Batuk Membandel? Hindari 7 Makanan Ini agar Batuk Cepat Sembuh

Batuk membuat aktivitas Anda terganggu? Batuk bisa menimpa siapapun tanpa peduli usia. Penyebab batuk juga sangat beragam, dari mulai flu, alergi, asap ro0k0k, makanan, polusi dan lain sebagainya. Apapun jenis batuknya tetaplah menyiksa, apalagi batuk butuh waktu lama untuk bisa sembuh total. Selain perlu mengonsumsi obat yang membantu meredakan batuk, kita juga wajib menghindari beberapa jenis makanan tertentu agar batuknya bisa cepat sembuh. Sayangnya tidak semua orang tahu, apa sajakah makanan yang sebaiknya dihindari saat batuk. Akibatnya, mereka tetap mengonsumsi makanan/minuman yang ternyata dapat memperparah kondisinya.

Nah, agar tidak salah makan/minum saat batuk, sebaiknya simak informasi tentang 7 makanan yang sebaiknya dihindari saat batuk, berikut ini :

1.    Gorengan

Gorengan adalah makanan pertama yang wajib dihindari selama batuk, karena kandungan minyaknya berlebihan sehingga justru memperparah kondisi Anda.

2.    Susu

Batuk disertai lendir memang snagat menyiksa, oleh karen itu hindari makanan atau minuman yang memicu munculnya lendir, salah satunya : susu dan produk olahannya. Protein dalam susu dapat memicu kelebihan produksi lendir di usus, saluran pernafasan, seperti paru-paru dan tenggorokan.

3.    Buah-buahan tertentu

Ada beberapa jenis buah-buahan yang dapat sebabkan acid reflux yang berpotensi memperparah kondisi tenggorokan dan memicu batuk lebih berat. Diantara jenis buah-buahan tersebut, antara lain : Buah Mangga, Pisang, dan Jeruk. Sebaiknya saat batuk mengonsumsi buah-buahan yang tinggi kadar airnya, seperti : semangka, pir, melon dan lainnya.

4.    Kafein

Dibandingkan minuman berkafein, minum air putih atau jus jauh lebih baik dikonsumsi saat batuk. Minuman kafein (seperti : kopi, teh, cokelat, minuman bersoda) mengandung sifat diuretk sehingga memicu dehidrasi tubuh dan memperparah kondisi batuk Anda.

5.    makanan asam

Makanan asam saat batuk juga harus dihindari, karena dapat sebbakan rasa gatal di tenggorokan sehingga membuat kondisi kesehatan Anda menjadi kurang nyaman.

6.    Makanan Pedas

Mengonsumsi makanan pedas saat batus terasa menyegarkan, namun tahukah Anda jika makanan pedas dapat mengiritasi tenggorokan sehingga batuk akan semakin parah.

7.    Makanan kering

Makanan kering, seperti kerupuk, keripik, snack, kacang-kacangan dapat memperparah kondisi tenggorokan Anda. Oleh karena itu sudha selayaknya dihindari sementara hingga batuk Anda sembuh.
Selektif memilih makanan yang akan dikonsumsi tidak hanya mempercepat penyembuhan batuk, tapi juga membuat Anda terhindar dari risiko penyakit yang lebih parah lagi. Semoga bermanfaat yaa!


Loading...
Previous
Next Post »
loading...