Loading...

Rahasia Keistimewaan Hari Senin dan Kamis

Rahasia Keistimewaan Hari Senin dan Kamis - Pernahkah Anda menjalankan puasa sunnah Senin dan Kamis? Puasa senin kamis, termasuk puasa sunnah yang banyak dijalankan umat muslim, karena Rasulullah Muhammad shalallahu alaihi wasallam juga mencontohkannya. Mungkin tak banyak yang tahu, kenapa puasa harus dilakukan pada hari senin dan kamis dan bukan hari yang lainnya? Dalam islam, terdapat hari-hari, malam-malam, dan juga bulan-bulan yang sangat istimewa. Nah, hari senin dan kamis sendiri termasuk hari yang istimewa selain hari jumat yang diagungkan. Bahkan, Rasulullah Muhammad shalallahu alaihi wasallam juga melakukan puasa sunnah senin dan kamis, lho. Hal itu terdapat dalam beberapa hadits, yang artinya sebagai berikut ini :
Diriwayatkan dari Aisyah ra., ia mengatakan: "Rasulullah saw. sangat antusias dan bersungguh-sungguh dalam melakukan puasa pada hari Senin dan Kamis." (HR. Tirmidzi, An-Nasai, Ibnu Majah, Imam Ahmad)
Keistimewaan Hari Senin dan Kamis
Kira-kira apa sich keuntungan yang didapatkan dari puasa sunnah tersebut? Ingin tahu, apa saja rahasia istimewa yang ada dibalik hari senin dan kamis? Sebaiknya simak informasinya, berikut ini :

1.    Hari Ketika Amal Para Hamba Diperiksa

Pada hari senin dan kamis, amal-amal seseorang akan dilaporkan dan diperiksa oleh Allah SWT. Jadi, alangkah menyenangkannya ketika amal kita diperiksa dan dilaporkan pada  Allah SWT dalam kondisi puasa.
Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda: “Amal manusia diperiksa setiap hari senin dan kamis. Maka, aku suka jika amal-amalku diperiksa ketika aku sedang berpuasa” (HR Tirmidzi).

2.    Hari dimana Pintu-pintu Surga terbuka

Pintu surga akan dibuka setiap hari senin dan kamis, hal itu sebagaimana dalam hadits berikut ini :
Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda:
Pintu-pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka diampuni dalam kedua hari itu setiap hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu pun, kecuali orang yang diantaranya dan saudaranya terdapat permusuhan. Kemudian dikatakan, "lihatlah kedua orang ini hingga keduanya berdamai." (HR. Al-Khatib, Muslim, Abu Daud, Nasa'i, At-Tirmidzi dan Ibnu Hiban).

3.    Hari dimana Rasulullah lahir dan wafat

Hari Senin termasuk hari yang istimewa, karena merupakan hari lahir Rasulullah Muhammad Shalallahu alaihi wasallam, diangkat menjadi nabi dan diturunkannya Al Quran.
Beliau bersabda. "Itu adalah hari aku dilahirkan, diangkat menjadi Nabi, dan diturunkan kepadaku Al-Qur'an (pertama kali)" (HR Muslim dari Abu Qatadah Al-Anshari).
Terdapat pula  dalam hadits  lainnya, yakni :
Ibnu Abbas berkata, "Nabi saw dilahirkan pada hari Senin, wafat pada hari Senin, diangkat menjadi Nabi pada hari Senin, melaksanakan hijrah dari Mekah ke Madinah pada hari Senin, sampai di Madinah pada hari Senin, Hajar Aswad diangkat kembali ke tempatnya (juga) pada hari Senin." (HR Ahmad dari Ibnu Abbas).

4.    Hari-hari dibuka pintu surga dan hari pengampunan

Dari Abu Hurairah Radhiallahu ‘Anhu, bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: “Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis, maka saat itu akan diampuni semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun, kecuali seseorang yang antara dirinya dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan: ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai.” (HR. Muslim No. 2565, Al Bukhari dalam Adabul Mufrad No. 411, Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman No. 6626)

5.    Hari dimana Rasulullah suka bepergian

Dari Ka’ab bin Malik Radhiallahu ‘Anhu: Bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam jika hendak safar, Beliau tidak bersafar melainkan pada hari kamis.(HR. Ahmad No. 27178. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan: shahih. Lihat Ta’liq Musnad Ahmad No. 27178).

Semoga setelah mengetahui manfaat puasa senin kamis diatas, kita semakin semangat dan istiqomah menjalankan puasa sunnah senin kamis.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...