Loading...

Ini Alasan Kenapa Suami Wajib Memuliakan Isteri

Cinta Putih Zahraa -  Jika isteri memiliki kewajiban untuk taat pada suaminya, maka sebaliknya para suami juga wajib memuliakan isterinya. Memuliakan disini memiliki arti yang luas, jadi tidak sekedar memanjakan tapi juga memberikan nafkah yang halalan thoyiban, menyayangi isteri sepenuh hati, memperlakukan isteri dengan lembut, mengajarkan ilmu agama, tidak menyakiti/menyengsarakannya, menjaga aib isterinya, melindungi/mengayomi isteri, dan masih banyak yang lainnya. Namun sayangnya masih banyak suami yang bisanya menuntut isterinya untuk taat, tapi lupa memberikan kewajibannya untuk memuliakan isteri. Padahal ada satu alasan kuat yang membuat para suami wajib memuliakan isteri, yakni pesan Rasulullah dalam hadits yang artinya :  Jangan Banyak Mikir, Ini Ciri-Ciri Lelaki Baik yang Siap Menikahimu
cara suami memuliakan isteri/http://www.lumealuioliver.ro
“Sebaik-baik orang di antara kalian adalah yang paling baik terhadap istrinya dan aku adalah orang yang paling baik di antara kalian terhadap istriku” (HR. Ibnu Majah)
Dan dalam hadits lain juga disebutkan, yang artinya :
Aisyah Radhiyallahu ‘anha meriwayatkan, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda :
 “Sebaik-baik kalian adalah orang yang paling baik bagi keluarganya. Dan aku orang yang paling baik bagi keluargaku” [HR. At Tirmidzi no: 3895 dan Ibnu Majah no: 1977 dari sahabat Ibnu ‘Abbas. Dan dishahihkan oleh Al Albani dalam Ash Shahihah no: 285].
Alasannya sudah jelas, kenapa seorang suami wajib memuliakan isterinya? Nah, disini juga akan kita jelaskan tentang bagaimana cara suami memuliakan isterinya, sebagaimana tertulis dalam beberapa ayat dan hadits yang artinya : Mengejutkan! Inilah Orang-Orang yang Dinaungi Allah SWT di Hari Akhir

•    Menjadi pelindung dan pemimpin bagi istri

“Laki-laki (suami) itu pelindung bagi perempuan (istri), karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (perempuan), dan karena mereka (laki-laki) telah memberikan nafkah dan hartanya”. (Q.S. An-Nisa:34)

•    Berlaku lembut dalam mendidik dan memimpin isteri

 “Bergaullah kalian dengan para istri secara patut. Bila kalian tidak menyukai mereka maka bersabarlah karena mungkin kalian tidak menyukai sesuatu padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak”. (An-Nisa`: 19)

•    Menafkahi isteri

“Hendaklah orang yang diberi kelapangan memberikan nafkah sesuai dengan kelapangannya dan barangsiapa disempitkan rizkinya maka hendaklah ia memberi nafkah dari harta yang Allah berikan kepadanya”. (Ath-Thalaq: 7)

•    Menutupi aib isteri

 “Manusia yang paling buruk kedudukannya di sisi Allah pada hari Kiamat adalah laki-laki yang ‘mendatangi’ istrinya, dan wanita itu pun ‘mendatangi’ suaminya, kemudian ia menyebarkan rahasia istrinya”. (HR. Muslim)

•    Menjaga keluarga dari api neraka

“Wahai orang-orang yang beriman, jagalah diri-diri kalian dan keluarga kalian dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu….” (At-Tahrim: 6)
Begitulah islam dalam memuliakan wanita, bahkan takaran suami terbaik adalah yang paling baik pada isterinya, sebaliknya suami yang tidak baik dalam meperlakukan isterinya bisa dikategorikan sebagai sejelek-jeleknya manusia. Hem, kira-kira Anda masuk dalam kategori yang mana? Semoga kita dan keturunan kita semua dianugerahi suami yang terbaik. Aamiin..

Loading...
Previous
Next Post »
loading...