Harga Cabai Mahal? Jangan Pusing, Siasati dengan Cara Cerdas Ini

Bagaimana perasaan Anda ketika mendengar kenaikan harga cabai saat ini? Sedih, biasa saja atau stress! Mahalnya harga cabai membuat pusing banyak orang, terutama bagi penyuka masakan pedas. Bagaimana tidak, mau tidak mau mereka harus rela membayar mahal untuk kecintaannya pada masakan pedas. Cabai mahal memang tidak menyenangkan, tapi jangan sampai hal itu membuat kita terlalu sedih atau putus asa. Apalagi hal itu bisa diatasi dengan banyak tips dan trik cerdas, yang diantaranya :

1.    Beli cabai di pasar

Banyak yang mengeluhkan harga cabai di warung atau di tukang sayur sangat mahal, bahkan bisa dihitung jari. Nah, untuk menyiasatinya Anda bisa membeli cabai di pasar karena tentu jauh lebih miring dibandingkan di pedagang sayur keliling.

2.    Membeli dalam jumlah besar

Jika Anda memang penggemar cabai, jangan membeli cabai eceran, tapi belilah dalam jumlah besar, mislanya 1 atau 2 kg. Karena seperti yang kita tahu membeli eceran jatuhnya jauh lebih mahal.

3.    Simpan cabai dengan cara yang tepat agar awet

Membeli cabai dalam jumlah besar tentu butuh penyimpanan dan pengolahan yang tepat agar awet dan tidak mudah busuk. Diantara cara cerdas menyimpan dan mengolah cabai, antara lain :
•    Dikukus lalu dibekukan
Mengukus dan membekukan cabai akan membuat cabai jauh lebih awet dan tahan lama. Jadi ketika membutuhkan, Anda tinggal mengambilnya dan menggunakannya untuk memasak.
•     Dikukus lalu dikeringkan (bubuk cabai)
Cara lain yang bisa dilakukan untuk menyimpan cabai agar awet adalah dnegan mengukus, lalu menjemurnya hingga kering. Setelah itu giling/blender cabai kering hingga halus (bubuk). Jadi ketika memasak, Anda bisa mencampurkan sesukanya. Beres khan?
•    Digiling lalu ditumis hingga matang (bumbu merah)
Menggiling/blender cabai hingga halus, lalu menumisnya hingga matang dan tanak akan membuat cabai lebih awet. Jadi ketika hendak dipakai, Anda tinggal mengambil secukupnya.

4.    Gunakan sambal instan

Meski pedasnya kurang melegakan, namun sambal instan juga bisa menjadi solusi hemat saat harga cabai meroket. Saat ini kita bisa membeli sambal instan pasta atau bubuk. Jadi enak dan tidak ribet membuatnya, bukan?
Dengan tips dan trik cerdas diatas, Anda pasti tidak akan pusing lagi dengan kenaikan harga cabai. Semoga tips sederhana diatas dapat bermanfaat bagi kita semua yaa!

Loading...
Previous
Next Post »
loading...