Loading...

Meski Sepele, Tapi 7 Kebiasaan Ini Buatmu Berisiko Diganggu Setan

Cinta Putih Zahraa - Setan merupakan musuh utama bagi manusia, karena itu tak heran jika dia tak pernah lelah untuk melakukan tipudaya demi mengganggu dan menyesatkan manusia. Sayangnya kebanyakan dari kita sering menyepelekannya, padahal ada beberapa kebiasaan manusia yang merupakan perbuatan setan atau membuat setan mudah mengganggu kita. Gangguan setan memberi dampak buruk bagi kehidupan kita, diantaranya : jadi malas beribadah, mudah marah, gampang lelah, dan efek buruk lainnya.  Agar terhindar dari efek buruk tersebut, cobalah introspeksi diri, jangan-jangan ada kebiasaan atau perbuatan yang membuat kita berisiko diganggu setan. Hem, kira-kira apa sajakah perbuatan sepele yang membuat kita berisiko diganggu setan? Agar lebih jelasnya, simak informasinya berikut ini : Penting! Jangan Menceritakan Mimpi Buruk Kepada Orang Lain
setan pengganggu/http://www.a-smirnov.ru

1.    Menguap lebar tanpa menutup mulut

Setiap orang pasti pernah menguap, karena hal ini merupakan reaksi alamiah tubuh. Namun tahukah Anda bahwa ada adab yang harus diperhatikan ketika menguap, yakni menutup mulut atau sebisa mungkin menahannya karena ternyata menguap itu  dari setan. Hal itu sebagaimana disebutkan dalam hadits yang artinya : Meski Mengganggu, Tapi 4 Hewan Ini Tidak Boleh Dibunuh Dalam Islam
"Menguap adalah dari setan, maka jika salah seorang di antara kalian menguap, hendaklah ia menahannya sedapat mungkin.” (HR Muslim)
Dan juga hadits lain yang artinya :
"Apabila salah seorang di antara kalian menguap maka hendaklah menutup mulut dengan tangannya karena syeitan akan masuk (ke dalam mulut yang terbuka). ” (HR. Muslim no.2995 (57) dan Abu Dawud no.5026)

2.    Tidak mengucap bismillah saat masuk rumah

Dari Jabir bin Abdillah radhiallahu ‘anhuma, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“Apabila ada orang yang masuk rumah, kemudian dia mengingat Allah ketika masuk, dan ketika makan, maka setan akan mengatakan (kepada temannya): ‘Tidak ada tempat menginap dan tidak ada makan malam.’ Tapi apabila dia tidak mengingat Allah (bismillah dan jangan lupa ucapkan salam) ketika masuk, maka setan mengatakan: ‘Kalian mendapatkan tempat menginap’.” (HR. Muslim 2018, Abu Daud 3765 dan yang lainnya)

3.    Tidak membaca basmalah saat makan dan minum

Membaca basmalah adalah satu hal yang wajib dilakukan, karena setan menghalalkan makanan yang tidak dibacakan basmallah. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadits yang artinya :
"Sungguh, setan menghalalkan makanan yang tidak disebutkan nama Allah padanya." (HR Abu Daud)

4.    Makan minum menggunakan tangan kiri

Seringkali tanpa sadar makan/minum menggunakan tangan kiri? Jika ya, segera ubah kebiasaan tersebut, karena setan makan/minum menggunakan tangan kirinya. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadits yang artinya :
"Jika seseorang dari kalian makan maka makanlah dengan tangan kanannya dan jika minum maka minumlah dengan tangan kanannya. Karena setan makan dan minum dengan tangan kirinya” (HR. Muslim no. 2020)

5.    Tidak membaca doa saat masuk kamar mandi

Masuk kamar mandi wajib berdoa, karena merupakan tempat favorit jin  sehingga Anda berpotensi untuk diganggu.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika memasuki jamban, beliau ucapkan: Allahumma inni a’udzu bika minal khubutsi wal khobaits (Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari setan laki-laki dan setan perempuan) (HR. Bukhari muslim)
Selain itu, dahulukan kaki kiri sebagaimana disebutkan dalam hadits yang artinya :
"Masuklah ke dalam jamban (WC/toilet) dengan mendahulukan kaki kiri, ke luar dengan mendahulukan kaki kanan." (H.R. Tirmidzi)

6.    Buang kotoran/najis sembarangan

Menjaga kebersihan adalah hal yang wajib dilakukan, karena setan sangat mengukai tempat kotor dan najis. Karena itu, pastikan bersihkan rumah Anda dari kencing, bekas pembalut, bekas darah bekam, dan lainnya. Hal itu sebagaimana dijelaskan dalam hadits yang artinya :
"Takutlah (jauhilah) dua perbuatan terkutuk!” Para sahabat bertanya, “Apakah kedua perbuatan itu wahai Rasulullah?” Jawab Beliau, “Orang yang buang air besar di jalan tempat orang banyak melintas atau di tempat mereka berteduh (seperti di bawah pohon).” (H.R. Muslim).
Dan juga hadits lain yang artinya :
"Jangan buang air di lubang binatang, di jalan tempat orang lewat, di tempat berteduh, di sumber air, di tempat pemandian, di bawah pohon yang sedang berbuah, atau di air yang mengalir ke arah orang-orang yang sedang mandi atau mencuci.” (H.R. Muslim, Tirmidzi)

7.    Membuang tulang di tempat sampah dalam rumah

Jangan membuang tulang di tempat sampah dalam rumah, tapi buanglah langsung di tempat sampah di luar rumah karena tulang merupakan makanan jin. Sebagaimana disebutkan dalam hadit yang artinya :
“Ada apa dengan tulang dan kotoran?” Beliau bersabda, “Tulang dan kotoran merupakan makanan jin. Keduanya termasuk makanan jin. Aku pernah didatangi rombongan utusan jin dari Nashibin dan mereka adalah sebaik-baik jin. Mereka meminta bekal kepadaku. Lalu aku berdoa kepada Allah untuk mereka agar tidaklah mereka melewati tulang dan kotoran melainkan mereka mendapatkannya sebagai makanan”. (HR. Bukhari no. 3860)
Setelah mengetahui 7 kebiasaan yang membuat kita berisiko diganggu setan diatas, masihkah Anda tidak mewaspadainya dan berusaha berubah menjadi lebih baik lagi? Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...