Cuka, Lauk yang Disukai Rasulullah

Cuka, lauk yang disukai Rasulullah, benarkah? Selama ini, tidak banyak orang mengetahui manfaat cuka, bahkan banyak yang meremehkan karena baunya tidak sedap. Padahal cuka mengandung khasiat yang cukup besar loh, bahkan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassalam sangat menyukainya. Masih belum percaya nih, simak kisah berikut ya!
Suatu ketika, Rasulullah mengajak Jabir bin Abdullah ke rumahnya. Ketika sampai ke rumah, beliau bertanya,  "Apakah ada makanan untuk makan siang atau makan malam?" Lalu Thalhah mengeluarkan potongan roti. Kemudian Beliau bertanya lagi, “Apakah ada lauknya?” Thalhah menjawab, “tidak ada kecuali hanya sedikit cuka”. Dan Beliaupun bersabda, "Tolong bawalah ke sini, karena cuka adalah lauk yang paling baik."
Ternyata, cuka sudah ada dan dikenal sejak ribuan tahun yang lalu. Cuka merupakan cairan ini dihasilkan dari fermentasi buah-buahan yang kaya gula, seperti : anggur merah, apel, malt, dan beras.
Cuka termasuk makanan yang halal dan thoyyib (baik), sebagaimana hadist berikut :
Dari ‘Aisyah berikut, di mana Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sebaik-baik bumbu dan lauk adalah cuka” (HR. Muslim)
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu bersabda, “Sebaik-baik lauk adalah cuka, sebaik-baik lauk adalah cuka.” (HR. Muslim).

Khasiat Cuka

Cuka memiliki khasiat yang sangat besar, karenanya termasuk minuman yang disukai para Nabi. Bahkan dalam sebuah hadits pernah disebutkan, bahwa Rasulullah pernah berdoa, sebagai berikut : “Ya Allah berkahilah cuka karena ia adalah tuak para Nabi sebelumku” (Riwayat Ibnu Majah)
Ingin tahu khasiat Cuka, simak informasi berikut ini :
  • Menurut beberapa hasil penelitian, cuka mengandung zat-zat yang berkhasiat mencegah dan menyembuhkan berbagai penyakit, seperti kanker, jantung, arthritis, pengeroposan tulang, alergi, dan gangguan pencernaan.
  • Cuka terbukti ampuh membantu menurunkan berat badan
  • Cuka dapat dimanfaatkan sebagai pengawet makanan alami yang ramah lingkungan.
  • Cuka berkhasiat sebagai obat penyakit kuning, pembersih tubuh dan mencegah penyakit bengkak-bengkak.
  • Cuka bermanfaat untuk membantu masalah kebersihan rumah, misalnya mengatasi lantai kusam, membersihkan kerak botol, membersihkan shower yang tersumbat, dan lain sebagainya.
  • Cuka bermanfaat meningkatkan penyerapan kalsium
  • Cuka berkhasiat mengontrol kadar gula darah agar tetap normal
  • Cuka bermanfaat menghilangkan racun dari bahan makanan yang akan dikonsumsi (tambahkan cuka ketika mencuci sayuran dan buah-buahan)
  • Membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh Anda.
Informasi diatas membuat Anda tahu, mengapa Cuka, lauk yang disukai Rasulullah. Semoga artikel diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua. Mohon maaf kalau ada kekurangan dalam penyampaian.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...