Bulan Puasa Bikin Tambah Boros? Simak 7 Tips Hemat Selama Ramadhan

CintaPutihZahraa - Pernahkah Anda berpikir jika bulan puasa akan membuat Anda lebih hemat dari hari biasanya? Secara teori memang demikian, karena hampir seharian penuh kita berpuasa, baru menikmati makanan pada saat berbuka hingga sahur. Namun kenyataannya justru sebaliknya, karena kebanyakan ibu-ibu banyak mengeluh jika pengeluaran mereka justru lebih membengkak dibandingkan bulan-bulan biasa. Hal itu terjadi karena beberapa ibu seringkali tidak sadar membeli apa saja hanya karena keinginan sesaat sehingga akibatnya pengeluaran menjadi berlipat-lipat. Sebenarnya dengan beberapa trik tertentu, kita bisa tetap berhemat selama ramadhan. Berbahagialah, Ini Pintu Surga Khusus Untuk Anda yang Rajin Berpuasa
tips hemat saat puasa/http://www.pbs.org
Kira-kira apa sajakah trik yang bisa kita lakukan agar bisa berhemat selama bulan puasa? Agar lebih jelasnya, simak informasinya berikut ini :

1.    Buat daftar menu sebulan penuh

Membuat daftar menu selama bulan puasa membuat Anda lebih bisa mengendalikan pengeluaran. Jelas dong, Anda tidak perlu kalap berbelanja barang-barang yang tidak dibutuhkan lagi, tapi cukup membeli apa yang sesuai dalam daftar menu.Pernah Mencuri Atau Mengambil Hak Orang Lain? Ini Cara Bertaubat yang Benar

2.    Belanja dalam jumlah besar

Belanja dalam jumlah besar akan membantu Anda menghemat pengeluaran, karena biasanya belanja dalam jumlah besar akan lebih murah, hemat biaya transport, hemat uang parkir, dan yang pasti hemat tenaga juga. Belanjalah seminggu sekali atau sebulan sekali atau jika perlu manfaatkan promo atau diskon agar keuanganmu lebih hemat. Ini 5 Tanda Bahwa Allah Inginkan Kebaikan pada Diri Anda

3.    Buat cemilan sendiri di rumah

Saat ramadhan, ada banyak pedagang takjil di sepanjang jalan. Namun agar lebih hemat, Anda bisa membuat aneka cemilan dan minuman sendiri di rumah. Selain lebih hemat, membuat cemilan sendiri juga jauh lebih higienis dan aman untuk kesehatan.

4.    Buat stock lauk yang enak dan awet

Ada beberapa jenis lauk yang tidak sekedar enak, tapi juga awet dan tahan lama jika disimpan, sehingga cara ini bisa membantu Anda untuk hemat pengeluaran dan juga tenaga. Diantara jenis lauk tersebut, antara lain : nugget, kering tempe, serundeng, dendeng, dan lainnya.

5.    Kurangi jadwal buka puasa di luar

Buka puasa di luar dapat mengacaukan keuangan Anda, karena mau tidak mau Anda harus rela menikmati makanan yang kadangkala memiliki harga menguras kantong. Alasan itulah yang membuat Anda wajib mengurangi jadwal buka puasa di luar.

6.    Bawa bekal buka puasa

Jika terpaksa harus keluar, maka Anda bisa menekan pengeluaran dengan cara membawa bekal puasa sendiri dari rumah atau jika ingin lebih hemat lagi, cukup mampir ke masjid karena biasanya menyediakan buka puasa utuk musafir atau jamaah.

7.    Kontrol hawa nafsu

Puasa harusnya membuat Anda tidak sekedar mampu menahan lapar dan dahaga, tapi juga mengontrol nafsu, baik nafsu belanja, nafsu ingin bermewah-mewah, dan hal-hal negative lainnya.
Beberapa tips sederhana diatas diharapkan mampu membuat Anda lebih berhemat selama ramadhan. Semoga dengan tips hemat diatas, Anda bisa memenuhi segala kebutuhan selama ramadhan dan alangkah lebih baiknya jika bisa membuat Anda menyisihkan sedikit pendapatan untuk bersedekah di bulan ramadhan. Dijamin Anda akan panen pahala melimpah.. semoga Allah mudahkan yaa…


Loading...
Previous
Next Post »
loading...