Baca Surah Al Mulk Sebelum Tidur dan Dapatkan 5 Manfaat Dahsyatnya

Surah Al Mulk merupakan surah ke 67 dalam Al-Qur’an yang terdapat pada awal juz 29. Surah Al Mulk ini tergolong surah ‘makkiyah’ yang terdiri daripada 30 ayat. Dinamakan surah Al Mulk karana kata Al Mulk terdapat pada ayat pertama surah ini, yang artinya “kerajaan”. Kerajaan yang dibahas disini adalah mengenai kerajaan langit dan bumi milik Allah sebagai simbol ke-Maha Rajaan Allah Subhanallahu wa taala. Surah al Mulk ini juga bisa disebut sebagai ‘At Tabaarak’ yang artinya Maha Suci. Dalam surah ini digambarkan tentang kekuasaan Allah, kesempurnaan ciptaan Allah dengan penjagaan yang sempurna. Dan disebutkan pula bahwa Allah yang maha kuasa menciptakan dan mematikan sesuatu menurut kehendaknya. Tahukah Anda bahwa ada banyak manfaat dan keutamaan yang bisa Anda dapatkan dengan membaca surah Al Mulk. 

Bahkan Rasulullah shalallahu alaihi wasallam sendiri sangat memperhatikan dan tidak akan tidur sebelum membacanya. Nah, bagaimana dengan kita? Agar langkah kita makin ringan dalam menghafalkan dan istiqomah membacanya sebelum tidur, sebaiknya simak manfaat dan keutamaannya berikut ini :

1.    Diantara Surat yang Diperhatikan Nabi SAW

Dari Jabir bin Abdillah berkata, “Rasululullah tidak tidur pada malam hari sehingga dia membaca (Alif Laam Miim, Tanzil) dan (Tabaaraka Biyadihil Mulku).” (HR Tirmidzi).

2.    Mendapatkan pengampunan dosa

Dari Abu Huroiroh, Nabi -shollallohu alaihi wasallam- bersabda:  “Ada surat dari Alqur’an yang terdiri dari 30 ayat, Surat tersebut dapat memberikan syafa’at bagi ‘temannya’ (yakni orang yang banyak membacanya) sehingga orang tersebut diampuni dosanya, yaitu: Surat Tabarokalladi bi yadihil mulk“. (HR. Abu Dawud)
Disebutkan pula dalam hadits lain, yang artinya :
Anas bin Malik mengatakan, Rosululloh-shollallohu alaihi wasallam bersabda: “Ada surat dari Alqur’an, ia hanya terdiri dari 30 ayat, Surat tersebut dapat membela ‘temannya’ sehingga memasukkannya ke surga, yaitu: Surat Tabarok“. (HR. Thobaroni)

3.    Terhindar dari siksa kubur dan siksa neraka

Siapa sich yang tidak bahagia ketika dibebaskan dari pedihnya siksa kubur dan siksa neraka. Nah, dengan istiqomah membaca surat Al Mulk, kita akan mendapatkan manfaat tersebut.
Dari Abdulloh bin Mas’ud mengatakan: “Barangsiapa membaca surat Tabarokalladi bi yadihil mulk setiap malam, maka Alloh azza wajalla menghindarkannya dari adzab kubur, dan dahulu kami (para sahabat) di saat Rosululloh-shollallohu alaihi wasallam- (masih hidup) menamainya “al-Mani’ah” (penghindar/penghalang). "Sungguh surat tersebut ada dalam Kitabulloh, barangsiapa membacanya dalam suatu malam, maka ia telah banyak berbuat kebaikan” (HR. Nasa’i)

4.    Terhindar dari maksiat

Dengan memahami tafsir surat Al Mulk, maka mereka akan semakin memahami akan kebesaran Allah. Akibatnya mereka akan lebih taat pada Allah dan takut melakukan maksiat, baik secara sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan.
 “Mereka itu takut pada Allah di kesunyian ketika mereka tidak nampak di hadapan manusia lainnya.Mereka pun taat pada Allah dalam keadaan sembunyi-sembunyi. Tentu saja dalam keadaan terang-terangan, mereka pun lebih taat lagi pada Allah” ( QS Al Mulk : 12 )

5.    Memberikan syafaat

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Bacalah al qur’an, karena sesungguhnya bacaan al qur’an itu akan datang pada hari kiamat untuk memberi syafaat bagi orang-orang yang membacanya (sewaktu di dunia).” (HR. Muslim no. 804).
Setelah mengetahui besarnya fadhilah dari membaca surat Al Mulk ini, pastinya kita akan berusaha lebih semangat lagi, bukan? Semoga Allah mudahkan langkah kita untuk lebih istiqomah lagi membaca surah Al Mulk. Aamiin, Ya Rabb..


Baca artikel keren lainnya
Waspadai Tujuh Bahaya Wanita yang Hobi Berutang
Amalan-Amalan Ringan yang Dianjurkan Setiap Malam Jumat
Istri, Jangan Mengeluh karena Allah Berikan Balasan Indah Ini
Larangan Telat Membayar Gaji Karyawan dalam Islam
Benarkah Rumah Tusuk Sate Membawa Sial Bagi Penghuninya?

Loading...
Previous
Next Post »
loading...