Loading...

Tips dan Cara Sederhana Mengajari Anak Membaca

Cinta Putih Zahraa - Bagaimana perasaan ibu ketika anak Anda susah sekali diajarkan membaca, padahal anak tetangga sudah bisa membaca dengan lancar? Sedih, kecewa, marah atau biasa saja? Tidak perlu mengeluh apalagi sampai membeda-bedakan anak Anda dengan teman-temannya, karena setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam memahami sesuatu, termasuk dalam urusan membaca. Jadi cara mengajar anak juga berbeda satu dengan lainnya, karena ada anak yang langsung paham ketika pertama kali diajarkan, ada anak yang harus dijelaskan sampai detil baru bisa, bahkan adapula anak yang sulit memahami apa yang diajarkan. Saya sendiri juga memiliki pengalaman mengajar anak membaca yang penuh perjuangan, karena antara anak yang pertama, kedua dan ketiga sangatlah berbeda karakter dan kemampuannya. Baca Surah Al Mulk Sebelum Tidur dan Dapatkan 5 Manfaat Dahsyatnya
belajar membaca/http://emdep.vn
 Agar anak-anak saya lebih enjoy saat belajar membaca, maka saya mencoba beberapa tips dan cara sederhana yang alhamdulillah sudah berhasil membuat anak-anak saya lancar membaca saat TK, diantaranya adalah : Inilah Alasan Mengapa Seorang Muslim Wajib Menjaga Lisan dan Tangannya

1.    Mendongeng

Mendongeng tidak hanya membuat anak mengenal beragam kosakata baru, tapi juga bisa menstimulasi kemampuannya untuk mengenal beragam bentuk dan bunyi huruf.

2.    Melihat video belajar membaca

Ada banyak video untuk anak dengan tema “belajar mengenal huruf hingga membaca”yang bisa kita download dari youtube. Dampingi anak melihat video tersebut sambil sesekali berikan tebakan untuk merangsang daya ingatnya.

3.    Menempelkan poster belajar membaca di tempat favorit anak

Untuk merangsang keinginan untuk belajar membaca, Anda bisa menempelkan poster belajar membaca di tempat-tempat yang biasa didatangi anak, misalnya : tempat bermain, kamar tidur, dan lainnya.

4.    Membuat label nama-nama benda

Membuat dan menempelkan label-label nama benda pada tempat yang sesuai bisa membuat si kecil lebih bersemangat untuk belajar mengeja dan membaca, contohnya : tulisan KULKAS yang ditempelkan pada pintu kulkas, atau yang lainnya.

5.    Bermain tebak-tebakan seru

Untuk melatih daya ingat dan kecepatan berpikir anak, biasanya saya mengajak anak bermain tebak-tebakan, misalnya : menebak tulisan pada kartu atau poster belajar.

6.    Meminta anak membaca apa saja yang ada dihadapannya

Agar anak-anak semakin lancar membaca, biasanya saya akan memintanya membaca apa saja yang dia lihat, misalnya : banner di jalan raya, nama toko, nama jalan, rambu-rambu dan lainnya.
Mungkin masih ada banyak metode lain yang bisa dilakukan para ibu dalam mengajarkan anak membaca. Carilah cara yang menyenangkan dan pastinya tidak membebani anak, dijamin dech anak-anak akan lebih cepat memahami apa yang And aajarkan.
Loading...
Previous
Next Post »
loading...