Loading...

Memakai Celak Mata itu Sunnah, Ini Manfaatnya

Anda suka memakai celak mata? Celak mata sering dipakai para wanita dan juga pria, karena bisa membantu memperindah tampilan mata. Tahukah Anda jika ternyata mengenakan celak mata merupakan salah satu sunnah yang banyak manfaatnya. Bahkan Rasulullah sendiri juga menggunakan celak yang berbahan itsmid yang asalnya dari daerah Persia. Celak tidak hanya bermanfaat memperindah mata, tapi penggunaan celak mata juga dapat mempertajam penglihatan hingga merangsang pertumbuhan bulu mata. 

Kapan dianjurkan memakai celak?

Memakai celak bisa kapan saja, namun dalam sebuah hadit disebutkan jika waktu yang tepat memakai celak adalah saat malam hari ketika hendak tidur.
Dari  Ibnu ‘Umar Radhiyallahu anhuma :  “Bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam senantiasa memakai celak dengan batu celak setiap malam sebelum beliau hendak tidur malam, beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam memakai celak pada kedua matanya sebanyak tiga kali go-resan.” [HR. Ibnu Majah no. 3497. Lihat Syamaa-il Muhammadiyyah hal. 44]
Memakai celak sesuai sunnah Rasulullah akan mendatangkan pahala dan pastinya mengandung manfaat yang luar biasa, diantaranya :

Mencerahkan mata dan menumbulkan bulu mata

"Bercelaklah kalian dengan itsmid, karena dia bisa mencerahkan mata dan menumbuhkan rambut." (HR. At Tirmidzi)

Bercelaklah dengan jumlah yang ganjil, yakni : mengoleskannya sebanyak tiga kali di mata kanan dan dua kali di mata kiri.

Sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnu Abbas: "Bahwasanya Nabi Muhammad SWA memiliki celak. Dia bercelak setiap malam 3 kali pada mata kanan dan dua kali pada mata sebelahnya." (HR. At Tirmidzi).

Menghilangkan kotoran dan menjernihkan pandangan

Dalam kitab Abu nu’aim disebutkan, “Sesungguhnya itsmid itu dapat menumbuhkan bulu mata, menghilangkan kotoran dan menjernihkan pandangan.” (dikeluarkan oleh Ath-Thabrani dn Ibnu Abi Ashim dari Ali, dan sanadnya hasan)

Menyelimuti kelopak mata

Menggunakan celak waktu tidur bermanfaat menyelimuti kelopak mata dan menenangkan mata serta memelihara kealaiannya.
Meski celak memiliki banyak manfaat, namun jangan lupa mmeilih celak yang baik, yakni : yang mudha melekat, bagian dalamnya halus dan tidak mengandung kotoran. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat yaa!


Loading...
Previous
Next Post »
loading...