Loading...

Ini 7 Alasan Kita Wajib Bahagia Ketika Ditimpa Ujian

CintaPutihZahraa - Apa yang Anda rasakan ketika tiba-tiba ditimpa satu ujian, baik berat atau ringan? Respon setiap orang pastilah berbeda ketika mendapatkan ujian, ada yang tabah dan sabar, ada yang sedih, ada yang putus asa, bahkan ada sebagian orang yang tidak bisa menerima. Pertanyaan demi pertanyaan mereka coba temukan jawabannya “kesalahan apakah yang sudah diperbuat sehingga ditimpakan ujian, mengapa Allah timpakan ujian kepada saya dan kenapa tidak kepada dia, dan mungkin masih banyak pertanyaan lainnya. Tahukah Anda jika dibalik ujian yang diberikan kepada kita, Allah Subhanallahu Wa Taala memiliki maksud dan tujuan yang tentunya demi kebaikan kita sendiri. Ingin tahu, apa sajakah alasan ditimpakannya ujian kepada manusia? Simak langsung yuk informasinya berikut ini :  Ulama Pewaris Nabi, Ini 5 Bahaya Memusuhi Ulama

menghadapi ujian/palo.com.cy

1.    Untuk menguji siapa diantara kita yang baik amalannya

 “Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapakah di antara kamu yang lebih baik amalannya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.” (Al-Mulk : 2) Bolehkah Istri Menolak Tinggal Di Rumah Mertua?

2.    Sebagai bukti apakah kita benar-benar mencintai Allah

 “Apakah manusia itu mengira bahawa mereka dibiarkan (saja hidup senang-lenang) mengatakan: "Kami telah beriman", sedangkan mereka belum lagi diuji ?” (Al-Ankabut : 2)

3.    Sebagai tanda kecintaan Allah kepada kita

Sabda nabi Salallahualaihiwassalam,  Maksudnya : “Apabila Allah mencintai sesuatu kaum maka Dia akan menguji mereka.” (riwayat Tirmidzi) Kamu Sering Iri dengan Kesuksesan Orang Lain? Berarti Kamu Belum Paham 7 Hal Ini!

4.    Allah SWT menghendaki kebaikan pada kita

Rasulullah Shalallahu Alaihi wasallam bersabda,
 “Barangsiapa yang dikehendaki oleh Allah dengan kebaikan maka dia akan ditimpakan dengan musibah.” (riwayat Al-Bukhari)

5.    Allah gantikan dengan yang lebih baik

Shahabiyah Ummu Salamah radhiyallahu’anha menyebutkan sabda Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam,  “Tiada seorang muslim yang ditimpa musibah lalu ia mengatakan apa yang diperintahkan Allah (yaitu): ‘Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun, wahai Allah, berilah aku pahala pada (musibah) yang menimpaku dan berilah ganti bagiku yang lebih baik darinya’; kecuali Allah memberikan kepadanya yang lebih baik darinya.” (HR. Muslim no.918)  Ingin Rumah Tanggamu Bahagia? Jangan Masukkan Pendapat Orang dalam Keluargamu

6.    Ujian itu sarana penggugur dosa

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, “Ujian akan terus datang kepada seorang mukmin atau mukminah mengenai jasadnya, hartanya, dan anaknya sehingga ia menghadap Allah tanpa membawa dosa.” (HR. Ahmad, hasan shahih)

7.    Allah tahu bahwa kita mampu menghadapi ujian tersebut

“ Allah tidak membebani seseorang melainkan apa yang terdaya olehnya, ia mendapat pahala kebajikan yang diusahakannya dan ia juga menanggung dosa kejahatan yang dilakukannya…     ( Al-Baqarah: 286)

Apa sajakah bentuuk ujian yang ditimpakan pada manusia

Ada banyak bentu ujian yang ditimpakan kepada manusia, diantara bentuknya adalah yang disebutkan dalam ayat ini :
 “Dan sungguh akan Kami memberikan ujian kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.” (Al-Baqarah : 155)

Apa yang harus dilakukan agar lulus ujian?

 “Jadikanlah SABAR dan SHALAT sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang KHUSYU'.” (QS. Al-Baqarah ayat 45)
Semoga informasi yang berjudul 7 Alasan Kita Wajib Bahagia Ketika Ditimpa Ujian diatas dapat bermanfaat bagi kita semua, khususnya bagi yang tengah didera ujian.  Sering dihina dan dicaci? Lakukan hal sederhana Ini
Tags : doa ketika diuji, ketika kesabaran sedang diuji, kenapa aku diuji seberat ini, allah menguji kita dengan masalah, kenapa harus aku ya allah, allah menguji hambanya kerana sayang, hikmah di balik ujian dari allah, sabar saat diuji

Loading...
Previous
Next Post »
loading...