7 Cara Mudah Agar Hidup Bebas Utang

Siapa sich yang ingin terlilit hutang terus selama hidupnya? Utang membuat hidup tidak tenang, karena kita terus dibayangi kecemasan dan ketakutan selama utang belum terlunasi. Meski sudah tahu risikonya, namun sayangnya masih saja banyak orang yang memutuskan untuk berhutang demi memiliki sesuatu yang diinginkannya, misalnya : rumah, mobil, barang elektronik, motor, dan lain sebagainya. Hal itu menjadi semakin mudah, karena saat ini banyak sekali perusahaan yang memfasilitasi masyarakat untuk berhutang.

Sebenarnya berhutang bukanlah hal yang salah, asalkan caranya sesuai syariat islam atau tidak terdapat unsur ribawi. Selain itu, agar hutang tidak memberatkan keuangan Anda, pastikan jumlah hutang tidak lebih besar dari pada penghasilan yang Anda miliki. Sebaliknya jika Anda nekat berhutang dengan cara yang melanggar syariat atau mengandung unsur ribawi, maka sudah bisa dipastikan jika Anda akan mengalami banyak kesusahan akibat bunga yang mencekik dan cicilan yang jatuhnya lebih besar dibandingkan jumlah hutangnya. Nah, mengingat beratnya hidup terlilit hutang, sebaiknya kita memahami betul bagaimana cara mudah agar terbebas dari hutang, diantaranya :

•    Ubah gaya hidup Anda

Hampir semua orang pasti ingin terlihat “wow” di depan orang lain. Perasaan itulah yang mendorong orang untuk berlomba-lomba menjadi yang terbaik dan terhebat.  Sayangnya demi terlihat “Wow”, orang rela menempuh jalan salah yakni nekat berhutang. Tanda disadari, impiannya yang diluar kemampuan membuatnya terjerat dalam hutang yang tak berkesudahan.

•    Mengatur pengeluaran dengan bijak

Besar pasak daripada tiang artinya besar pengeluaran dibandingkan penghasilan. Jika hal ini terjadi, maka bukan tidak mungkin jika hidup Anda akan terus berada dalam jeratan hutang. Atus pengeluaran dengan cermat dan bijak agar Anda tidak merugi di kemudian hari. Utamakan membeli kebutuhan dan bukan keinginan agar pengeluaran menjadi lebih efektif.

•    Jangan jadikan utang sebagai solusi

Cara termudah agar terbebas dari utang ya jangan berhutang. Jadi apapun yang terjadi, pastikan jangan menjadikan utang sebagai solusi. Lebih baik berhemat tingkat tinggi dari pada harus berhutang.

•    Berhemat

Hemat itu pangkal kaya, merupakan pepatah yang wajib diterapkan dalam hidup. Jadi meski kita tengah banyak uang, pastikan jangan foya-foya karena kita tidak tahu datangnya ujian kesempitan/kekurangan yang akan datang sewaktu-waktu. Kebiasaan berhemat membuat Anda memiliki kelebihan uang yang bisa ditabung untuk persediaan saat dibutuhkan.

•    Biasakan menabung

Menyisihkan sebagian penghasilan untuk ditabung sangatlah wajib untuk mengantisipasi biaya-biaya yang tak terduga, misalnya : tiba-tiba sakit, keluarga ada yang meninggal, biaya anak sekolah, dan lainnya.

•    Banyak berdoa

Berdoa bisa mengubah hidup Anda menjadi lebi baik. Karena itu, selain usaha, pastikan jangan pernah lupa untuk berdoa agar senantiasa terbebas dari jerat utang yang menyengsarakan. Berdoalah dengan penuh kesungguhan, agar Allah akan memberikan pertolongan.

Doa agar segera terbebas dari utang

"Telah diceritakan dari Zuhair bin Harb, telah diceritakan dari Jarir, dari Suhail, ia berkata, “Abu Shalih telah memerintahkan kepada kami bila salah seorang di antara kami hendak tidur, hendaklah berbaring di sisi kanan kemudian mengucapkan, 
Allahumma robbas-samaawaatis sab’i wa robbal ‘arsyil ‘azhiim, robbanaa wa robba kulli syai-in, faaliqol habbi wan-nawaa wa munzilat-tawrooti wal injiil wal furqoon. A’udzu bika min syarri kulli syai-in anta aakhidzum binaa-shiyatih. Allahumma antal awwalu falaysa qoblaka syai-un wa antal aakhiru falaysa ba’daka syai-un, wa antazh zhoohiru fa laysa fawqoka syai-un, wa antal baathinu falaysa duunaka syai-un, iqdhi ‘annad-dainaa wa aghninaa minal faqri.
Artinya: “Ya Allah, Rabb yang menguasai langit yang tujuh, Rabb yang menguasai ‘Arsy yang agung, Rabb kami dan Rabb segala sesuatu. Rabb yang membelah butir tumbuh-tumbuhan dan biji buah, Rabb yang menurunkan kitab Taurat, Injil dan Furqan (Al-Qur’an). Aku berlindung kepadaMu dari kejahatan segala sesuatu yang Engkau memegang ubun-ubunnya (semua makhluk atas kuasa Allah). Ya Allah, Engkau-lah yang awal, sebelum-Mu tidak ada sesuatu. Engkaulah yang terakhir, setelahMu tidak ada sesuatu. Engkau-lah yang lahir, tidak ada sesuatu di atasMu. Engkau-lah yang Batin, tidak ada sesuatu yang luput dari-Mu. Lunasilah utang kami dan berilah kami kekayaan (kecukupan) hingga terlepas dari kefakiran.” (HR. Muslim no. 2713)

•    Perbanyak bersedekah

Meski kondisi Anda pas-pasan, tapi jangan pernah lupa untuk bersedekah karena sedekah bisa membantu melancarkan rejeki.
Jika Memang terpaksa berhutang, maka pastikan simak cara berikut agar segera terbebas dari hutang :

•    Hindari membayar utang dengan cara Berhutang

Jika Anda memiliki utang, pastikan untuk hidup lebih hemat lagi agar penghasilan Anda cukup untuk membayar hutang. Jangan sampai membayar utang dengan uang hasil utang, karena justru cara itu yang membuat Anda sulit terbebas dari utang.

•    Carilah penghasilan tambahan

Jika Anda memiliki waktu luang, tidak ada salahnya mencari penghasilan tambahan agar uang segera terlunasi. Tapi tetap saja Anda wajib menjaga kesehatan tubuh, jangan sampai kelelahan membuat Anda sakit. Karena sakit hanya akan menambah pengeluaran yang mempersulit kondisi Anda.

•    Bayar hutang tepat waktu

Bayar hutang tepat pada waktunya, karena menunda bayar utang hanya membuat Anda harus bayar denda. Daripada buat bayar denda, bukannya lebih baik untuk memenuhi kebutuhan Anda?
Meski tak mudah untuk menghindari utang, namun semoga tujuh cara mudah agar hidup bebas utang diatas bisa membuat kualitas hidup kita menjadi lebih baik lagi.


Loading...
Previous
Next Post »
loading...