Loading...

Waspadai, Ini 6 Tanda Haid yang Tidak Normal

Cinta Putih Zahraa - Hampir setiap bulan, wanita pasti akan kedatangan tamu bulanan, berupa haid atau menstruasi. Haid termasuk satu masalah yang membuat hati cemas dan takut, apalagi jika haid yang disertai dengan gejala-gejala yang tak biasa. Jelas saja, karena ada beberapa jenis penyakit serius yang bisa dikenali dari keluarnya darah haid. Alasan itulah yang membuat Anda tidak boleh meremehkan beberapa gejala yang ditunjukkan tubuh melalui menstruasi/haid. Segera konsultasi ke dokter jika mengetahui apakah haid kita normal atau tidak. Namun sebelumnya, kita bisa mengecek sendiri beberapa gejala yang menunjukkan haid tidak normal. Apa sajakah itu? Simak saja informasinya, berikut ini : Awas! 5 Kebiasaan Sepele Saat Puasa Ini Dapat Merusak Kecantikan Kulitmu

menstruasi tidak normal/lensa.id

1.    Volume menstruasi lebih banyak dari biasa

Menstruasi terlalu deras biasa disebut sebagai menoragia. Kondisi ini patut diwaspadai, karena kehilangan banyak darah membuat tubuh kehilangan zat besi yang sangat dibutuhkan untuk memproduksi hemoglobin. Jika tidak terpenuhi, maka bisa berisiko sebabkan anemia yang ditandai dengan beberapa gejala, antara lain : pucat, kelelahan, sesak nafas, dan lainnya. Suka Mendengkur? Ini Bahayanya Bagi Kesehatan

2.    Menstruasi melambat atau berhenti

Wanita yang jarang mengalami menstruasi, bisa jadi mengalami amenorea. penyebabnya sendiri adalah penurunan produksi hormon estrogen sehingga mengakibatkan menstruasi menjadi semakin jarang. Umumnya kondisi ini terjadi pada wanita yang berusia sekitar 50 tahun atau berada pada masa menopause. Tapi jika terjadi pada wanita yang berusia kurang dari 40 tahun, maka perlu dicurigai adanya gangguan tertentu pada tubuh.

3.    Disertai nyeri haid berlebihan

Kebanyakan wanita mengalami nyeri haid pada saat menstruasi, namun sebagian yang lain justru merasakan nyeri yang parah hingga membuatnya tidak bisa beraktivitas. Kondisi ini biasa disebut dismenorea yang umumnya disertai beberapa gejala, seperti : mual, muntah, nyeri punggung, sakit kepala, diare, dan lainnya. Periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penannganan yang tepat.

4.    Disertai pendarahan hebat

Menstruasi yang disertai pendarahan hebat yang tak kunjung selesai juga harus diwaspadai, karena bisa jadi merupakan gejala penyakit serius, seperti kanker.

5.    Telat haid sampai berbulan-bulan

Telat haid bisa jadi pertanda kehamilan, tapi jika ternyata tidak ada kehamilan, maka patut diwaspadai adanya gangguan serius pada tubuh. Kecuali jika Anda sedang menyusui, baru melahirkan, menjelang menopause atau baru pertama kali haid. Jika mengalami hal ini tanpa sebab yang jelas, Anda bisa memeriksakan diri ke dokter agar diketahui penyebab pastinya.

6.    Terasa sakit saat buang air kecil

Haid yang disertai rasa sakit saat buang air kecil juga patut diwaspadai, karena bisa jadi merupaan gejala kanker rahim. Ketika seseorang menderita kanker rahim, maka mulut rahim membengkak dan menekan kandung kemih sehingga terasa susah atau kesakitan saat buang air kecil.
Jika Anda mengalami beberapa tanda dan gejala diatas, pastikan jangan meremehkan, segera periksakan diri ke dokter agar tidak terjadi keterlambatan yang berbuah pada penyesalan karena sudah mengabaikan sinyal-sinyal yang sudha dikirimkan oleh tubuh kita melalui menstruasi.

Tags : penyebab menstruasi sedikit dan berwarna coklat, haid tidak teratur bisa hamil, supaya haid teratur, penyebab haid sedikit, cara mengatasi menstruasi tidak teratur, penyebab haid tidak teratur tiap bulan, penyebab haid tidak lancar dan sedikit, penyebab haid tidak teratur setelah menikah

Loading...
Previous
Next Post »
loading...