Loading...

Kaki Mulusmu Kena Knalpot? Lakukan Cara Ini agar Bekasnya Tidak Menghitam

Bagi para pengendara motor, kecelakaan kecil seringkali datang tanpa diundang, kondisi itulah yang membuat kita wajib mengantisipasinya. Terkena knalpot merupakan salah satu kecelakaan kecil yang kerap terjadi tanpa disengaja, entah itu terkena knalpot motor sendiri atau milik orang lain. Meski sepele, luka bakar akibat knalpot harus segera diatasi dengan benar agar tidak infeksi atau menimbulkan bekas yang menghitam. Bisa dibayangkan, betapa tidak menyenangkannya jika kaki mulus Anda harus bercorak gara-gara bekas luka kena knalpot. Agar terhindar dari bekar luka menghitam akibat knalpot, sebaiknya simak cara mengatasinya berikut ini :
sumber gambar : flickr.com
Yang akan terjadi ketika kena knalpot
•    Rasa panas seperti terbakar, perih dan tidak nyaman
•    Kondisi kulit akan memerah, menghitam atau bahkan mengelupas
•    Bengkak berair

Pertolongan Pertama saat kena knalpot

Agar tidak menimbulkan bekas luka menghitam, Anda harus segera melakukan penanganan yang tepat pada luka, diantaranya :

1.    Dinginkan luka

Seketika setelah kena knalpot, Anda bsia mendinginkan luka dengan mencuci luka dalam air kran yang mengalir. Jangan gosok luka dengan tangan atau alat apapun agar tidak menimbulkan infeksi. Jangan pula menambahkan bahan-bahan lainnya dalam air, cukup air biasa. Jika tidak ada, Anda bisa menggantikannya dengan gel lidah buaya atau pasta gigi.

2.    Sterilkan Luka

Setelah langkah pertama, Anda bisa mensterilkan lupa dengan cairan antiseptic. Lakukan secara hati-hati menggunakan kapas lembut agar tidak menyebabkan cedera.

3.    Oleskan salep Luka bakar Bioplacenton

Salep ini tidak hanya berfungsi mendinginkan luka bakar di kulit akibat knalpot, tapi juga ampuh mencegah bekas luka menghitam. Salep ini berfungsi sebagai anti biotik sekaligus obat untuk meregenerasi kulit. Harganya lumayan murah dan terjangkau dan Anda bisa mendapatkannya di apotik terdekat.

4.    Jika tidak ada salep, Anda bisa gunakan bahan alami ini

Jika Anda malas ke apotik untuk beli salep, maka alternative lain untuk merawat luka agar tidak menimbulkan bekas adalah dengan mengoleskan gel lidah buaya atau madu karena kandungan nutrisinya ampuh membantu memperbaiki jaringan kulit.

4.    Tutup Luka dengan Kain Kasa

Setelah diberikan salep, Anda bisa menutup luka dengan kain kasa steril agar tidak terpapar bakteri atau kuman. Jangan lupa untuk mengganti kasa 2 kali sehari, saat pagi dan sore.

5.    Hindari lakukan ini pada luka bakar

Luka bakar pada kulit seringkali membuat kita ingin memecahkannya atau menarik kulitnya. Padahal ini dapat memicu infeksi atau membuat penyembuhan berjalan lama bahkan bisa memperburuk jaringan luka. Biarkan lupa mengering dan lepas dengan sendirinya.
Dengan mengetahui pertolongan pertama ketika kena knalpot agar bekasnya tidak menghitam diatas, maka Anda tidak perlu cemas lagi dengan masalah ini. Selalu berhati-hati dan waspada agar terhindar dari bahaya panasnya knalpot.


Loading...
Previous
Next Post »
loading...