Loading...

Ini Alasan Kenapa Kita Dilarang Tidur Setelah Shalat Subuh

CintaPutihZahraa - Apa yang biasa Anda lakukan setelah shalat subuh, olahraga, bersiap pergi bekerja, memasak, atau kembali melanjutkan tidur? Sebagian orang tergoda untuk kembali melanjutkan tidurnya, apalagi udara pagi sangat dingin menusuk tulang, sudah pasti hal yang paling nikmat adalah menarik selimut. Namun tahukah Anda jika kebiasaan sepele tersebut dapat berdampak buruk pada diri Anda sendiri, maka itulah islam sangat melarang kebiasaan tidur lagi setelah shalat subuh. Kira-kira apa sajakah kerugian yang kita dapatkan? Agar lebih jelasnya, simak saja penjelasannya berikut ini :   Kenali 7 Tanda yang diberikan Tubuhmu Saat Konsumsi Gula Berlebihan
larangan tidur lagi setelah subuh/satubanten.com

Tidak mendapatkan doa Rasulullah Rasulullah Shallallahu’ alahi wassallam

Ada beberapa hadits disebutkan bahwa Rasulullah mendoakan umatnya di pagi hari
“Ya Allah berikanlah berkah kepada umatku di pagi harinya” (HR. Abu Dawud no. 2606, Tirmidzi no. 1212, Ibnu Majah no. 2236, shahihAt-Targhiib waTarhiib no, 1693)  Mengejutkan! Ternyata Ini Penyebab Utama Suami Berpaling dari Istri
Dan juga hadits ini yang artinya :
 “Diberikan barakah kepada ummatku di pagi harinya” (HR. Abu Dawud at-Thaayalisy dishahihkan Syaikh Alalbani dalam ShahihJami’ush Shaghir no. 2841)

Dapat melalaikan kita dalam mencari rezeki (malas dan tidak produktif)

Rasulullah melarang kita tidur seusai shalat subuh karena dapat melalaikan kita dalam mencari rejeki atau menjadikan kita malas.
Rasulullah Saw. bersabda:“Seusai shalat fajar (subuh) janganlah kamu tidur sehingga melalaikan kamu untuk mencari rezeki.” (HR. Thabrani)

Tidak berkesempatan mendapatkan pahala haji dan umrah

Setelah shalat subuh berjamaah, jangan langsung pulang, apalagi tidur lagi karena Anda akan kehilangan kesempatan mendapatkan pahala haji dan umroh.
“Barangsiapa shalat fajar (shalat subuh) berjamaah di masjid, kemudian tetap duduk berdzikir mengingat Allah, hingga terbit matahari lalu shalat dua rakaat (shalat dhuha), maka seakan-akan ia mendapatkan pahala haji dan umrah dengan sempurna, sempurna, dan sempurna.” (HR. Tirmidzi)

Mencegah datangnya rejeki

Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah rahimahullah berkata,“Tidur setelah subuh mencegah rezeki, karena waktu subuh adalah waktu mahluk mencari rezeki mereka dan waktu dibagikannya rezeki. Tidur setelah subuh suatu hal yang dilarang [makruh] kecuali ada penyebab atau keperluan (Zadul Ma’ad fi Hadyi Khairil ‘Ibaad 4/222, Muassah Risalah, Beirut, cet. Ke-27, 1415 H)

Tidur Setelah subuh dapat melemahkan dan merusak tubuh

Tidur setelah subuh sangat tidak dianjurkan karena dapat merusak kesehatan, sebagaimana dijelaskan oleh ulama yang juga seorang dokter, Ibnu Qayyim Al-Jauziyah. Beliau berkata,
“Tidur setalah subuh sangat berbahaya bagi badan karena melemahkan dan merusak badan karena sisa-sisa [metabolisme] yang seharusnya diurai dengan berolahraga/beraktifitas.”(Zadul Ma’ad fi Hadyi Khairil ‘Ibaad 4/222, Muassah Risalah, Beirut, cet. Ke-27, 1415 H)

Tidak mendapatkan barakah dan keberuntungan

Dalam sebuah hadits, kita diperintahkan utuk senantiasa bangun pagi untuk mencari rezeki dan berbagai kebutuhan, bahkan disebutkan jika pada pagi hari terdapat keberkahan dan keberuntungan
 “Bangunlah pagi hari untuk mencari rezeki dan kebutuhan-kebutuhanmu. Sesungguhnya pada pagi hari terdapat barakah dan keberuntungan.” (HR. Thabrani dan Al-Bazzar).
Tapi bagaimana jika kita bekerja atau beraktivitas malam hari, apa iya tetap tidak boleh tidur setelah shalat subuh?
Jika Anda termasuk orang yang beraktivitas di malam hari, maka diusahakan tidur setelah terbit matahari atau setelah jam 06.00 atau 06.30.
Ibnu Qayyim Al-Jauziyah rahimahullah berkata, “Di antara yang tidak disukai adalah tidur antara shalat pagi dan ketika matahari terbit, karena  tidur pada waktu itu kurang baik…. sampai-sampai jika seseorang berjalan (safar) sepanjang malam, mereka tidak diizinkan untuk duduk (tidur dan istirahat) sampai terbit matahari.”
Berat mungkin, tapi rasa malas tersebut harus dilawan agar kita mendapatkan manfaat dan keberkahan yang banyak. Semoga kita terhindar dari kebiasaan suka tidur setelah shalat subuh.
Sumber : muslimafiyah.com, akhwatmuslimah.com
Tags : tidur setelah shalat subuh menurut islam, larangan tidur setelah subuh dan ashar, bahaya tidur pagi menurut kesehatan, larangan tidur setelah ashar, bolehkah tidur setelah matahari terbit, tidur setelah, sholat subuh di bulan ramadhan, hukum tidur setelah sholat subuh di bulan ramadhan, tidur setelah subuh saat puasa

Loading...
Previous
Next Post »
loading...