Loading...

Kunyah Makananmu dengan Sempurna! Ini 7 Manfaat Sehat yang Kau Dapatkan

Anda suka makan terburu-buru? Jika ya, maka sebisa mungkin hindari kebiasaan buruk tersebut, karena sangat merugikan pencernaan, diantaranya : makanan sulit ditelan, melukai kerongkongan, membebani usus, hingga sebabkan obesitas. Makan terburu-buru membuat Anda tidak bisa mengunyah makanan dengan sempurna, padahal mengunyah makanan lebih lama akan membuatnya lebih lembut dan menyehatkan. Ada yang mengatakan jika mengunyah makanan yang terbaik adalah selama 32 kali, namun jika hal ini dianggap terlalu lama, kita bisa mengurangi setidaknya 10-12 kali setiap suapnya.
sumber gambar : Treatment4Addiction
Nah, agar Anda semakin sadar akan pentingnya mengunyah makann dengan sempurna, disini kita akan membagikan 7 manfaat sehatnya, diantaranya :

1.    Membuat Anda lebih cepat kenyang

Mengunyah makanan dengan sempurna akan membuat Anda mudah kenyang dnegan cepat, karena otak menyadari bahwa kamu sedang mencerna dengan baik sehingga akan mengirimkan sinyal dengan baik saat Anda kenyang. Berbeda dengan makan terburu-buru yang membuat otak tidak menyadari sehingga membuat Anda memasukkan banyak makanan.

2.    Merangsang keluarnya hormone pencernaan

Mengunyah makanan dengan baik bermanfaat membantu merangsang keluarnya hormone, seperti leptin dan ghrelin yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan.

3.    Tidak melukai kerongkongan

Mengunyah dengan baik akan membuat makanan kontak dengan air liur sehingga makanan lebih mudah ditelan dan melewati kerongkongan. Berbeda dnegan makanan yang tidak dikunyah sempurna yang kadangkala dapat melukai kerongkongan.

4.    Usus lebih sehat

Ketika makanan dikunyah hingga lembut dan sempurna, maka akan dicerna baik oleh usus, sebaliknya jika pengunyahan yang dilakukan kurang sempurna mka akan membebani usus sehingga masalah kesehatan akan sulit dihindarkan.

5.    Terhindar dari obesitas

Mengunyah makanan dnegan pelan dan baik akan menghindarkan Anda dari obesitas, karena proses tersebut membuat Anda lebih cepat kenyang sehingga bert badan lebih terkontrol.

6.    Maksimalkan penyerapan nutrisi

Mengunyah makanan dengan sempurna membuat makanan mudah dicerna perut sehingga nutrisinya juga lebih mudah diserap tubuh.

7.    Terhindar dari Perut bergas atau sendawa

Makan terburu-buru dan tidak mengunyah sempurna membuat perut bergas/kembung dan sendawa. Berbeda dnegan mengunyah makanan yang lama dan pelan-pelan dimana membuat udara tidak ikut masuk ke dalam pencernaan. Selain itu, makanan yang tidka dicerna dengan baik dapat sebabkan peningkatan bakteri dalam usus yang memicu berbagai masalah, diantaranya : kembung, diare, sakit maag, sembelit, kram perut dan lainnya.
Setelah mengetahui manfaat mengunyah makanan dengan baik dan lama diatas, masihkah Anda mau makan terburu-buru? Semoga bermnafaat yaa!

source : detik.com, merdeka.com/cintaputihzahraa

Baca Artikel lainnya
Tangan Sering Kesemutan? Atasi dengan Cara Ini
Makan Sate Gosong Sebabkan Kanker? Ini Alasannya!
Awas, Ada Perangkap Setan saat Anda Makan Gorengan dengan Cabai

Loading...
Previous
Next Post »
loading...