Mau Donor Darah, tapi Ragu? Intip 7 Manfaat Sehat yang Anda Dapatkan

Pernahkah terbersit niat dalam diri Anda untuk melakukan donor darah, namun ada rasa ragu atau takut untuk melakukannya? Jika ya, mungkin karena Anda belum tahu beragam manfaat yang Anda dapatkan jika rutin donor darah. Ternyata donor darah tidak hanya bermanfaat bagi orang lain, tapi juga bagi kesehatan tubuh Anda sendiri. Donor darah akan membantu tubuh dalam meregulasi sel-sel darah, dimana jika itu terjadi maka akan banyak manfaat sehat yang Anda peroleh. Nah, agar semakin mantab untuk donor darahmu, sebaiknya simak beberapa manfaatnya berikut ini :
sumber gambar : sheradiofm.com

1.    Menyehatkan jantung

Donor darah sangat membantu memelihara kesehatan jantung, sebab tubuh memiliki kesempatan untuk memperbaiki sel-sel darah yang rusak.

2.    Mendapat pahala yang terus mengalir

Donor darah sangat membantu orang lain, dan bantuan ini sakan menjadi amal jariyah yang pahalanya terus mengalir meski Anda meninggal. Apalagi jika yang Anda bantu tersebut orangnya rajin ibadah, maka Andapun akan ikut memanen pahalanya.

3.    Mengurangi risiko kanker

Donor darah secara rutin bermanfaat mengurangi risiko kanker, hal itu dikarenakan berkurangnya kadar zat besi dalam tubuh. Dimana zat besi merupakan satu mineral yang mampu meningkatkan kerusakan sejumlah sel akibat radikal bebas.

4. Menurunkan berat badan

Donor darah secara rutin juga bermanfaat untuk membantu mengurangi berat badan. Saat donor darah, kamu tubuhmu bisa membakar kalori lebih banyak sebagaimana berlari.

5.    Mendapatkan pemeriksaan kesehatan gratis

Sebelum mendonorkan darahnya, Anda akan diperiksa terlebih dulu mengenai tekanan darah, Hb, frekuensi nadi dan lainnya. Hal ini snagatlah menguntungkan karena Anda bisa mengecek kesehatan Anda secara rutin dengan gratis.

6.    Memperbarui sel-sel

Donor darah akan membantu tubuh dalam menggantikan volume darah dan sel darah merah yang baru sehingga tubuh akan lebih sehat.

7.    Menurunkan level iron (zat besi)

Menurunnya zat besi tidak hanya mengurangi risiko kanker, tapi juga bermanfaat mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler. Hal itu karena zat besi dapat mempercepat oksidasi kolesterol didalam tubuh yang merusak arteri.
Setelah mengetahui beragam manfaat sehat dari donor darah diatas dan jika Anda termasuk yang memnuhi persyaratan untuk donor darah, masihkah Anda ragu melakukannya? Semoga informasi diatas dapat bermanfaat yaa!


Loading...
Previous
Next Post »
loading...