Loading...

Anak Kecanduan Game? Atasi dengan 7 Trik Ini Agar Tidak Terlambat

Cintaputihzahraa - Hampir semua anak pasti suka bermain, termasuk permainan via gadget atau yang dinamakan game baik itu online maupun offline. Meski hanya mainan, namun sayangnya game seringkali membuat anak lupa waktu dan lupa segalanya. Anak-anak yang sudah kecanduan game umumnya akan sulit menghentikan kebiasaannya walaupun sekejab, bahkan tak jarang kita saksikan banyak anak yang rela bolos sekolah/bolos kerja demi bisa main game favoritnya. Kondisi tersebut yang membuat banyak orang tua merasa khawatir dan cemas. Kira-kira bisakah menyembuhkan anak yang kecanduan game? Tidak perlu cemas, karena ternyata ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah anak dari kecanduan game. Agar lebih jelasnya, simak langsung informasi seputar kecanduan game disini.  Kamu Sering Iri dengan Kesuksesan Orang Lain? Berarti Kamu Belum Paham 7 Hal Ini!
kecanduan game online/ummi-online.com

Ciri-ciri anak kecanduan game, yakni :

•    Lupa waktu makan, lupa waktu tidur dan kewajiban lainnya
•    Malas melakukan aktivitas di dunia nyata, mislanya : kumpul atau main bareng temannya.
•    Susah konsentrasi, apalagi jika dia dipisahkan dari gadgetnya
•    Baginya, game adalah segalanya dan hanya game yang bisa membuatnya bahagia
•    Rela berbohong atau melakukan apa saja asalkan bisa main game

Cara Mengatasi anak kecanduan game

1.    Bekali anak dengan pengetahuan akan bahaya game

Sebagai orang tua, sudah selayaknya kita paham akan bahaya game bagi anak. Karena hanya dengan begitulah kita bisa membekali akan dengan pengetahuan akan bahaya kecanduan game. Amalan-Amalan Ringan yang Dianjurkan Setiap Malam Jumat

2.    Tanamkan kedisiplinan pada anak

Sedini mungkin tanamkan kedisiplinan pada anak agar mereka bisa bertanggung jawab dengan hidupnya sendiri.  Jangan karena mereka masih anak-anak, lantas Anda terlalu permisif pada kelalaian atau keteledorannya.

3.    Berikan reward atau hukuman

Agar anak semakin bersemangat untuk maju, Anda bisa memberikan reward ketika dia melakukan hal-hal membanggakan, misalnya : berprestasi di kelasnya. Sebaliknya, agar anak-anak bisa disiplin, Anda juga bisa berikan hukuman yang tegas ketika anak-anak melakukan kesalahan. Ini Cara Menghadapi Orang yang Suka Adu Domba

4.    Batasi waktu anak untuk berinternet

Memaksa anak belajar terus tidak baik, tapi membiarkan mereka bermain seharian tanpa control juga dapat merusak masa depannya. Untuk itu, Anda bisa membatasi waktu anak untuk memakai fasilitas internet.

5.    Libatkan anak dalam aktivitas keluarga

Agar anak-anak tidak terlalu asyik dengan gadgetnya, pastikan orang tua selalu melibatkan anak dalam aktivitas keluarga, misalnya : bersih-bersih rumah, memasak, olahraga, acara keluarga, dan lainnya.

6.     Pahami apa yang dibutuhkan anak

Sebagai orang tua, kita tidak bisa mengabaikan kebutuhan anak, misalnya : untuk masalah hiburan. Ada banyak cara untuk menghibur anak selain game, diantaranya : rekreasi, belanja di mall, bertaman, membaca buku, dan lainnya.

7.    Berikan teladan yang baik

Kebanyakan anak akan meniru kebiasaan orang tuanya. Ketika orang tua sibuk dengan gadgetnya, maka jangan salahkan anak jika mereka tidak peduli dan lebih mementingkan gadgetnya juga.
Semoga informasi yang berjudul Anak Kecanduan Game? Atasi dengan 7 Trik Ini Agar Tidak Terlambat diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.
Tags : cara mengatasi kecanduan game online bagi pelajar, terapi kecanduan game online, bahaya kecanduan game, cara melupakan game, dampak kecanduan game online bagi pelajar, pengobatan kecanduan game online, penyebab kecanduan game online, akibat kecanduan game

Loading...
Previous
Next Post »
loading...