Waspadai Tujuh Makanan yang Justru Memperparah Kanker

Siapa sich yang tidak tersiksa ketika harus berpantang mengonsumsi makanan enak? Namun bagi penderita penyakit tertentu, seperti misalnya kanker, hal itu harus dilakukan karena ada beberapa makanan yang ternyata berpotensi memperparah penyakitnya. Jika saat sehat, mereka bebas menikmati semua makanan yang halal, namun saat sakit makanan halal tersebut menjadi tidak thoyib (tidak baik) lagi untuk kesehatannya. Kira-kira apa sajakah makanan yang berpotensi memperparah kanker? Agar lebih jelasnya, simak informasinya berikut ini :
kanker/Dr Nibber

Makanan berlemak

Makanan berlemak kurang bagus dikonsumsi penderita kanker, karena dapat merangsang perkembangan kanker. Diantara jenis makanan lemak yang harus dibatasi dan dihindari, antara lain : jerohan, mentega, gorengan, daging merah, keju, dan lainnya.

Makanan yang minim gizi

Sebisa mungkin hindari makanan yang minim gizi, seperti fast food, junk food, makanan atau minuman kaleng karena mengandung pewarna/pengawet.

Makanan pedas dan berlemak

Untuk penderita kanker saluran pencernaan, seperti esophagus, sangat disarankan menghindari makanan pedas dan berlemak (santan) karena berpotensi sebabkan kenaikan asam lambung, memperberat pencernaan dan justru memperparah kanker esofagus.

Gula pasir

Gula termasuk makanan yang disukai sel kanker, karenanya pastikan hindari makanan yang mengandung gula tinggi.

Produk kedelai

Susu kedelai dan produk kedelai memang nikmat, namun bagi penderita kanker sangat tidak disarankan untuk penderita kanker tertentu, misalnya : kanker payudara, kanker rahim, dan indung telur. Hal itu karena mengonsumsi produk kedelai dapat mempengaruhi hormone.

Makanan atau minuman yang beralkh*h*l

Makanan atau minuman yang mengandung alk*h*l karena dapat merangsang perkembangbiakan sel kanker. Diantara makanan yang berpotensi mengahsilkan alkh*h*l, antara lain : nangka, nanas, durian, anggur, dan lainnya.

Makanan gosong

Makanan yang dimasak dengan cara dibakar seringkali muncul bagian yang gosong, ini harus dihindari karena mengandung senyawa yang dapat berubah menjadi karsiogenik yang sebabkan kanker.

Makanan yang direkomendasikan untuk Penderita Kanker

Selain harus berpantang makanan atau minuman, penderita kanker juga sangat dianjurkan mengonsumsi makanan tertentu yang bermanfaat meningkatkan kesehatannya. Apa sajakah itu? Simak informasinya berikut ini :

Makanan kaya kalsium

Makanan kaya kalsium sangat bagus untuk penderita kanker, terutama kanker serviks karena dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

Makanan kaya antioksidan

bukan rahasia lagi jika makanan kaya antioksidan sangat bagus untuk membantu menghilangkan zat-zat dan racunpemicu kanker. Anda bisa mendapatkannya dari beberapa jenis makanan, antara lain : jeruk, alpukat, delima, dan lainnya.

Makanan kaya akan betakaroten

Makanan kaya betakaroten sangat bagus untuk membantu mencegah pertumbuhan sel kanker. diantara jenis makanan tersebut, yakni : wortel, buah bit, dan lainnya.

Sayuran yang kaya akan asam folat

Makanan kaya asam folat sangat bagus untuk membantu mengurangi zat tertentu yang memicu pertumbuhan sel kanker. Diantara makanan yang kaya asam folat, antara lain : kol, brokoli, kubis, dan lainnya.

 Buah-buahan

Buah yang sangat dianjurkan dikonsumsi penderita kanker adalah buah yang kaya anti oksidan dan zat licopen (anti kanker), diantaranya : tomat, jambu air, apel, dan lainnya.

Biji-bijian

Biji-bijian sangat kaya akan serat, vitamin, fitokimia, karbohidrat kompleks dan juga mineral yang bermanfaat untuk penderita kanker.
Semoga informasi yang berjudul Waspadai Tujuh Makanan yang Justru Memperparah Kanker diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Tags : Pantangan makanan kanker, makanan memperparah kanker, makanan berbahaya untuk penderita kanker, hindari makanan pemicu kanker, makanan yang dianjurkan untuk kanker

Loading...
Previous
Next Post »
loading...