Loading...

Sudah Dewasa Kok Masih Suka Mengompol? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Sudah besar kok masih suka mengompol? Mengompol atau dalam istilah medis nocturnal enuresis merupakan keluarnya urine atau air kencing yang tanpa disadari saat sedang tidur. Mengompol umumnya merupakan kebiasaan anak kecil, namun kadangkala anak yang sudah besar atau bahkan orang tua juga masih suka mengompol. Kebiasaan mengompol bisa dibilang cukup memalukan, karena itu mereka berusaha merahasiakannya. Tahukah Anda jika kebiasaan mengompol pada anak yang sudah besar atau orang dewasa disebabkan oleh beberapa hal. Nah, agar kita semakin paham, sebaiknya simak terus kelanjutannya dalam artikel ini.
sumber gambar : http://slideplayer.es

Penyebab orang dewasa mengompol

Terlalu lelap tidur

Tidur terlalu lelap membuat seseorang tidak menyadari bahwa sudah waktunya kencing. Hal itulah yang kemudian menyebabkan dia mengompol dan begitu sadar, celananya sudah basah.

Mimpi kencing

Mimpi juga bisa menjadi alasan seorang dewasa bisa mengompol. Memang benar, karena kadangkala dalam mimpi kita terasa sudah bangun dan di kamar mandi untuk kencing. Padahal posisi kita masih ada di atas kasur dan kadang setelah kencing, baru seseorang sadar dan bangun dari tidurnya.

Konsumsi obat tertentu

Ada beberapa jenis obat yang apabila dikonsumsi dapat membuat seseorang terlalu lelap tidur, misalnya : obat insomnia atau obat untuk kondisi kejiwaan, sehingga tidak sadar kencing di kamar tidur.

Faktor Keturunan

Orang tua yang suka mengompol memiliki kemungkinan akan melahirkan anak yang juga suka mengompol. Namun hal ini bisa diatasi dnegan cara mengatur gaya hidup sehat dan pola makan yang baik.

Melemahnya otot-otot uretra

Seseorang yang usianya sudah tua umumnya memiliki sifat  fisik dan mental yang serupa dnegan bayi, yakni otot uretranya melemah sehingga kurang bisa mengontrol keluarnya kencing.

Diabetes

Penderita diabetes umumnya lebih suka kencing, terutama di malam hari. Hal itu disebabkan produksi urine yang berlebih dan adanya kerusakan pada saraf bagian kandung kemih sehingga mereka kehilangan daya control terhadap keluarnya kencing.

Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih juga merupakan salah satu penyebab seseorang suka mengompol meski sudah dewasa, karena itu segera periksakan diri ke dokter ketika mengalami tanda-tanda ISK.

Cara Mengatasi Orang dewasa yang Suka Mengompol

Setelah mengetahui beberapa penyebabnya, pastilah kita bisa mengatasi masalah ini. Jika Anda masih bingung, sebaiknya simak tips dan cara sederhana dari kita, berikut ini :

•    Kurangi kebiasaan minum menjelang tidur

Meski haus, namun usahakan membatasi minum air Setidaknya 30 menit menjelang tidur malam hari. Kalaupun terpaksa harus minum, jangan terlalu berlebihan tapi cukup untuk membasahi tenggorokan.

•    Posisikan kaki lebih tinggi

Menjelang tidur malam hari, Anda bisa memposisikan kedua kaki lebih tinggi, misalnya : diluruskan di tembok/meja selama 15-20 menit. Setelah itu, Anda bsia tidur seperti biasanya. Atau jika dianggap ribet, cukup posiiskan kedua kaki lebih tinggi dari kepala saat tidur.

•    Konsumsi biji labu kuning

Biji labu kuning memiliki rasa yang gurih dan banyak nutrisinya. Salah satu manfaatnya adalah untuk membantu menguatkan otot panggul, melindungi prostat dan menjaga kesehatan ginjal.

•    Mengonsumsi Cranberry

Jika Anda penderita diabetes, mengonsumsi buah cranberry sangat dianjurkan, karena kandungan proanthocyanidin sangat ampuh membantu mencegah infeksi saluran kencing, mencegah diabetes, mengusir bakteri dalam saluran kencing,  dan membantu kinerja ginjal.
Semoga informasi tentang enyebab dan cara mengatasi mengompol pada orang dewasa diatas dapat bermanfaat untuk kita semua.
source : kompas, detik, dan sehatragakita.com

Loading...
Previous
Next Post »
loading...