Tidak Hanya Panen Pahala, Ini Manfaat Membaca Al Quran Bagi Kesehatan

Cinta Putih Zahraa - Dalam sehari, berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk membaca Al Quran?  Meski tak butuh banyak lama, namun sayangnya masih banyak orang yang enggan menyempatkan sedikit waktunya untuk membaca Al Quran. Padahal Al Quran merupakan kitab suci dan pedoman hidup semua muslim. Lalu bagaimana kita bisa kita melalui hari-hari kita tanpa Al Quran?  Tahukah Anda jika membaca Al Quran setiap hari tidak hanya mengundang pahala melimpah, tapi juga dapat berikan manfaat untuk kesehatan tubuh. Penasaran, kira-kira apa sajakah manfaat yang bisa kita peroleh dari kebiasaan membaca Al Quran setiap hari? Agar kita semakin rajin dan istiqomah menjalankan kebiasaan ini, sebaiknya simak Manfaat Membaca Al Quran untuk Kesehatan Tubuh, berikut ini :  Ini Alasan Kenapa Kita Dilarang Tidur Setelah Shalat Subuh

membaca Al Quran (sb gambar : http://www.rakosa-fm.co.id)

Mencerdaskan otak

Ada yang menyebutkan jika AL Quran adalah nutrisi terbaik bagi otak, karena dapat meningkatkan kecerdasan. Membaca Al Quran pada saat pergantian dari gelap menuju terang atau sebaliknya dari terang menuju gelap sangat bermanfaat meningkatkan kecerdasan otak. Hal itu dikarenakan pada waktu subuh dan maghrib, otak dalam kondisi refresh sehingga lebih terlatih untuk memahami ilmu.  Waspadai, Ini 8 Ciri-Ciri Wanita yang Hobi Merebut Suami Orang

Mencegah pikun

Seiring bertambahnya usia, organ tubuh akan mengalami penurunan fungsi, termasuk otak yang berakibat pada gangguan daya ingat atau pikun. Namun ketika otak sering digunakan, maka dapat memperlambat tingkat keausan otak. Diantara cara positif yang bisa dilakukan adalah membaca dan menghafal Al Quran.Banyak yang menyebutkan jika kebiasaan membaca Al Quran setiap hari dapat mempertajam ingatan dan mencegah pikun.

Menyehatkan jiwa   

Membaca dan mendengarkan langsung ayat Al Quran dapat memicu perubahan fisiologis yang besar, dari mulai hati menjadi tennag, hilang kesedihan, depresi menurun dan lainnya.
“Dan kami menurunkan Al Qur’an sebagai penawar dan Rahmat untuk orang-orang yang mu’min.” (QS. Al Israa'17: 82)

 Menyembuhkan penyakit

Kebanyakan penyakit berasal dari hati dan pikiran yang kacau, jadi ketika hati dan pikiran sudah tenang dan tertata dengan baik, maka proses penyembuhan penyakit akan berjalan lebih cepat.
Bahkan ada beberapa hadits dan ayat Al Quran yang menyebutkan bahwa Al Quran termasuk obat terbaik untuk menyembuhkan penyakit
“Dan Kami telah menurunkan dari Alquran, suatu yang menjadi penawar (obat) dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Alquran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian”
(Q.S.17:82).
Dan juga hadits yang artinya :
“Hendaklah kamu menggunakan kedua obat-obat: madu dan Alqur’an”
(HR. Ibnu Majah dan Ibnu Mas’ud)

 Meningkatkan sel sehat dalam melawan virus akibat penyakit ganas

Disebutkan jika lantunan Al Quran memiliki kekuatan yang dahsyat karena dapat meningkatkan kekuatan sel darah guna melawan virus dan kerusakan yang disebabkan penyakit ganas.

 Membersihkan Penyakit Hati

Penyakit hati membuat seseorang tidak tenang hidupnya karena merasa resah, cemas dan energy negative lainnya. Rutin membaca Al Quran akan membuat seseorang sembuh dari berbagai penyakit hati yang dapat merusak diri. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam sebuah Hadits Baihaqi dari Abdullah bin Umar, yakni
“Sesungguhnya hati ini (bisa) berkarat sebagaimana besi apabila terkena air. “
Seorang sahabat bertanya, bagaimana cara menghilangkan karat tersebut, ya Rasulullah ? Beliau menjawab :
“Perbanyak dzikir dan membaca Al-Quran.“   

Membuat hati tenang dan nyaman

Ketika hati merasa tenang dan tentram, apapun yang dilakukan pasti akan lancar. Bahkan, ketenangan juga menjauhkan diri dari berbagai emosi negative (seperti : marahh, stress, dan lainnya) yang dapat mengundang penyakit.
"Ketahuilah, hanya dengan mengingat Allah (zikrullah) hati menjadi tenang".Q-S Ar-Ra'd ayat 28.
Selain manfaat untuk kesehatan tubuh, membaca Al Quran juga mendatangkan keuntungan yang luar biasa di akhirat kelak, diantaranya :

Mendatangkan Syafa’at pada Hari Kiamat

“Bacalah Al-Quran ! Sesungguhnya ia pada hari kiamat akan datang memberikan syafa’at kepada pembacanya“ ( HR. Muslim)

Diberikan keutamaan oleh Allah

“Siapa saja yang disibukkan oleh Alqur’an dalam rangka berdzikir kepada-Ku, dan memohon kepada-Ku, niscaya Aku akan berikan sesuatu yang lebih utama daripada apa yang telah Aku berikan kepada orang-orang yang telah meminta. Dan keutamaannya Kalam Allah daripada seluruh kalam selain-Nya, seperti keutamaan Allah atas makhluk-Nya.”
(HR. At Turmudzi)

Ayat-ayat Al Quran yang menjadi terapi penyembuhan

Salah satu cara penyembuhan dnegan Al Quran yang bisa dilakukan secara mandiri adalah ruqyah. Kira-kira apa sajakah ayat Al Quran yang bisa dijadikan terapi penyembuhan? Diantara ayat-ayat yang bisa kita baca adalah : Al-Fatihah, ayat Kursi (ayat ke-255 di surat Al-Baqarah), dua ayat terakhir surat Al-Baqarah (285-286), dan tiga surat terakhir dalam Al-Quran (Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas)
Setelah memahami besarnya manfaat dari kebiasaan membaca Al Quran setiap hari, masihkah Anda malas melakukannya? Semoga kita termasuk manusia yang dimudahkan dan diringankan oleh Allah Subhanallahu Wa Taala untuk mengerjakan ibadah ini. Aamiin.

Tags : manfaat membaca alquran tiap hari, manfaat membaca alquran bagi kesehatan mata, manfaat membaca alquran bagi otak, dampak positif membaca al quran, manfaat membaca alquran bagi ibu hamil, manfaat membaca al quran dalam kehidupan sehari hari, manfaat membaca alquran setelah shalat subuh, manfaat membaca al quran di rumah

Loading...
Previous
Next Post »
loading...