Hindari 7 Makanan dan Minuman yang Buat Gigimu Kuning

Memiliki gigi yang putih bersih tidak hanya membuat senyummu makin indah, tapi juga meningkatkan rasa percaya diri. Namun sayang, seiring bertambahnya usia maka gigi putih kita akan berkurang keindahannya. Diperparah lagi dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang tidak ramah dengan gigi Anda. Bertambahnya usia sebabkan enamel permukaan mulai retak dan mengikis dentin gigi sehingga memudahkan noda makanan menempel pada gigi yang akhirnya berubah menjadi plak dan tartar. Kondisi itulah yang membuat kondisi gigi Anda makin memburuk. Gigi yang awalnya seputih mutiara menjadi kusam bahkan bisa berubah kuning kecokelatan. Hem, mengerikan sekali, bukan?

Mungkin tidak semua orang tahu jika makanan atau minuman yang selama ini dikonsumsi justru menjadi penyebab gigi kusam dan menguning. Nah, agar Gigi Anda tetap putih dan terjaga keindahahannya, sebaiknya hindari 7 Makanan dan Minuman yang Buat Gigimu Kuning, berikut ini :

1.    Permen

Permen memang enak dikonsumsi, namun tahukah Anda jika dalam permen mengandung pewarna buatan yang picu noda gigi. Cara mengenali permen yang mengandung pewarna, yakni : apabila dikonsumsi meninggalkan noda atau warna yang tertinggal di lidah.

2.    Teh Hitam

Aneka jenis teh mengandung tannin yang berpotensi menodai gigi. Apabila Anda tetap ingin minum teh, cobalah minum teh hijau atau teh putih yang memiliki kandungan tannin rendah.

3.    Bumbu rempah berwarna mencolok

Ada beberapa bumbu rempah yang memiliki warna alami yang cukup mencolok, seperti : kunyit, temulawak, cabai, dan lainnya. Untuk mengatasinya, jangan lupa rajin menyikat gigi setelah mengonsumsi makanan berbumbu rempah.

4.    Buah berwarna terang

Buah-buahan yang berwarna terang juga berpotensi sebabkan noda kuning pada gigi. Diantara buah yang memiliki warna terang, yakni : anggur, cerry, delima, blackberry, pepaya, dan lainnya.

5.    Minuman bersoda

Minuman bersoda memiliki sifat asam dan kaya akan kromogen sehingga berpotensi sebabkan gigi menguning.

6.    Minuman manis

Minuman manis tidak selalu memberikan efek manis pada gigi, sebaliknya justru berpotensi mengikis enamel gigi sehingga membuat gigi makin kuning dan kusam.

7.    Saus dan kecap

Saus dan kecap juga termasuk satu makanan yang berpotensi sebabkan gigi menguning.  Jadi, jangan heran jika mendapati gigi yang tak lagi putih, meskipun Anda tidak suka minum kopi, teh, ataupun mer*k*k.
Dengan memahami 7 Makanan dan Minuman yang Buat Gigimu Kuning diatas, setidaknya Anda bisa menghindari atau setidaknya membatasi berbagai jenis makanan atau minuman yang disebutkan diatas. Semoga bermanfaat!

Source : Medical Daily, alodokter


Tags :  penyebab gigi kuning apa penyebab gigi kuning penyebab gigi kuning permanen faktor penyebab gigi kuning penyebab gigi kuning pada anak penyebab gigi kuning pada bayi penyebab gigi menjadi kuning penyebab gigi berwarna kuning

Loading...
Previous
Next Post »
loading...