Loading...

Tujuh Makanan Pantangan Bagi Penderita AIDS

Menjaga pola makan yang sehat sangat penting bagi penderita penyakit AIDS, karena bukan rahasia lagi jika orang dengan HIV dan AIDS (ODHA) sangat  berisiko terkena penyakit akibat makanan, seperti : diare. Makanan yang dipilih tidak hanya sekedar enak, tapi juga harus bernutrisi karena makanan bernutrisi sangat penting untuk meningkatkan energy penderita dan juga system kekebalan tubuh.  Meski memilih makanan sehat bernutrisi tidak bisa membuat penyakit AIDS sembuh, namun setidaknya bisa memberikan kesempatan hidup yang lebih baik lagi.
Nah, jika Anda sudah divonis menderita HIV AIDS, sebaiknya simak beberapa makanan pantangan berikut ini :

1.    Makanan pedas

Makanan pedas mungkin membuat selera makan meningkat, namun bagi ODHA makanan ini justru harus dihindari karena sebabkan diare akut.

2.    Makanan mentah atau setengah matang

Makanan mentah atau setengah matang berpotensi terkontaminasi bakteri salmonella yang dapat memicu diare. Karena itu, pastikan penderita AIDS mengonsumsi makanan yang benar-benar matang. Diantara jenis makanan mentah yang dilarang, yakni : telur setengah matang,daging mentah, seafood mentah, lalapan,dan lainnya.

3.    Minuman keras

Minunan keras termasuk yang sangat dilarang untuk diminum oleh penderita  AIDS, karena berisiko menurunkan system kekebalan tubuh dan sebabkan munculnya gangguan kesehatan lainnya.

4.    Narkotika

Menonsumsi narkotika bagi orang sehat sangatlah dilarang, apalagi bagi ODHA. Narkotika mengandung zat aktif yang berpotensi sebabkan kondisi tubuh jadi memburuk dan merusak kinerja organ tubuh.

5.    Buah-buahan yang tidak dicuci lebih dulu

Tidak hanya wajib memilih makanan sehat, karena kondisi makanan juga harus bersih dan steril. Begitupun saat makan buah, karena buah yang tidak dicuci sangat berisiko terkontaminasi bakteri hingga sisa pestisida yang membahayakan system pencernaan ODHA.

6.    Minum Air Mentah

Minuman termasuk satu hal yang penting diperhatikan oleh ODHA. Namun pastikan pilih minuman yang sudah dimasak hingga matang dan bebas kuman serta bakteri.  Karena minum air mentah berisiko sebabkan infeksi virus dan bakteri yang sebabkan diare dan penyakit serius lainnya.

7.    Makanan yang mengandung zat kimia

Saat ini banyak makanan yang mengandung bahan kimia berbahaya, dari mulai pengawet, pewarna, dan lainnya. Nah, penderita AIDS harus menghindari makanan tersebut agar tidak menganggu kesehatannya.
Dengan menghindari makanan pantangan diatas, maka diharapkan penderita bisa hidup sehat dan bisa berkarya atau berbuat lebih baik lagi untuk hidupnya. Tetap semangat!

Tags : makanan pantangan kolesterol makanan pantangan diabetes makanan pantangan maag makanan pantangan hipertensi makanan pantangan tipes makanan pantangan rematik makanan pantangan jerawatmakanan yang baik untuk penderita hiv

Loading...
Previous
Next Post »
loading...