Loading...

Ini Keistimewaan Al-Qur’an yang Wajib Anda Tahu

Anda semua tentu sudah mendengar berita tentang salah satu pejabat penting di Jakarta yang membawa surat Al Maidah : 51 dalam pidatonya, bukan? Ya, lantaran kata-kata kasar tersebut, alhamdulillah akhirnya umat islam mulai mencair dan menyatu serta melebur bersama. Para dai, para ulama, pimpinan organisasi ini itu, kelompok tertentu mulai tidak peduli dengan bendera mereka masing-masing, semuanya tumpah ruah di jalanan ibu kota Jakarta. Mereka tak lagi peduli apapun, yang jelas mereka bersatu menyuarakan kebenaran, membela Al Haq, memuliakan Kitabullah, dan membela kehormatan para Ulama. Masya Allah.. betapa selama ini, umat islam sangat susah disatukan hanya karena perbedaan prinsip atau apalah, namun karena masalah satu surat dalam Al Quran ini, Allah mempersatukan semuanya. Alhamdulillah..  

Jangan Membenci Sesuatu berlebihan

Benci, kesal, dan marah sudah pasti ada dalam hati Umat Islam karena ulah sang Pejabat tersebut, namun kita tetaplah harus bersyukur dan berterima kasih atas kejadian ini, kenapa?
“Bisa jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan bisa jadi kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.”(QS. Al Baqarah: 216)
Kita membenci cara Bapak pejabat yang memelintir ayat Al Quran, namun ternyata itu merupakan cara Allah Subhanallahu Wa taala untuk menyatukan umat islam. Allahu Akbar.. Inilah salah satu keajaiban dari Al Quran, bahwa hanya lantaran 1 ayat yang mungkin akan dipelintir maknanya, maka Allah justru memberikan pemahaman pada hati seluruh umat islam di Indonesia. Kenyataan ini membuat kita semakin yakin bahwa kalamullah yang diturunkan kepada Rasul kita Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam ini akan tetap terjaga sampai kapanpun.

Pahami Keistimewaan Al Quran Yuk...

Jika selama ini Anda hanya menyimpan Al Quran dalam lemari atau rak buku, yuk mulai akrabkan dirimu dengan Al Quran. Baca, pelajari maknanya, hafalkan dan terapkan isinya karena Al Quran adalah pedoman hidup kita, penolong kita dan yang akan memberikan syafaat bagi kita di akhirat. Agar kita semakin mantab lagi, simak beberapa keistimewaan Al Quran, berikut ini :

1.    Membacanya bernilai Ibadah

Barangsiapa yang membaca satu huruf dari al-Qur’an maka baginya satu kebaikan dan setiap kebaikan dilipatgandakan menjadi sepuluh kali lipat. Saya tidak mengatakan الــم ialah satu huruf, akan tetapi ا satu huruf, ل satu huruf dan م satu huruf. [HR. Bukhari].

2.    Merupakan salah satu syarat sahnya shalat

Tidak akan sah shalat seseorang kecuali dengan membaca sebagian ayat al-Qur’an (yaitu surat Al-Fatihah-Red). Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.
 “Tidak ada shalat bagi orang yang tidak membaca surat al-Fatihah”. [HR. Bukhari-Muslim]

3.    Al-Qur’an akan terpelihara dari tahrif (perubahan) dan tabdil (penggantian)

 “Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan al-Qur’an dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya”. [al-Hijr:9]

4.     Al-Qur’an terjaga dari pertentangan/kontrakdiksi (

“Maka apakah mereka tidak memperhatikan Alquran? Kalau kiranya Alquran itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapatkan pertentangan yang banyak di dalamnya”. [an-Nisa’: 82]

5.    Al-Qur’an mudah dihafalkan

 “Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan al-Qur’an untuk pelajaran”. [al-Qamar: 32]

6.    Al-Qur’an merupakan mu’jizat yang tidak ada tandingannya

 “Atau (patutkah) mereka mengatakan: “Muhammad membuat-buatnya”. Katakanlah: “(Kalau benar yang kamu katakan itu), maka cobalah datangkan sebuah surat seumpamanya … “. [Yunus: 38]

7.    Membaca Al-Qur’an mendatangkan ketenangan dan rahmat

“Tidaklah berkumpul suatu kaum dalam suatu majlis kecuali turun pada mereka ketenangan dan diliputi oleh rahmat dan dikerumuni oleh malaikat dan Allah akan menyebutkan mereka di hadapan para malaikatnya”. [HR. Muslim].

8.    Al-Qur’an sebagai obat penawar penyakit

“Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Rabbmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman”. [Yunus :57]

9.    Al-Qur’an akan memintakan syafa’at kepada Allah

“Bacalah al-Qur’an, karena sesungguhnya ia akan datang di hari kiamat memohonkan syafa’at bagi orang yang membacanya (di dunia)”. [HR. Muslim].

10.    Al-Qur’an sebagai hakim atas kitab-kitab sebelumnya

 “Dan Kami telah turunkan kepadamu Alquran dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang sebelumnya, yaitu kitab-kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan batu ujian terhadap kitab-kitab yang lain itu”. [al-Maidah: 48]

11.    Apa yang disampaikan Al-Qur’an pasti benar dan hukumnya adil

 “Telah sempurnalah kalimat Rabbmu (al-Qur’an), sebagai kalimat yang benar dan adil. Tidak ada yang dapat merobah-robah kalimat-kalimat-Nya” [al-An-‘aam: 115].

12.    Di dalam al-Qur’an terdapat kisah-kisah yang nyata dan bukan hayalan semata

 “Sesungguhnya ini adalah kisah yang benar”. [ali-Imran: 62]

13.    Al-Qur’an memberikan tuntunan tentang semua kebutuhan hidup manusia

 “Tiadalah Kami lupakan sesuatu apapun di dalam Al-Kitab”. [al-An’aam: 38]
Selain keistimewaan yang disebutkan diatas, masih banyak keistimewaan lainnya dari Al Quran yang mungkin belum kita sebutkan disini. Semoga kita dan keluarga tercinta menjadi orang-orang yang Allah Subhanallahu Wa taala anugerahkan pemahaman dan rasa cinta yang luar biasa pada Al Quran. Amiin Ya Rabb….

Loading...
Previous
Next Post »
loading...