Loading...

Tujuh Cara Agar Terhindar Dari Penyakit Diabetes

Penyakit diabetes atau kencing manis termasuk satu penyakit yang berbahaya, karena sangat sulit disembuhkan. Sulit disini bukan berarti tidak bisa disembuhkan, namun sangat sulit untuk bisa sembuh total. Bahkan banyak yang menyebutkan jika penyakit diabetes ini termasuk satu penyakit yang permanen. Karena ketika seseorang divonis diabetes, maka yang bisa dilakukan hanyalah menangani dan mengontrol agar kadar gula tetap dalam kondisi normal sehingga tidak menyebabkan komplikasi penyakit yang lebih berat. Menyadari bahayanya tersebut, sudah seharusnya kita berusaha melakukan upaya pencegahan terhadap penyakit diabetes.
Kira-kira upaya apa yang bisa kita lakukan untuk mencegah penyakit diabetes? Agar lebih jelasnya, simak Tujuh Cara Agar Terhindar Dari Penyakit Diabetes, berikut ini :

1.     Kenali factor risiko pada diri Anda

Ada dua golongan yang memiliki factor risiko diabetes, dengan mengenalinya niscaya Anda akan tahu bagaimana langkah yang harus diambil untuk mengatasinya. Faktor risiko yang tidak dapat dimodifikasi (genetic, usia diatas 45 tahun, berat badan saat lahir > 4 kg, atau < 2,5 kg), dan factor yang bisa dimodifikasi (obesitas, kurang beraktivitas fisik, menderita hipertensi, kolesterol, pola makan tidak sehat, mengalami PCOS). Jika Anda memiliki factor risiko sebagaimana disebutkan, sebaiknya mulai rutin untuk memeriksa kadar gula darah ke dokter.

2.    Memahami gejala awal penyakit diabetes

Setiap terjadi perubahan pada tubuh, pasti akan diiringi gejala yang bisa dilihat atau bisa dirasakan oleh penderita. Demikian pula dengan penyakit diabetes yang ketika muncul, maka akan menimbulkan beberapa gejala, antara lain : selalu haus (polidipsi), selalu lapas (poliphagi), sering kencing (poliuri) dan badan gampang lemas serta berat badan turun drastic meskipun banyak makan/minum. Jika Anda mengalami gejala tersebut, pastikan segera control kadar gula darah Anda dan rutin periksa ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

3.     Rutin konsultasi ke dokter

Menyepelekan diabetes hanya akan berisiko sebabkan komplikasi penyakit yang lebih serius, seperti : gagal ginjal, jantung, stroke dan lainnya. Karena itu, jadwalkan untuk rutin control kesehatan ke dokter. Tidak perlu menunggu datangnya keluhan atau gangguan, baru periksa ya!

4.    Lakukan olahraga secara teratur

Olahraga termasuk satu cara untuk mencegah diabetes. Dengan olahraga, maka Anda bisa terhindar dari obesitas, sirkulasi darah lancar, menjaga kadar gula darah, dan masih banyak keuntungan lainnya yang bisa Anda dapatkan.

5.    Segera jauhi kebiasaan tidak sehat

Ada beberapa kebiasaan tidak sehat yang memicu penyakit diabetes, diantaranya : minuman keras, mer0k0k, junk food, dan kebiasaan lainnya.

6.    Jaga pola makan yang sehat

Menjaga asupan makanan yang sehat dan seimbang merupakan cara tepat agar terhindar dari penyakit diabetes.

7.    Kelola stress dengan bijak

Stres termasuk salah satu pemicu meningkatkan kadar gula darah, resistensi insulin, meningkatkan berat badan dan juga meningkatkan peradangan yang kesemua hal tersebut menjadi penyebab diabetes. Karena itu, untuk menghindari diabetes, pastikan kelola stress dengan baik yaa!
Semoga informasi yang berjudul Tujuh Cara Agar Terhindar Dari Penyakit Diabetes diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.



Tags : Cara Hindari Diabetes, Cegah penyakit Diabetes, Bahaya Diabetes, Faktor risiko diabetes, orang yang berisiko diabetes, gejala awal diabetes

Loading...
Previous
Next Post »
loading...