Loading...

Mengenal Ciri-Ciri Jajanan Anak yang Tidak Sehat

Hampir semua anak pasti suka jajan, apalagi jika anak sudah sekolah, dimana umumnya ada banyak penjual makanan di sekitar sekolah. Sebenarnya anak jajan tidaklah dilarang, asalkan jajanan yang dibeli bersih dan menyehatkan. Namun jika asal jajan sembarangan, tentu dapat membahayakan kesehatannya. Apalagi saat ini ada banyak jajanan yang tidak ramah bagi kesehatan anak, misalnya : kurang higienis, mengandung bahan-bahan kimia berbahaya, dan lain sebagainya. Alangkah ruginya jika hanya karena mengonsumsi jajan yang salah, lantas anak kita harus mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk menghindari risiko tersebut, sudah selayaknya kita sebagai orang tua mulai menjelaskan cirri-ciri jajanan sehat pada anak. Tujuannya tentu agar anak lebih selektif lagi dalam memilih jajanan sehat. Kira-kira apa sajakah cirri-ciri jajanan sehat pada anak tersebut? Agar lebih jelasnya, simak informasinya berikut ini :

1.    Warna jajanan yang mencolok

Warna mencolok memang menarik perhatian anak, namun justru itu yang berbahaya karena warna mencolok menunjukkan jika jajanan tersebut mengandung pewarna tekstil, seperti Rhodamin B dan methanol yellow.

2.    Memiliki rasa yang tajam

Jajanan yang terlalu gurih, manis hingga terasa pahit juga perlu dicurigai karena bisa jadi mengandung bahan penyedap rasa atau pemanis yang berbahaya bagi kesehatan anak.

3.    Disimpan di tempat terbuka tanpa tutup

Jajanan yang sehat harus disimpan di tempat yang bersih dan terlindung dari debu, kotoran dan sentuhan lalat. Jadi, hindari membeli jajanan yang disimpan di tempat terbuka dan tidak ditutup sempurna ya!

4.    Bungkus makanan yang tidak berkualitas

Jajanan yang sehat berkualitas, tentu akan dibungkus dengan bungkus yang sehat pula. Karena itu, hindari membeli jajanan yang bungkusnya sembarangan, misalnya : Koran atau buku bekas.

5.    Bentuk, tekstur, dan baunya aneh

Jajanan lain yang perlu diwaspadai adalah yang memiliki bentuk aneh, misalnya : terlalu kenyal, gosong, teralu keras atau memiliki bau yang kurang sedap (busuk dan tengik).
Bentuk kewaspadaan saat memilih jajanan sehat untuk anak diatas diharapkan dapat mengurangi serangan penyakit pada anak, misalnya : muntah, diare, susah BAB, gangguan konsentrasi dan masalah kesehatan lainnya.


Loading...
Previous
Next Post »
loading...