Loading...

Makanan dan Minuman yang Membantu Melancarkan ASI

Menyusui merupakan bentuk kasih sayang seorang ibu bagi anak-anaknya. Meskipun kelihatannya mudah, ternyata banyak wanita tidak sukses melakukannya, loh. Banyak alasan yang akhirnya membuat wanita putus asa dan berpaling ke susu formula, antara lain : ASI keluarnya sedikit, merasa bayinya kurang kenyang, bayi rewel terus karena dianggap kelaparan, ASI tidak keluar, dan lain sebagainya. Sebenarnya, apa sich yang menyebabkan ASI tidak lancar atau tidak keluar?
Berikut ini beberapa factor penyebab ASI tidak lancar :
•    Masalah hormonal yang rendah
•    Terlalu sering melakukan operasi payudara
•    Menggunakan alat kontrasepsi hormonal
•    Bayi mengalami kesulitan saat menghisap puting ibunya (masalah anatomi tubuh ibunya)
•    Jarang disusukan pada malam hari
•    Jadwal menyusui yang tidak tepat
•    Pemberian susu formula pada bayi
Agar ASI lancar, konon terdapat beberapa makanan dan minuman yang dapat membantu melancarkan keluarnya ASI. apa sajakah itu? Simak informasinya berikut ini :
Kacang-kacangan
Kacang-kacangan juga termasuk salah satu makanan yang membantu melancarkan ASI, loh. Diantara jenis kacang-kacangan yang bagus untuk ibu menyusui, antara lain : kacang hijau, kacang merah, kacang buncis, dan lain sebagainya.

Daun katuk

Sejak dahulu, daun katuk dikenal orang sebagai sayuran yang membantu meningkatkan produksi ASI karena mengandung vitamin, protein, kalium, zat beli, fosfor, dan lain sebagainya. Anda bisa mengonsumsinya sebagai lalapan, dioseng, atau dimasak bersama sayuran lainnya.

Pare

Meskipun mempunyai rasa yang pahit, namun pare sangat berkhasiat membantu mengentalkan dan meningkatkan produksi ASI.

Sari Kurma

Sari kurma termasuk salah satu minuman yang direkomendasikan untuk ibu menyusui, karena dapat melancarkan ASI. Anda dapat mengonsumsi bersama roti, diseduh dengan air hangat, atau dinikmati langsung.

Sayuran hijau

Sayuran berwarna hijau merupakan sumber vitamin yang baik untuk ibu menyusui, karena membantu meningkatkan jumlah ASI.

Jinten hitam

Jinten hitam sudah terbukti mampu membantu meningkatkan produksi ASI, karena kaya akan zat-zat penting bagi tubuh.

Kemangi

Sayur kemangi sangat kaya vitamin K yang tidak hanya meningkatkan jumlah ASI, tapi juga menyehatkan ibu menyusui. Kemangi bisa dijadikan lalapan, di masak, atau diambil air rebusannya lalu diminum bersama madu.

Labu-labuan

Labu-labuan sangat baik untuk ibu menyusui karena dapat meningkatkan produksi ASI dan membantu proses pencernaan ibu menyusui. diantara jenis labu, antara lain : labu loceng, labu siem, labu kuning, oyong, dan lain sebagainya.

Sayuran berwarna oranye

Sayuran atau buah-buahan berwarna oranye sangat kaya betakaroten yang baik untuk ibu menyusui. beberapa makanan tersebut antara lain : wortel, bit, mangga, ubi jalar, dan lain sebagainya.

Oat

Oat merupakan makanan kaya kalsium, zat besi, dan juga serat yang baik untuk ibu menyusui. Anda dapat memanfaatkan Oat sebagai bubur, atau mengonsumsinya bersama buah-buahan, susu, kacang-kacangan, dan lain sebagainya.

Pepaya

Buah kaya vitamin, kalium dan asam folat ini dipercaya mampu meningkatkan produksi ASI. ibu bisa mengonsumsi buahnya secara langsung atau mencampurnya dengan madu. Selain buahnya, daun dan bunga papaya juga sangat baik untuk ibu meyusui.
Semoga informasi tentang Makanan dan Minuman yang Membantu Melancarkan ASI dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...