Sering dihina dan dicaci? Lakukan hal sederhana Ini

Pernahkah Anda menerima perlakuan buruk dari orang lain, seperti : dihina dan dicaci? Kira-kira bagaimana reaksi Anda ketika mendapatkan perlakuan tidak menyenangkan tersebut, apakah marah, diam saja, cuek, atau berusaha membalasnya? Hal terbaik yang harus Anda lakukan adalah sabar dan balaslah dengan senyuman. Mungkin hal ini sangat berat dilakukan, karena hinaan dan cacian seringkali dikaitkan dengan harga diri sehingga jelas sangat menyakitkan dan menyinggung perasaan. Ketika mendapati hal ini, pastilah kebanyakan orang akan berusaha membalasnya dengan lebih kejam atau setidaknya dengan perbuatan yang sama. Seperti contohnya : ketika kita dicela, pastilah kita ingin membalasnya dengan mencela, ketika dipermalukan maka kita akan membalas dnegan mempermalukan dan ketika dihina, maka kitapun pasti ingin menghinanya kembali. Namun apa yang akan terjadi jika keburukan dibalas dengan keburukan?

Ini Solusinya dalam islam

Ketika ada yang menghina atau mencacimu, maka jangan membalas perlakuan buruk orang tersebut, karena Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam dalam haditsnya menyebutkan, jika :
Rasulullah SAW memberikan wasiat pada Jabir bin Sulaim : “Jika ada seseorang yang menghinamu dan mempermalukanmu dengan sesuatu yang ia ketahui ada padamu, maka janganlah engkau membalasnya dengan sesuatu yang engkau ketahui ada padanya. Akibat buruk biarlah ia yang menanggungnya.” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi).
Tuh khan, Rasul saja mengajarkan untuk tidak membalas dengan keburukan yang sama. Biarlah saja, karena semua perbuatan buruk pasti akan mendapatkan balasan dari Allah, baik di dunia maupun di akhirat. Jadi, kita tidak perlu atau berhak memberikan balasan, tapi biarlah Allah sendiri yang akan membalasnya. Anggap saja kejadian buruk itu sebagai ujian dari Allah untuk menguji kesabaran dan keimanan Anda, karena toh tidak ada satupun makhluk di dunia ini yang lepas dari ujian. Sabar bisa menjadi penolong terbaik bagimu yang tengah ditimpa kedzaliman atau ketidaknyamanan dalam hidup.
 “Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’. (QS. Al Baqarah : 45)
Semoga Allah menjadikan kita sebagai orang-orang yang senantiasa sabar dan ikhlas atas semua ujian yang menimpa. Aamiin, Ya Rabb.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...