Loading...

Batuk Kering Pada Anak? Atasi dengan Bahan-bahan Alami di Dapur Anda

Orang tua mana sich yang tidak pusing tujuh keliling saat melihat buah hatinya sakit? Salah satu penyakit yang kerap menyerang anak-anak adalah batuk. Sebenarnya batuk bukanlah penyakit, tapi dia merupakan cara tubuh untuk membersihkan saluran udara dengan usaha mengeluarkan zat berbahaya melalui batuk. Meski sepele, namun batuk bisa mengganggu kenyamanan anak, bahkan bisa membuat berat badannya turun drastis. Bagaimana tidak, saat batuk anak-anak cenderung susah makan sehingga akan berbahaya jika dibiarkan berarut-larut. Salah satu jenis batuk yang sangat menyiksa anak-anak adalah batuk kering. Mengobati batuk kering tidak harus dengan obat-obatan, karena kita bisa mengatasinya dengan rempah-rempah alami yang ada di dapur.

Penyebab batuk kering

Batuk kering umumnya disebabkan oleh alergi akibat perubahan cuaca, polusi, menghirup debu, bahan kimia rumah tangga, dan asap r0k0k. Penyebab batuk kering yang berat lainnya, antara lain : asma, batuk rejan, laringitis, bronkitis, radang paru-paru, tumor, infeksi paru-paru dan radang tenggorokan.

Ciri-ciri batuk kering

Batuk kering bisa dikenali dari cara batuknya, yakni : batuk terus menerus, kadang tanpa putus karena merasakan ada sesuatu yang mengganggu di tenggorokan. Batuk kering tidak memiliki dahak, sehingga kadang terasa lebih menyakitkan bagi anak.

Cara Mengobati batu kering dengan bahan alami

Meski saat ini sudah banyak obat batuk segala merk di apotik, namun alangkah baiknya jika kita mencoba mengatasinya dengan bahan-bahan alami. Seperti yang kita tahu bahwa tidak semua penyakit mengharuskan kita minum obat-obatan kimia, karena efeknya tentu kurang bagus untuk tubuh. Beberapa bahan alami yang bisa kita manfaatkan untuk mengatasi batuk kering pada anak, antara lain :

Jahe

Jahe memberi efek menghangatkan tenggorokan sekaligus meringankan batuk kering. Caranya sangat mudah, cukup iris jahe tipis-tipis, lalu rebus hingga mendidih. Tambahkan madu dan minumkan secara rutin pada anak.

Lemon madu

Madu dan lemon merupakan perpaduan yang ampuh menghalau virus penyebab batuk dan melegakan tenggorokan. Caranya cukup mudah, yakni memeras air lemon, lalu mencampurkan dengan madu secukupnya. Berikan pada anak secara rutin agar batuknya mereda.

Kunyit

Kunyit mengandung khasiat sebagai penyembuh beberapa penyakit, termasuk batuk. Anda bisa mencampurkan kunyit dan lada, lalu rebus hingga mendidih. Tambahkan madu dan minumkan pada anak secara rutin, niscaya derita batuk kering akan menghilang.

Bawang merah

Air perasan bawang merah dengan madu juga membantu meringankan derita batuk kering pada anak loh.

Bawang putih

Selain bawang merah, Bawang putih yang memiliki sifat antibakteri ini juga ampuh mengobati batuk kering. Caranya cukup rebus bawang putih dan daun oregano hingga mendidih. Lalu tambahkan madu dan minumkan pada anak secara rutin agar batuknya sembuh.
Selain cara diatas, jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan tubuh anak dengan cara memperbanyak minum air putih, mengonsumsi makanan sehat, menjauhkan dari beberapa penyebab batuk (debu, asap r0k0k, polusi kendaraan, dan lainnya). Semoga cara alami untuk mengatasi batuk kering pada anak diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.


Loading...
Previous
Next Post »
loading...