Loading...

Mengerikan! Ini Kutu yang Suka Menghisap darah Kita Saat Tidur dan Cara Mengatasinya

Pernahkah Anda merasa tidak nyenyak tidur, karena tiba-tiba badan terasa gatal dan bentol-bentol? Rasa gatal tersebut bisa jadi akibat gigitan kutu busuk/kutu kasur atau yang lebih dikenal dengan nama tinggi. Hewan berwarna merah tua agak kehitaman yang memiliki bau sangat busuk ini biasa gerilya di malam hari, terutama saat gelap. Sama halnya dengan nyamuk dan kutu lainnya, kutu busuk atau tinggi ini juga menghisap darah kita. Meski kecil, namun keberadaan kutu kasur/tinggi di ranjang tidak bisa disepelekan, karena perkembangbiakan hewan satu ini sangat cepat. Setiap hari, kutu busuk dewasa bisa menghasilkan 5-10 telur setiap harinya. Bisa dibayangkan jika Anda tidak segera mengatasinya, maka tempat tidur Anda yang nyaman bisa jadi tempat yang paling menyiksa. 

Cara mengatasi kutu busuk dengan cara alami

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kutu busuk/tinggi ini, diantaranya :

1.    Melepas sprei, selimut, sarung bantal dan guling

Jika Anda mendapati ruang tidur Anda menjadi sarang kutu busuk, segera lakukan langkah berikut ini : lepas sprei, sarung bantal/guling dan selimut lalu cuci hingga bersih. Jika perlu, Anda bisa mencampurkan sabun antibakteri.

2.    Jemur kasur dan bantal

Menjemur kasur dan bantal bisa dilakukan untuk mengusir kutu busuk. Jangan lupa semprotkan cairan cuka pada lipatan kasur atau bantal. Hal ini dilakukan agar kutu busuk menjauh dan telurnya juga mati.

3.    Gunakan minyak tanah

Selain cairan cuka, Anda bisa memanfaatkan minyak tanah untuk mematikan kutu busuk hingga telurnya. Caranya cukup gunakan balurkan minyak tanah menggunakan kuas di tempat persembunyian kutu busuk. Setelah itu, jemurkah hingga kering atau gunakan hair dryer untuk mengeringkannya.

4.    Larutan tembakau

Tembakau memiliki aroma yang menyengat dan tentunya rasa yang tidak disukai tinggi/kutu busuk, karenanya Anda bisa memanfaatkannya untuk mengusirnya. Caranya : cukup campurkan tembakau dnegan air, diamkan hingga larut dan kocok-kocok, lalu semprotkan pada tempat persembunyian tinggi atau gunakan sikat untuk menggosok pada kasur. Dijamin kutu busuk akan mati hingga telurnya.

5.    Kapur anti serangga

Selain cara diatas, Anda bisa memanfaatkan kapur anti serangga untuk mengusir kutu busuk. Caranya cukup mencoret di lokasi tempat persembunyian kutu, dijamin kutu dan telurnya akan mati.

6.    Selalu jaga kebersihan tempat tidur

Agar kutu busuk tidak kembali mengganggu kenyamanan tidur Anda, pastikan Anda rajin menjaga kebersihan kamar tidur, dari mulai mengganti sprei, sarung bantal dan menjemur kasur.
Dengan tips dan cara cerdas diatas, dijamin tempat tidur Anda akan terhindar dari serangan kutu busuk dan tidur jadi nyaman sepanjang malam.



Loading...
Previous
Next Post »
loading...