatkan risiko kulit mengalami ruam kemerahan dan infeksi kulit. Dengan memelihara jenggot, otomatis mengurangi risiko tersebut.

Mencegah dan menyembuhkan batuk

Jenggot tebal yang tumbuh dipinggir pipi, dagu dan leher dapat membantu meningkatkan temperature tubuh dan menjaga agar tetap hangat sehingga sangat ampuh melawan batuk pilek.

Selain alasan diatas, memelihara jenggot akan membuat pria terlihat keren dan macho. Setelah melihat beberapa keuntungan diatas, masihkah Anda berniat mencukur gundul jenggot Anda? Semoga bermanfaat yaa!


Loading...
Previous
Next Post »
loading...