Amalan-Amalan Ringan yang Dianjurkan Setiap Malam Jumat

Ada yang bilang jika malam jumat adalah malam keramat yang artinya suci atau mulia. Hal itu disebabkan didalamnya terdapat keutamaan dibandingkan malam-malam yang lainnya. Bahkan dalam islam, ada amalan-amalan tertentu yang disyarankan untuk dilakukan setiap malam jumat. Ingin tahu, apa sajakah amalan-amalan tersebut? Simak informasinya berikut ini :

1.    Membaca Surat Al-Kahfi

Membaca surat al kahfi setiap malam jumat sangat dianjurkan, karena dapat mendatangkan manfaat yang luar biasa, diantaranya sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits yang artinya :
•    Terhindar dari fitnah dan bahaya yang ditimbulkan Dajjal
“Barang siapa membaca Surah Al Kahfi pada hari Jum’at, maka Dajjal tidak bisa memudharatkannya,” (HR-Dailami).
•    Dipancarkan cahaya untuknya
"Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada malam Jum’at, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul 'atiq." (HR Al-Hakim) 
•    Mendapatkan cahaya antara langit dna bumi
 “Siapa yang membaca dari Surah Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya dan siapa yang membaca keseluruhannya, maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi,” (HR Ahmad)

2.    Memperbanyak bacaan shalawat

Amalan lain yang dianjurkan dibaca setiap malam jumat adalah memperbanyak baca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW.  Adapun manfaatnya, yakni :
•    Mendapatkan safaat Rasulullah
Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya orang yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali. Lalu, mintalah kepada Allah wasilah untukku karena wasilah adalah sebuat tempat di surga yang tidak akan dikaruniakan, melainkan kepada salah satu hamba Allah. Dan, aku berharap bahwa akulah hamba tersebut. Barang siapa memohon untukku wasilah, maka ia akan meraih syafaat." (HR Muslim).
•    Membuat doa cepat terkabulkan
"Setiap doa akan terhalang (untuk dikabulkan) hingga dibacakan shalawat kepada Muhammad dan keluarganya." (HR Thabrani).
•    Mendatangkan pahala berlipat.
Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali." (HR Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, dan Nasa’i).
•    Ditinggikan derajatnya
Pada suatu pagi Rasulullah tampak bahagia seperti terlihat dari kecerahan wajahnya. Para sahabat bertanya, "Ya Rasulullah, pagi ini Engkau tampak bahagia seperti terlihat dari kecerahan wajahmu." Beliau bersabda, "Memang benar. Semalam aku ditemui oleh seorang utusan Tuhanku Yang Mahaagung. Dia berkata, 'Barang siapa di antara umatmu yang bershalawat kepadamu sekali, maka Allah menuliskan baginya sepuluh kebaikan, menghapuskan dari dirinya sepuluh keburukan, meninggikannya sebanyak sepuluh derajat, dan mengembalikan kepadanya sepuluh derajat pula'." (HR Ahmad).
•    Dikumpulkan di surga bersama Nabi
Rasulullah SAW bersabda, "Manusia yang paling berhak bersamaku pada hari kiamat ialah yang paling banyak membaca shalawat kepadaku." (HR Tirmidzi).

3.    Banyak berdoa

Malam jumat termasuk waktu yang mustajabah sehingga sangat disarankan bagi kita untuk banyak berdoa agar doa diijabah oleh Allah.
Betapa besarnya manfaat yang bisa kita peroleh dari amalan-amalan ringan setiap malam jumat. Semoga Allah ringankan dan mudahkan kita untuk istiqamah menjalankannya. Aamiin Ya Rabb…


Loading...
Previous
Next Post »
loading...