Susah Buang Air Besar? Ini 7 Cara Alami dan Cepat Mengatasinya

CintaPutihZahraa - Pernah mengalami susah buang air besar? Susah buang air besar tidak hanya membuat perut begah dan tidak nyaman, tapi jika dibiarkan dapat mengakibatkan masalah serius, seperti : tumbuhnya bakteri di usus, kegemukan, kanker usus, dan lainnya. Bagaimana tidak, kotoran yang harusnya dikeluarkan tapi masih mengendap berhari-hari lamanya. Bayangkan saja kalau sampah yang ada dalam rumahmu tak dibuang, maka apa yang terjadi? Sudah pasti akan busuk dan menimbulkan bau tak sedap serta mungkin dapat mencemari lingkungan sekitar rumahmu, bukan? Demikian juga dengan sulit BAB, maka itu sudah selayaknya kita harus segera mengatasinya.  Rumah Sudah Bersih Tapi Banyak Lalat? Usir dengan Cara Alami Ini
susah buang air besar/beritagar.id

Penyebab Susah buang air besar

Ketika mengalami susah buang air besar, kebanyakan orang akan berusaha mencari-cari penyebabnya. Jika selama ini masih belum tahu apa yang menjadi penyebab susah BAB, simak penyebabnya berikut ini : Meski Sepele, Tapi 7 Kebiasaan Ini Buatmu Berisiko Diganggu Setan
•    Kurang mengonsumsi makanan berserat
•    Kurang minum air putih setiap harinya 
•    Kurang aktivitas fisik/kurang gerak/olahraga
•    Kurang makan buah dan sayur
•    Stress
•    Kebanyakan mengkonsumsi makanna yang mengandung protein hewani
•    Makan dengan buru-buru/tidak sempurna mencerna makanan
•    Kebanyakan makan
•    Asupan karbohidrat berlebihan
•    Langsung tidur setelah makan
•    Duduk terlalu lama

Tips alami dan cepat agar BAB lancar

Ada banyak cara alami dan sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi BAB macet, diantaranya adalah :

1.    Minum air putih yang cukup setiap harinya

Air putih tidak hanya bermanfaat menghidrasi tubuh, tapi juga membantu proses pencernaan dan memudahkan pembuangan limbah

2.    Olahraga rutin

Banyak bergerak atau olahraga rutin juga sangat membantu kesehatan system pencernaan, karena ketika kita olahraga maka proses metabolism tubuh akan berjalan lancar.

3.    Perbanyak makan buah dan sayur

Jika ingin BAB lancar, pastikan konsumsi makanan tinggi serat, seperti buah dan sayuran. Anda bisa mengonsumsi dalam bentuk buah potong, jus, atau olahan sayur favorit.

4.    Kunyah makanan dengan sempurna

Mengunyah makanan dengan sempurna sangat membantu tubuh dalam menyerap makanan dan melancarkan BAB.

5.    Hindari tidur setelah makan

Kebiasaan tidur setelah makan membuat proses pencernaan menjadi tidak sempurna sehingga sebabkan susah BAB, untuk itu hindari kebiasaan buruk ini.

6.    Konsumsi makanan seimbang

Jangan suka pilih-pilih makanan, misalnya hanya suka daging saja tapi tidka suka sayur. Kebiasaan ini dapat menyebabkan susah BAB, maka itu pastikan konsumsi makanan bergizi dan seimbang agar pencernaan lancar.

7.    Hindari stress

Stres membuat susah BAB dan banyak sekali efek negative lainnya, maka itu pastikan atasi stress dengan bijak agar tidak sampai berpengaruh pada kesehatan tubuhmu.
Konsumsi Beberapa Makanan ini Ketika BAB Macet
Perut terasa begah karena BAB macet, Pasti tersiksa banget khan? Jangan khawatir, karena ada beberapa makanan yang membuat BABmu jadi lancar banget, diantaranya : jagung manis, ubi jalar, buah pepaya, brokoli, kentang, apel, alpukat, melon, semangka, dan masih banyak yang lainnya. Semoga urusan BAB macet yang Anda alami bisa segera terpecahkan yaa! Semoga artikel yang berjudul Susah Buang Air Besar? Ini 7 Cara Alami dan Cepat Mengatasinya diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Loading...
Previous
Next Post »