Loading...

Makan Sate Gosong Sebabkan Kanker? Ini Alasannya!

Sate termasuk satu olahan yang difavoritkan saat idhul Adha. Ya, daging yang dipotong dadu, kemudian ditusuk menggunakan sujen atau tusuk sate, kemudian dibakar menggunakan arang hingga matang atau kadang agak kehitaman/gosong. Aroma khas dari daging yang dibakar menjadi sensasi tersendiri bagi penikmatnya. Meski memiliki rasa yang lezat, namun tahukah Anda jika mengonsumsi sate yang gosong atau agak menghitam dapat berisiko sebabkan penyakit kanker?  Mungkin tak semua orang tahu, bagaimana bisa daging yang kaya gizi justru dapat sebabkan penyakit kanker? Nah, agar lebih jelasnya, simak aja yuk alasan mengapa makan sate gosong bisa sebabkan kanker?

Alasan mengapa makan sate gosong dapat sebabkan kanker

Ternyata saat sate dibakar menggunakan suhu tinggi, maka secara otomatis akan terbentuk satu molekul kimia yang bernama akrilamida. Akrilamida sendiri merupakan bahan kimia yang mengandung racun dan juga karsinogen yang menjadi salah satu pemicu penyakit kanker. Akrilamida sendiri umumnya terbentuk dari makanan kaya akan karbohidrat yang dipanaskan pada suhu diatas 120 derajat celcius, baik dengan cara digoreng, dipanggang, maupun dibakar. Jadi, sebenarnya daging, produk ikan, dan olahan susu tidak mengandung akrilamida, namun proses memasak dengan cara dipanggang, digoreng maupun dibakar dalam suhu tinggilah yang sebabkan munculnya zat akrilamida.
Selain akrilamida, ternyata ada senyawa lain yang juga memicu kanker, yakni hidrokarbon polisiklik aromatik (PAH) dan amino heterosiklik (HCA). Kedua zat tersebut terbentuk dalam asap dan kita bisa menemukannya pada permukaan daging, berupa gosong kehitaman yang bisa hilang dengan cara dikerik.

Lalu apakah kita harus menghindari makan sate?

Makan sate boleh saja, asalkan perhatikan saat memasak satenya. Hindari masak sate terlalu coklat atau hitam,tapi cukup masak sampai kekuningan saja atau matang. Namun juga jangan masak sate terlalu mentah atau setengah matang ya, karena proses memasak tersebut tidak dapat membunuh bakteri dan berisiko sebabkan keracunan makanan.

Tips memasak sate agar tidak sebabkan kanker

Apabila Anda pecinta olahan sate, sebaiknya simak bagaimana cara memasak sate agartidak sebabkan kanker, berikut ini :
•    Sebelum dibakar, baiknya rendam daging dalam bumbu pengempuk, karena dapat membuat tekstur daging lebih empuk sehingga Anda tidak perlu terlalu lama membakar sate.
•    Pilih daging yangrendah lemak agar ketika dibakar, tidak ada lemak yang menetes di arang yang picu kanker
•    Kukus lebih dulu dagingnya agar lemak berkurang dan pastinya meminimalisir keluarnya asap yang berbahaya
•    Jangan lupa membolak-balik sate saat dibakar agar sate tidak gosong
•    Hindari memasak sate diatas arang secara langsung, tapi tambahkan tatakan atau Anda bsia gunakan alat pemanggang lainnya, seperti happycall, Teflon atau yang lainnya.
•    Hilangkan bagian daging yang gosong sebelum dikonsumsi.
Mewaspadai hal sekecil apapun yang kita konsumsi akan menghindarkan Anda dari risiko penyakit kanker yang berbahaya.

Tags : akibat makan sate bahaya ikan bakar bahaya sate untuk kesehatan contoh makanan yang dibakar jenis makanan yang dibakar bahaya terlalu sering makan sate akibat kebanyakan makan sate bahaya makan sate setiap hari

Loading...
Previous
Next Post »
loading...