Tidak Tega Bangunkan Anak Shalat Subuh? Baca Tips dan Triknya Yuk!

Apa yang terlintas dalam benak Anda ketika melihat buah hati tercinta yang tertidur pulas, padahal sudah masuk waktu subuh? Tidak tega membangunkan dan membiarkan mereka menikmati tidurnya atau tetap membangunkannya dengan sabar? Kebanyakan orang tua pasti merasa tidak tega jika harus memaksa anak bangun di waktu subuh, bahkan mereka cenderung  memaklumi, toh buah hatinya juga masih anak-anak. Padahal dalam islam, anak usia 7 tahun sudah harus mulai diajarkan shalat 5 waktu. Hal itu sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits, yang artinya :

Rasulullah Shallallohu 'Alaihi Wa Sallam bersabda, “Perintahkanlah anak-anak kalian untuk mengerjakan shalat ketika mereka berusia tujuh tahun, dan pukullah mereka bila pada usia sepuluh tahun tidak mengerjakan shalat, serta pisahkanlah mereka di tempat tidurnya.” (HR. Abu Dawud).
Nah, jika Rasulullah saja sudah perintahkan, masihkah para orang tua merasa tidak tega atau kasihan saat membangunkan anak shalat subuh? 

Tips agar anak mudah bangun untuk shalat subuh

Membuat anak bangun di pagi hari untuk shalat subuh tidaklah mudah, kecuali anak sudah memahami dan mencintai shalat. Jika Anda merasa kesulitan membangunkan anak untuk shalat subuh, sebaiknya simak tips dari saya, berikut ini :

1.    Menjelaskan pada anak tentang manfaat shalat

Tapi bagaimana agar anak kita bisa mencintai shalat? Tentu dengan kita mengenalkan pada anak apa itu shalat, pentingnya shalat dan semua tentang shalat. Orang tua bisa mengenalkan tentang shalat dengan beberapa cara, misalnya : membelikan buku anak tentang shalat, membelikan kaset CD tentang shalat, melihat youtube, dan lainnya.
Buku Muslim Kids Love Shalat

2.    Jelaskan tentang keutamaan shalat subuh

Shalat subuh termasuk shalat yang sangat istimewa, karena ada banyak keutamaan didalamnya, salah satunya : disaksikan malaikat.
 “…Dan (dirikanlah pula salat) subuh. Sesungguhnya salat subuh itu disaksikan oleh malaikat”. (Surat Al-Isra’: 78 )

3.    Biasakan anak tidur tepat waktu

Agar anak mudah bangun waktu subuh, pastikan orang tua membiasakan anak tidur setelah isya’. Tidur tepat waktu membuat anak mudah dibangunkan pada waktu subuh.
Diriwayatkan dari Abdullah bin Mas’ud ra. ia berkata: “Nabi SAW selalu melarang kami berbincang-bincang setelah Isya’.” (HR. Ahmad)

4.    Bisikan ajaib

Bisikan ajaib para bunda umumnya akan selalu didengar dan diterapkan oleh anak-anak. Karena itu, jangan lupa ucapkan bisikan ajaib menjelang tidur, misalnya : “anak ganteng/cantik, jangan lupa bangun shalat subuh yaa!”, “Anak pintar pasti tidak pernah telat shalat subuh, jangan lupa yaa!”, “shalat subuh banyak pahalanya loh, nanti segera bangun ya saat Bunda bangunkan!”, dan lainnya.

5.    Berikan reward

Agar anak semakin semangat shalat subuh, tidak ada salahnya orang tua memberikan reward atau pujian pada anak. Tapi tetap tekankan pada anak agar melaksananakan shalat bukan semata karena reward, tapi karena Allah SWT.

6.    Berikan hukuman

Selain memberi reward, orang tua juga wajib memberi hukuman jika anak tidak disiplin dalam menjaga shalat subuhnya. Hukuman yang diberikan pada anak tentu bukan hukuman yang menyakitkan, tapi hukuman yang membuat anak lebih bisa bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri, orang tuanya juga kepada Allah SWT. 

7.    Doakan

Yang tetap harus dilakukan oleh orang tua adalah mendoakan anaknya kapan saja, terutama jika susaah sekali dibangunkan shalat subuh. Doa bisa mengubah semuanya, karena itu jangan pernah putus untuk mendoakan anak-anaknya.
Semoga tips dan trik ala saya diatas dapat bermanfaat bagi para orang tua dimanapun berada dan semoga anak-anak kita menjadi anak yang senantiasa mencintai shalat, apapun kondisinya. Amiin…


Loading...
Previous
Next Post »
loading...